Rp 200 Jutaan, Ini Fakta Mobil Andre Taulany yang Ternyata Buatan Indonesia

3 menit
marvia
Andre Taulany menjual Marvia miliknya (Instagram/@andreastaulany)

Andre Taulany alih-alih menjual Porsche 911, malah menulis menjual Marvia 911 miliknya, pada 10 September lalu. 

Apakah mobil ini variannya Porsche? Tentu saja bukan! Mobil yang dijual di angka Rp 200 jutaan itu ternyata buatan Indonesia lho

Seriusan buatan lokal, tapi bukan mobnas dan hanya dibuat 50 unit alias produksinya terbatas.

Penasaran sama mobil bernama Marvia yang dijual Andre? Yuk, simak ulasannya di bawah sini:

1. Replika Porsche

marvia
Replika Porsche (Instagram/@andreastaulany)

Marvia didirikan Marvy Apandi, seorang petinggi di Indomobil Group. Berdasarkan situs The Gentleman Racer dan Mobilmotorlama yang ditulis di caption posting-an Andre, Marvy memang mendapat dukungan dari Indomobil untuk memproduksi Suzuki dan Mazda di Indonesia.

Alhasil, banyak sekali mobil Suzuki dan Mazda yang akhirnya dirombak jadi Marvia. Salah satu produk Marvia yang terkenal adalah replika Porsche 911 jadul ini. 

marvia
Replika Porsche

Coba lihat penampakannya, udah gak beda kan sama 911 era 1990-an. Dipakai buat mejeng asyik banget, pasti jadi pusat perhatian!

Berhubung cuma diproduksi 50 unit, ya gak heran kalau harganya Rp 200 jutaan.

Baca juga: Kehilangan Job di TV, Andre Taulany Kini Digaji YouTube! Segini Penghasilannya

2. Bermesin Mazda

marvia
Bermesin Mazda

Basis dari mobil yang dijual Andre ini adalah Mazda MR90. Jadi, kapasitas mesinnya gak besar, yaitu cuma 1400cc saja, irit banget ya!

Tapi, yang jelas “Porsche” ini jadi lucu, karena mesinnya ada di depan bukan di belakang. Berhubung layout mesin MR90 memang hanya bisa ditempatkan di kap depan.

Suspensi dan pernik kaki-kaki sampai velg standar mobil ini juga persis Mazda MR90. Dashboard dan interiornya juga menggunakan standar Mazda MR90.

Mau dimodif kayak Porsche benaran? Bisa saja sih, tinggal datang ke temannya Raffi Ahmad pasti bisa dipermak. Tapi biayanya mahal banget.

Untuk body, mobil ini menggunakan fiberglass. So, tetap aman dari karat.

Interior Marvia milik Andre juga gak dibuat mewah. Didominasi warna hitam dan ada aksen birunya di jok serta doortrim. Cukup keren meski berasa old school.

3. Ada komponen asli Porsche

marvia
Ada kompenan asli Porsche

Ternyata, ada lho komponen asli Porsche yang disematkan di mobil ini. Lampunya saja asli Porsche, bentuknya juga sama.

Sekadar diketahui, Porsche memang sempat menjalin kerja sama dengan Indomobil di era 1990-an untuk memproduksi 911. Tujuannya dirakit di Indonesia agar bisa dijual murah.

Kabarnya, 911 Carrera 2 CKD di Indonesia dijual kurang lebih 400 juta. Termasuk murah, karena pada saat itu BMW E38 750iL saja harganya Rp 200 jutaan.

Itulah sekilas fakta tentang mobil Marvia milik Andre yang kini dijual Rp 200 jutaan. Tertarik membelinya? 

Jika ya, untuk diketahui kalau mobil ini sudah berumur. Merawat mobil lama tentu butuh ketelatenan serta kasih sayang juga. Orang yang cuma suka penampilan fisiknya, belum tentu siap dengan risiko-risiko yang bakal muncul terhadap mobil ini.

Intinya, kalau memang hobi otomotif, ya silakan saja. Tapi kalau cuma kepincut karena penampakannya ya, nanti dulu deh ya! (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.