Anti Rugi, Ternyata ini 5 Manfaat Asuransi untuk Bisnis agar Usahamu Lancar Jaya!

3 menit
manfaat asuransi
Manfaat asuransi bisnis. (Shutterstock)

Gak sedikit orang yang masih belum mengetahui betul tentang manfaat asuransi selain untuk kesehatan dan jiwa. Salah satunya adalah asuransi untuk bisnis.

Ya, asuransi itu bertujuan untuk memproteksi atau mengurangi risiko kerugian finansial yang akan kamu tanggung ketika sesuatu hal terjadi padamu, keluarga, bahkan bisnismu.

Jadi, dengan menggunakan asuransi, kamu yang tadinya harus menggelontorkan uang untuk membayar biaya rumah sakit, maka biaya tersebut akan di cover oleh pihak asuransi sesuai dengan polis yang kamu bayarkan setiap bulannya. Itu salah satu contoh jika menggunakan asuransi kesehatan.

Baca juga: Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Lalu bagaimana dengan asuransi bisnis?

Sebenarnya fungsinya sama aja, yaitu untuk menanggulangi risiko yang dapat timbul dari berbisnis. Mulai dari pengalihan risiko hingga pencegahan kerugian. Itulah mengapa banyak sekali pengusaha yang memilih untuk mengasuransikan bisnisnya.

Karena itu, tak sedikit pengusaha yang berani untuk terus menggelontorkan uang di bisnis yang akan atau sedang mereka geluti. Karena, kerugian yang terjadi akan ditanggung oleh asuransi. Jadi kalaupun bisnisnya gagal, ya gak bangkrut-bangkrut banget lah.

Penasaran apalagi manfaat asuransi untuk bisnis? Berikut lima di antaranya.

Baca juga: 7 Tips Jitu Memilih Asuransi Perjalanan Terbaik dan Mudah

1. Mempunyai pondasi bisnis yang kuat

manfaat asuransi
Pondasi bisnis yang kuat. (Shutterstock)

Dengan memiliki asuransi maka kamu gak perlu pusing lagi memikirkan risiko bisnis yang akan terjadi. Pasalnya, risiko akan ditanggung oleh pihak asuransi yang secara tak langsung membuat pondasi bisnis kamu lebih kuat.

Nah, yang menjadi salah satu faktor bisnis berjalan lancar adalah memiliki pondasi yang kuat atau kokoh. Karena itulah, pondasi tersebut harus tetap kamu jaga sebaik mungkin.

Bisa dibilang, Upaya mempertahankan bisnis akan berbuah manis dengan persiapan pencegahan serta penanganan risiko.

2. Perlindungan risiko

manfaat asuransi
Perlindungan terhadap risiko. (Shutterstock)

Umumnya, gak sedikit pengusaha yang menggunakan asuransi bisnis untuk properti. Jadi, asuransi digunakan untuk melindungi aset dari perusahaan tersebut. Misalnya saja, risiko pencurian aset, kebakaran, bencana dan lain sebagainya.

Dengan adanya perlindungan asuransi pada bisnis kamu, maka keamanan kegiatan bisnis pun juga akan lebih terjamin.

3. Jaminan pengiriman barang

manfaat asuransi
Asuransi bisnis. (Shutterstock)

Kini, banyak bisnis yang berhubungan dengan pengiriman barang. Salah satunya adalah bisnis di bidang perdagangan.

Asuransi penting sekali bagi bisnis semacam ini. Kenapa? Pasalnya, bisnis di dunia perdagangan merupakan salah satu bisnis dengan tingkat risiko yang tinggi dan bahkan paling sering mengakibatkan kerugian saat proses pengiriman.

Tak hanya rusak, risiko barang hilang saat proses pengiriman pun juga sangat sering terjadi. Nah, dengan memiliki asuransi bisnis maka risiko akan menjadi tanggung jawab pihak asuransi, termasuk menanggung barang yang rusak atau hilang.

4. Menjadi pengusaha yang lebih berani

manfaat asuransi
Lebih berani jalankan usaha. (Shutterstock)

Saat proses membangun bisnis, banyak sekali risiko yang dapat terjadi. Umumnya, bisnis yang besar akan memiliki tingkat risiko yang besar pula.

Karena itulah diperlukan asuransi untuk melindungi atau mengurangi tingkat kerugian yang akan kamu tanggung. Dengan begitu, secara tidak langsung akan membuat kamu menjadi pengusaha yang lebih berani karena ada yang menanggung, yaitu asuransi.

5. Pengganti kerugian

manfaat asuransi
Bisa ganti kerugian usaha. (Shutterstock)

Setiap usaha tentu saja memiliki tingkat risiko, baik yang besar, sedang atau kecil. Nah, jika faktanya kamu mengalami kerugian maka mau gak mau kamu harus siap menanggung kerugiannya.

Jika kerugiannya kecil, mungkin kamu tidak akan terlalu dipusingkan. Tapi, bagaimana jika kerugiannya besar bahkan membuat kamu mengalami kebangkrutan? Bisa-bisa kena serangan jantung karena saking kagetnya.

Tapi tenang aja, hal itu tidak akan terjadi jika kamu menggunakan asuransi. Karena perusahaan asuransilah yang akan menanggung kerugian yang dialami oleh bisnis kamu.

Itu dia lima manfaat asuransi untuk bisnis agar usahamu lancar jaya. Ya, meskipun kamu harus membayar premi secara berkala, tapi dengan adanya asuransi pasti akan sangat membantu kamu untuk menghadapi risiko yang akan terjadi di masa depan. (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan