Jadi Orang Terkaya di RI, Begini Cara Eka Tjipta Widjaja Bagi-bagi Duit

2 menit
Eka Tjipta Widjaja, pendiri Eka Tjipta Foundation. (Tempo/Robin)
Eka Tjipta Widjaja. (Tempo)

Mendiang pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja, memang terkenal sangat dermawan. Di tahun 2006, keluarga Widjaja mendirikan sebuah organisasi non-profit yang dijadikan sarana tanggung jawab sosial perusahaan.

Yayasan ini diketuai oleh Fuganto Widjaja yang gak lain adalah cucu dari Eka Tjipta Widjaja. Fuganto sendiri adalah Presiden Direktur PT Berau Coal Energy yang berada di bawah naungan Sinar Mas Group.

Penasaran program sosial apa saja yang sudah diluncurkan Eka Tjipta Foundation ke masyarakat Indonesia? Berikut ulasannya.

Baca juga: Berkekayaan Hingga Rp 120 Triliun, Ini Kerajaan Bisnis yang Diwariskan Eka Tjipta Widjaja

Beasiswa

Beasiswa Eka Tjipta Foundation. (Instagram/@ekatjiptafoundation)
Beasiswa Eka Tjipta Foundation. (Instagram/@ekatjiptafoundation)

Yayasan ini menggelar program beasiswa untuk masyarakat dengan keterbatasan ekonomi. Yang pasti, para penerima beasiswa bakal diberikan biaya kuliah maksimum delapan semester, tunjangan hidup per semester, dan tunjangan tugas akhir hingga wisuda.

Tentunya ada prosedur lain yang berkaitan dengan dokumen kelengkapan ya. Itu semua harus dikirimkan ke kantor Eka Tjipta Foundation di Sinar Mas Plaza, Thamrin, Jakarta Pusat.

Beasiswa ini gak cuma buat S1 lho melainkan S2 dan S3 juga bisa. Untuk urusan beasiswa, Eka Tjipta Foundation juga menggandeng banyak instansi, salah satunya adalah Kejaksaan Agung RI.

Jangan salah lho, yayasan ini pernah menyabet rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) di tahun 2010 sebagai lembaga pemberi beasiswa terbanyak! Bayangin saja, pada tahun itu, 2.018 mahasiswa menerima beasiswa S1 di 30 kampus yang bermitra dengan Sinar Mas.

Baca juga: Pensiun, Begini Penampakan Rumah Rp 1,5 Miliar Liliyana Natsir

Penanggulangan bencana alam

Eka Tjipta Foundation bekerja sama dengan berbagai pihak untuk tanggulangi bencana alam. (ekatjipta.org)
Eka Tjipta Foundation bekerja sama dengan berbagai pihak untuk tanggulangi bencana alam. (ekatjipta.org)

Di akhir 2018, lebih tepatnya pada HUT Sinar Mas, perusahaan raksasa ini mengumumkan program restorasi pascabencana alam. Kali ini mereka menggandeng Yayasan Buddha Tzu Chi yang bermarkas di Pantai Indah Kapuk dan TNI.

Dalam laporan yang tertulis di situs Eka Tjipta Foundation, mereka menyalurkan bantuan ke korban bencana Sulawesi Tengah dan Nusa Tenggara Barat. Bantuan itu berupa pembangunan klinik, rumah ibadah, dan sekolah bagi warga masyarakat yang menjadi korban bencana alam.

Mereka pun berkolaborasi dengan Indofood untuk menggelar proyek pembangunan rumah di sana. Fantastis nilainya kan pastinya.

Asal kamu tahu, Eka Tjipta Foundation dan Yayasan Buddha Tzu Chi juga pernah memberikan dukungan serupa, baik pada fase tahap tanggap darurat, maupun rekonstruksi pascagempa di Sumatera Barat dan Jambi tahun 2010, Tasikmalaya, Jawa Barat tahun 2009, DI Yogyakarta-Magelang tahun 2006, dan Aceh–Nias pasca tsunami melanda tahun 2004.

Wajar saja, wong perusahaannya crazy rich Indonesian. Gak heran kalau program tanggung jawab sosialnya juga massif.

Baca juga: Aleta Molly, Cicit Pahlawan asal Aceh yang Senang Bagi-Bagi Berlian

Itulah program-program sosial yang digawangi oleh Eka Tjipta Foundation. Intinya, mereka memang berfokus pada dua hal, yaitu pendidikan dan pemulihan wilayah pascabencana.

Mereka pun telah meluncurkan program Duta Sinar Mas pada Maret 2018 lalu. Duta Sinar Mas adalah mahasiswa-mahasiswa semester 3 di jenjang pendidikan S1 yang punya IPK di atas 3,2.

Merekalah yang akan menjadi ujung tombak dari kegiatan-kegiatan Sinar Mas di daerah, sebut saja seperti Paguyuban Sinar Mas. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.