Kesulitan Rekrut Karyawan?, Kunjungi Marketplace Ini

2 menit
Tempo/ Tony Hartawan

 

Proses perekrutan karyawan perusahaan kini semakin canggih dan memudahkan. Portal marketplace ekrut.com yang khusus menyediakan talent-talent untuk para perusahaan salah satu yang menangkap peluang ini.

Aldo Nuari Imanuel, Marketing Manager ekrut.com mengatakan, portal ini dibuat untuk menjawab proses rekrutmen pegawai yang cenderung memakan waktu dan berbelit-belit.

“Ekrut awal mulanya didirikan karena founder kami melihat diperusahaan lama mereka untuk hiring satu posisi butuh waktu lama. Belum tentu orangnya cocok dan rekrutmen industri yang belum banyak kesentuh teknologi,” kata Aldo kepada Moneysmart.id di Acara Tech in Asia Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Aldo menjelaskan, pada portal ini para pelamar kerja cukup mengunjungi laman ekrut.com, mengisi data diri, dan sinkronisasi akun dengan social media Linkedin.

Kemudian, proses selanjutnya adalah verifikasi oleh sistem dan verifikasi melalui talent marketcplace untuk mengkurasi pelamar yang mendaftar.

Employee cukup sign up di ekrut, abis itu, buka account, isi data diri, singkron dengan linkedin. Abis itu proses verifikasi pada sistem, kalau sudah selesai ada proses mengkurasi apakah data pelamar sudah benar atau tidak dan ini semacam pre interview,” jelas Aldo.

Menurutnya, proses kurasi tersebut juga untuk memastikan pelamar yang terbaik dikelasnya, dan tidak semua pelamar bisa masuk kedalam marketplace ekrut.com.

“Jadi begitu company mau hiring satu orang, mereka sudah tahu oke talent ini sudah bagus karena ada proses verifikasi sistem dan orang,” ujarnya.

Selain itu, setelah pelamar mengunggah profil ke talent marketplace, bukan hanya satu perusahaan yang akan melihatnya. Namun puluhan, bahkan ratusan perusahaan.

Kerja Sama 1.000 Perusahaan

Tempo/ Santirta M
Pelamar CPNS (Tempo/ Santirta M)

Hingga saat ini sudah terdapat 1.000 perusahaan yang bekerja sama dengan ekrut.com. Mulai dari perusahaan startup populer seperti Gojek, Tokopedia, Traveloka, Home Credit, Fave, Ovo.

Adapun, ekrut.com memiliki fokus kepada lima bidang posisi pelamar yang dibutuhkan oleh perusahaan startup teknologi.

“Jadi kita fokus ke employee pertama software engineering, kedua product management, ketiga data team, keempat digital marketing, kelima operations,” ungkap Aldo.

Hingga saat ini, total user ekrut.com yang tercatat telah mencapai 70.000 hingga 80.000 pengguna sejak awal tahun 2018 lalu.

“Untuk employee gratis pastinya. Dan perusahaan untuk saat ini masih gratis,” papar Aldo.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.