Martabak Orins Bikin Banyak Orang Kepincut, Ternyata Ini 5 Rahasianya

Sonny Arca Adryanto pendiri Martabak Orins (marketing.co.id)
Sonny Arca Adryanto pendiri Martabak Orins (marketing.co.id)

Martabak Orins emang lagi hits banget belakangan ini. Rasanya yang juara dan topping yang banyak rasa bikin siapa aja yang mencicipinya ketagihan. Apalagi dari segi ukuran, martabak ini besarnya gak nanggung-nanggung.

Dijamin dengan harga mulai dari Rp 9 ribu per martabak, lidahmu bakal terpuaskan dan perut kenyangnya lama.

Suksesnya Martabak Orins gak lepas dari peran Sonny Arca Adryanto lho.

Bersama istrinya, Sonny mendirikan Martabak Orins pada tahun 2011. Perkembangannya bagus banget sampai-sampai Sonny ambil keputusan berhenti dari pekerjaannya sebagai PNS di Kementerian Keuangan pada 2016.

Sampai di sini ada yang penasaran kenapa Martabak Orins cepat banget populer sampai akhirnya berbuah sukses?

Ada lima kunci sukses Sonny Arca dalam mengelola Martabak Orins. Pengin tahu apa aja? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Berani mencoba

Martabak Orins
(Image: stagram)

Niat Sonny buat jalankan usaha emang layak diberi jempol. Jauh sebelum Martabak Orins sukses, Sonny emang udah lama memberanikan diri terjun ke dunia usaha.

Usaha pertama yang dirintisnya adalah bisnis jamur. Selama tiga bulan bisnis jamurnya bisa dibilang sukses karena banyak permintaan.

Namun, Sonny punya pendapat lain soal bisnis ini. Menurutnya, bisnis jamur itu musiman. Dia pun mengakhiri  bisnis jamurnya karena menurutnya gak bisa long term.

Keputusan tersebut terbilang berani. Meskipun gitu, buat Sonny, dalam menjalankan usaha itu kita emang gak boleh ragu. Harus berani mencoba dan mengambil langkah yang terbaik kalau pengin sukses.

2. Jeli lihat peluang

Usai mengakhiri bisnis jamur, Sonny berpikir ulang, usaha apa yang produknya selalu dicari-cari banyak orang?

Pikirannya pun tertuju pada ide bikin martabak. Buat Sonny, usaha martabak ini peluangnya besar. Sebab tiap hari ada aja yang beli martabak.

Sonny tahu betul usaha martabak itu bukanlah ide baru. Ditambah lagi penjual martabak itu udah banyak banget. Malah anak Presiden pun ikutan jual martabak.

Namun, karena udah dari sananya niat pengin jalankan usaha, Sonny gak pengin idenya cuma jadi wacana forever. Karena itu, jadilah Martabak Orins seperti yang ada sekarang.

3. Bikin brand yang gak terpikirkan banyak orang

(Image: someture)

Brand atau merek punya pengaruh kuat dalam bangun usaha. Gak percaya? Coba aja tengok brand kayak Makaroni Ngehe, Warunk Upnormal, atau Blenger Burger. Dengar nama-nama itu, banyak orang pengin tahu apa sih yang dijual di sana.

Ini juga yang jadi pikiran dari Sonny sebelum buka usaha martabak. Cari-cari nama apa yang cocok banget, nama Orins pun muncul dari mertuanya.

Dirasa nama ini paling unik dan gak terpikirkan banyak orang, Sonny pun memakai nama ini buat pasarkan martabaknya. Dan ya, seperti kita tahu, nama ini nempel di kepala banyak orang.

4. Ciptakan inovasi dalam rasa dan menjangkau konsumen

Poin ini penting banget dalam menjalankan usaha. Di mana-mana, usaha-usaha yang masih ada sampai sekarang bisa sukses karena inovasi.

Sonny pun memberi sentuhan inovasi dalam martabak bikinannya biar terlihat beda dari yang lain. Dia menyebut martabak bikinannya sebagai martabak pizza.

Soal rasa, Sonny menciptakan varian Martabak Orins mulai dari topping cokelat kacang wijen, pisang cokelat, blueberry keju, strawberry keju, green tea, Kitkat freen tea, hingga kismis keju.

Gak cuma martabak manis, Sonny juga memperkaya Orins dengan varian martabak telor, seperti daging sapi mozarella, daging ayam mozarella, telor pizza, hingga telor Samyang. Tekstur Martabak Orins pun dibikin selembut mungkin biar enak dikunyah.

Inovasi yang dilakukan Sonny juga menyasar ke pemesanan Martabak Orins. Kamu bisa memesan Martabak Orins secara online di aplikasi Go Food dan Grab Food. Dengan gitu, kamu gak perlu capek-capek lagi ke outlet Martabak Orins. Belum lagi kalau antre.

5. Jaga komunikasi dan jangan ogah terima masukan

Martabak Orins
(Image: jawapos)

Komunikasi juga jadi kunci keberhasilan usaha. Ibarat kerja bareng dalam satu tim, pekerjaan bakal beres kalau sesama anggota tim saling komunikasi.

Sonny juga merasa komunikasi harus dijaga benar-benar dalam usaha Martabak Orinsnya. Terlebih lagi kalau ada masukan dari konsumen. Bagus banget buat perbaikan usahanya biar ke depan lebih baik lagi.

Buat Sonny, kualitas itu udah jadi barang mutlak. Dan ini bisa ditingkatkan dari masukan-masukan yang muncul.

Nah, itu tadi lima kunci sukses kenapa Martabak Orins mendadak populer dan meraih sukses di dunia usaha kuliner.

Satu lagi nih yang perlu kamu ingat yang gak ada di lima poin di atas: modal usaha itu gak cuma uang, tapi juga semangat yang gak gampang padam.

Lewat Martabak Orins, Sonny udah membuktikannya.

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560