Dandani Wajah Gigi Hadid hingga Paris Hilton! 3 Makeup Artist Ini Go International

4 menit
Archangela Chelsea Yusuf salah seorang makeup artist go international (Instagram/@archangelachelsea)
Archangela Chelsea Yusuf salah seorang makeup artist go international (Instagram/@archangelachelsea)

Profesi sebagai makeup artist tengah digandrungi banyak orang di beberapa tahun terakhir. Pasalnya, pekerjaan untuk mempercantik wajah seseorang ini bisa menghasilkan banyak uang.

Bayaran atau fee yang didapatkan mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk sekali makeup. Semakin terkenal nama makeup artist (MUA), maka semakin besar pula bayaran yang diperolehnya.

Contohnya, makeup artist langganan para selebriti yaitu Bubah Alfian yang disebut-sebut mendapat bayaran mulai dari Rp 8 juta untuk event biasa, dan Rp 15 juta buat makeup pengantin untuk sekali poles.

Kebayang gak sih berapa uang yang dihasilkan jika dalam sehari mereka mendapat job makeup dua hingga tiga orang, dan dikali selama satu bulan? Puluhan hingga ratusan juta sudah pasti masuk ke kantong mereka.

Ya, jasa MUA emang gak bisa dianggap remeh. Semakin mahir dan semakin terkenal namanya, mereka bisa memasang tarif cukup besar.

Para MUA juga kerap dipanggil untuk menjadi narasumber atau pengisi workshop. Belum lagi dengan kelas makeup yang mereka adakan. Semakin banyak aja pundi-pundi rupiah yang mengalir ke rekening mereka.

Selain itu, profesi sebagai MUA juga lekat dengan selebriti. Pasalnya, tanpa bantuan tangan berbakat mereka, tentu saja penampilan para selebriti di depan kamera tak dapat terlihat sempurna.

Jadi, memang bisa dibilang menjadi MUA profesi yang sangat menjanjikan. Apalagi, jika dilakoni dengan serius, peluang untuk berkarier di pasar internasional bukan hanya sekadar angan-angan.

Seperti tiga makeup artist Indonesia ini, yang namanya terus bersinar. Bahkan, memiliki kesempatan untuk memoles wajah pesohor dunia, seperti Miss Universe hingga Gigi Hadid.

Siapa aja mereka? Yuk, langsung simak aja rangkuman MoneySmart di bawah ini:

1. Archangela Chelsea Yusuf

Archangela Chelsea Yusuf (Instagram/@archangelachelsea)
Archangela Chelsea Yusuf (Instagram/@archangelachelsea)

Nama Archangela Chelsea Yusuf atau yang lebih dikenal dengan Chelsea terus melambung seiring dengan kariernya yang semakin bersinar.

Wanita asal Surabaya, Jawa Timur, yang mengawali kariernya sejak usia 15 tahun ini sudah melalang buana merias hingga kancah internasional.

Saat berusia 17 tahun, Chelsea mendapat kesempatan menuntut ilmu di sekolah tata rias di Los Angeles, Amerika Serikat.

Perjalanan kariernya pun tak mudah, dia harus mengirim email portofolio ke fotografer, majalah hingga iklan komersial hampir 100 email setiap harinya dan tak ada satu pun yang dibalas.

Setelah hampir tiga tahun melakukan hal tersebut, suatu saat dia mendapat tawaran untuk mendandani aktor Charlie Weber.

Tak disangka, sang aktor ternyata suka dengan hasil makeup wanita kelahiran 14 September 1993 itu. Sejak saat itu, Chelsea selalu menjadi makeup artist Weber dan mulai direkomendasikan hingga mendapat banyak pekerjaan.

Chelsea bahkan diketahui sudah memoles wajah selebriti Hollywood seperti Olivia Culpo, Olivia Munn, Leighton Meester, Pom Klementieff, hingga Bebe Rexha.

Kariernya pun semakin cemerlang. Dia bahkan dipercaya mendadani para selebriti Hollywood untuk ajang bergengsi seperti Oscar hingga Golden Globes.

Gak cuma itu aja, beberapa acara televisi seperti Good Morning America, Jimmy Kimmel, The Real, hingga America’s Next Top Model juga diketahui menggunakan jasa wanita berusia 25 tahun ini.

Dia juga dipercaya menjadi makeup artist model untuk brand-brand ternama seperti Gucci, Louis Vuitton, Chanel, Bvlgari, Cartier dan lainnya. Luar biasa banget bukan?

Baca juga: Ternyata Segini Penghasilan Fantastis Para Makeup Artist, Yakin Gak Tergiur?

2. Bubah Alfian

Bubah Alfian (Instagram/@bubahalfian)
Bubah Alfian (Instagram/@bubahalfian)

Siapa sih yang gak kenal dengan makeup artist yang satu ini? Ya, Bubah Alfian atau yang dikenal dengan nama Bubah merupakan salah satu MUA langganan para artis Indonesia, seperti Raisa, Rossa, Bunga Citra Lestari (BCL) hingga Cinta Laura.

Namanya semakin bersinar dan dikenal banyak orang hingga keluar negeri saat dia mendapat kesempatan menjadi makeup artist untuk ajang pencarian model bergengsi asal Amerika yaitu America’s Next Top Model (ANTM).

Tak hanya memulas para peserta, Bubah juga berkesempatan untuk mendandani para juri termasuk artis Tyra Bank yang saat itu menjadi host ANTM.

Bubah juga diketahui diberi kepercayaan untuk merias wajah cantik Miss Universe 2015, 2016, 2017 dan Miss Universe 2018.

Namun, karier sebagai MUA yang dilakoni Bubah tidaklah mudah. Dia awalnya hanya penata rias salon rumahan biasa yang bahkan mendapat bayaran pertama hanya sebesar Rp 5 ribu saja.

Kini, buat kamu yang ingin menggunakan jasa Bubah, perlu menyiapkan bujet mulai dari Rp 8 juta hingga Rp 15 juta.

Baca juga: Kerap Di-Bully, Bubah Alfian Kini Sukses Jadi MUA Internasional! Ini Kisahnya 

3. Ryan Ogilvy

Ryan Ogilvy (Instagram/@ryanogilvy)
Ryan Ogilvy (Instagram/@ryanogilvy)

Ryan Ogilvy juga merupakan salah satu makeup artist langganan para pesohor Tanah Air kenamaan seperti Chelsea Olivia, Nagita Slavina, hingga Ibu Negara, Iriana Jokowi.

Ryan mulai nyemplung ke dunia tata rias wajah sejak tahun 2005, dan melakoni profesi lain, mulai dari sebagai tenaga pemasaran hingga menjadi jurnalis.

Namun, baru di tahun 2010, dia memutuskan untuk fokus di bidang makeup karena mulai mendapatkan banyak klien.

Keputusannya pun tak salah, karier Ryan melesat tajam dan sukses menjadi salah MUA terkenal di Indonesia bahkan mancanegara.

Dia selalu menjadi langganan berbagai majalah hingga iklan komersial. Bahkan, salah satu brand makeup besar yaitu Maybelline memilih Ryan sebagai makeup artist resminya di Indonesia.

Rezeki emang gak ke mana, Ryan pun dipercaya oleh pihak Maybelline Amerika Serikat untuk menjadi salah satu makeup artist dalam acara New York Fashion Week (NYFW) 2017. Ryan pun mendapat kesempatan untuk mendandani supermodel, Gigi Hadid.

Gak cuma itu aja, lewat tangan berbakat Ryan bahkan sempat menjadi perias para selebriti dunia, mulai dari model Victoria’s Secret, Adriana Lima, Bella Hadid, Paris Hilton hingga yang terbaru yaitu Caitlyn Jenner yang tak lain adalah ayah dari Kendall dan Kylie Jenner.

Itulah tiga makeup artist Indonesia yang sukses menorehkan karyanya di kanca internasional hingga dipercaya untuk “menyulap” wajah cantik para selebriti Tanah Air hingga Hollywood. Benar-benar inspiratif dan membanggakan ya! (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.