Kisah 4 Mantan Pembantu Rumah Tangga yang Kini Jadi Orang Sukses

4 menit
pembantu rumah tangga
Erlyanie salah satu pembantu rumah tangga yang kini sukses (Instagram/@erlyanieownerberl)

Siapa sangka, gak sedikit perempuan sukses di Indonesia yang dulu pernah bekerja sebagai seorang pembantu rumah tangga. Mereka semua tentunya gak lahir dari keluarga kaya raya.

Berawal dari pekerjaan tersebut, perempuan-perempuan ini memutuskan untuk berjuang dan keluar dari zona nyaman. 

Ada yang akhirnya jadi pengusaha sukses, jadi penulis, influencer, bahkan ada yang akhirnya kerja di Gedung Putih. Hebat ya!

Ingin tahu siapa saja mereka? Yuk simak ulasannya di sini:

1. Eli Yuliana (Anazkia)

pembantu rumah tangga
Anazkia salah satu pembantu rumah tangga yang kini sukses (Dok MoneySmart)

Perempuan ini pernah menjadi pembantu rumah tangga. Sekarang, Eli alias Anazkia telah dianugerahi penghargaan sebagai Perempuan Inspiratif NOVA di kategori perempuan dan teknologi, pada tahun 2014.

Perempuan asal Cilegon ini adalah seorang blogger ternama yang ngetop berkat Kompasiana. Setelah lulus SD, Anazkia justru bekerja sebagai seorang PRT. 

Namun, Anazkia beruntung. Pasalnya, sang majikan mengizinkannya sekolah. Dia pun meneruskan pendidikannya hingga lulus Madrasah Aliyah (setara SMA), setelah itu dia pergi ke Negeri Jiran, Malaysia, sebagai Tenaga Kerja Indonesia. 

Di Malaysia, dia justru gak cuma kerja melainkan juga ikut kelas menulis dan mempelajari teknologi secara komprehensif. 

Dari situ, Anaz mengumpulkan gajinya yang saat itu 500 Ringgit buat beli laptop seharga 1500 Ringgit. Karena membantu adiknya sekolah, Anaz mengaku cukup lama menjalani proses hingga memiliki laptop pertama

Berawal dari nge-blog, dia jadi makin tenar. Dan saat ini, dia pun bekerja di salah satu LSM bernama ICT Watch yang aktif mengedukasi masyarakat soal penggunaan internet.

Baca juga: Dulu Pembantu Rumah Tangga, Perempuan Boyolali Ini Dirikan B ERL Cosmetics

2. Farida Nurhan

pembantu rumah tangga
Farida Nurhan salah satu pembantu rumah tangga yang kini sukses (Instagram/@farida.nurhan)

Familiar sama food blogger sekaligus Youtuber yang punya banyak subscribers serta followers ini? Dia juga dulunya pernah bekerja sebagai pembantu rumah tangga ketika mengadu nasib di Singapura dan Hong Kong. 

Perempuan asal Lumajang ini bahkan pernah merasakan hidup susah di penampungan TKI. Dan harus meninggalkan anaknya yang masih kecil demi mencari nafkah.

Akan tetapi, perjalanan karier Rida sebagai TKI berakhir di tahun 2007, dia memutuskan untuk tinggal di Indonesia saja dan mengais rezeki di Ibu Kota. Di tahun 2009 dia banting setir jadi makelar properti hanya bermodal kejujuran.

Namun akhirnya, dia berhasil dalam kariernya di bidang tersebut hingga akhirnya sanggup membeli satu unit apartemen di Jakarta Selatan. 

Di tahun 2016, Rida justru berniat untuk mencari peruntungan dengan memanfaatkan teknologi bermodal kamera DSLR. Dan siapa sangka, berkat kreativitasnya dia kini punya lebih dari 1 juta subscriber pada Agustus 2019. 

3. Ima Matul Maisaroh

pembantu rumah tangga
Ima Matul Maisaroh salah satu pembantu rumah tangga yang kini sukses (Twitter/@ImaHope4Freedom)

Mantan pembantu rumah tangga ini, sempat menjadi anggota dewan penasehat Gedung Putih. Lebih tepatnya dia memulai karier ini di tahun 2015. Dan sebagai diaspora Indonesia, dia sudah bukan lagi WNI.

Dia pernah berbicara di depan Kongres Partai Demokrat, karena diangkat oleh Barack Obama yang dulu masih jadi Presiden AS sebagai salah satu penasehatnya. Dia pun fokus untuk menangani masalah-masalah perdagangan manusia dan perbudakan.

Perempuan asal Desa Godanglegi, Malang, ini menjajaki Negeri Paman Sam saat menerima tawaran kerja sebagai pembantu rumah tangga. Akan tetapi, kehidupan perempuan ini memang cukup keras dan memilukan.

Perempuan ini sudah menikah saat baru masuk sekolah oleh orang yang tak dikenal. Selisih usianya saja sampai 12 tahun.

Karena gak ada rasa cinta, maka pernikahan itu bubar dan Ima mencoba peruntungan menjadi TKI lewat Pengerah Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI). 

Gak lama kemudian, dia ditawari kerja di Amerika Serikat saat dirinya masih berusia 17 tahun. Sesampainya di sana, paspornya ditahan oleh majikannya yang berprofesi sebagai desainer interior. 

Dan selama dua tahun di sana, dia bekerja selama 12 jam tanpa istirahat! Hampir tiap hari dia disiksa dan dipukul majikannya hanya karena kesalahan kecil. Alhasil, dia pun diselamatkan oleh LSM bernama CAST dengan bantuan tetangganya. 

4. Erlyanie

pembantu rumah tangga
Erlyanie salah satu pembantu rumah tangga yang kini sukses (Instagram/@erlyanieownerberl)

Perempuan ini adalah pendiri B ERL Cosmetics, sebuah brand kosmetik ternama yang cukup laris di pasaran. Tapi siapa sangka, dia adalah seorang mantan pembantu rumah tangga yang merantau ke Jakarta dari Boyolali.

Saat masih kecil, Erlyani bekerja dengan bayaran Rp 100 ribu hingga akhirnya dikembalikan lagi ke saudaranya. Namun dia akhirnya bertemu dengan majikan baru yang memutuskan untuk menampungnya tanpa gaji. Walau gak digaji, dia ternyata disekolahkan hingga SMA.

Selulusnya dari SMA, dia mengumpulkan modal untuk kuliah D3 di Bina Sarana Informatika (BSI). Alih-alih meneruskan S1, dia ternyata sudah asyik berbisnis.

Berawal dari bisnis laundry, dia akhirnya mencoba peruntungan di bisnis online. Singkat cerita, dia mendirikan B ERL Cosmetics bersama suaminya.

Singat cerita, dia kini sukses jadi miliarder lho. Members alias agen, reseller, dan dropshipper di kosmetiknya sudah mencapai 30 ribu!

Itulah empat orang Indonesia yang dulunya cuma pembantu rumah tangga, tapi bisa sukses dalam karier dan bisnisnya saat ini.

Intinya, perjuangan dan kerja keras bakal mewujudkan impianmu. Apapun latar belakangmu dan dari mana kamu berasal. (Editor: Chaerunnisa)

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.