Masih Belum Tahu Cara Cari Uang di Internet? Baca Ini Dulu

3 menit

Tambang uang makin lama makin banyak. Dulu orang-orang mesti berpakaian necis dan berdasi untuk meraup setumpuk uang.

Kini, belum mandi dan gosok gigi pun bisa dapet duit berlimpah-ruah. Berterima kasihlah kepada Internet.

Internet itu tambang uang baru di dunia digital ini. Pemerintah mungkin bakal sulit mendata angka pengangguran kelak karena banyak yang kerja di Internet. Orang dapet duit dari Internet, bukan pengganggur lah ya.

[Baca: Aduh, Ini 8 Jenis Pekerjaan yang Terancam Punah karena Teknologi]

Banyak hal  yang bisa dilakuin di Internet, dan itu menghasilkan. Bahkan beberapa di antaranya terasa janggal lantaran gak bisa atau jarang ditemukan di dunia kerja. Tapi udah tahu belum cara cari uang di Internet?

Berikut ini contoh pekerjaan gak biasa di Internet yang penghasilannya gak main-main.

1. Isi survei online

Kalau di mal atau jalan ketemu pegawai lembaga survei dan diminta ikut, ada bayaran gak? Paling ada snack atau minuman. Kalau di Internet, isi survei bisa dapet duit.

Beberapa situs lembaga penelitian punya layanan seperti ini. Di antaranya Nielsen Digital Voice dengan potensi pendapatan hingga US$ 1.000 per bulan. Juga iPoll yang memberikan penghasilan US$1-5 per survei.

[Baca: 7 Situs Survey Online Indonesia yang Bayar Kamu Pakai Dolar]

2. Task app

cara cari uang di internet
Nonton video dapet duit, kapan lagi? (shutterstock)

Kalau punya smartphone, maka cara cari uang di Internet yang satu ini cocok banget buat kamu. Coba instal aplikasi semacam Earn Cash atau Free Cash. Mereka disebut sebagai task app.

Setelah mendaftar, kamu akan mendapat “tugas” untuk mendapat duit. Misalnya mengisi survei, mencoba game, dan bahkan nonton video. Upah tiap task bervariasi, bisa sampai US$ 5.

[Baca: 6 Aplikasi Android dan iOS Ini Bisa Ngasih Kamu Uang Lho]

3. Cashback

Makin sering belanja online, bisa makin sering ngumpulin duit. Soalnya, ada fitur cashback yang sering ditawarkan situs jual-beli online. Biasanya cashback berupa persentase dari total tagihan.

Misalnya beli baju Rp 100.000 dengan cashback 20 persen, berarti duit Rp 20.000 balik ke dompet. Biar cashback makin banyak, coba tawarin saudara atau teman yang mau beli online pakai akunmu. Tapi jangan lupa lihat dulu syarat dan ketentuannya.

4. Jual-beli domain

cara cari uang di internet
Kalau jualan domain, siap-siap jelasin panjang-lebar pas ditanya calon mertua apa pekerjaanmu (storyomg.com)

Mike Mann, seorang warga Amerika, pernah meraup duit Rp 1 miliar lebih hanya dalam sehari dengan menjual domain. Domain adalah nama situs yang didaftarkan.

Bisnis ini bisa jadi salah satu cara dapat uang di Internet yang paling menggiurkan, terutama buat yang punya keberanian berspekulasi.

Caranya, beli banyak domain sekaligus dengan harga murah sambil berharap ada yang mau bayar mahal ketika kita jual. Mike Mann mendapat Rp 1 miliar lebih dari penjualan domain yang ia beli seharga ratusan ribu saja lho.

[Baca: Apa yang Harus Dilakukan Ketika Tiba-Tiba Dapat Duit Rp 1 Miliar?]

5. Jual foto

Sering unggah foto di medsos demi mendapat like atau komen? Ini juga bisa jadi cara cari uang di Internet lho.

Coba unggahnya di situs pasar foto seperti ShutterStock atau iStockPhoto. Bukan like atau komen, melainkan duit yang didapat.

cara cari uang
Gak perlu ke Monas buat jualan foto, bisa di ruangan ber-AC (kabar24.bisnis.com)

Situs-situs itu menyediakan tempat buat jualan foto. Nantinya, harga jual ditetapkan sendiri oleh kita. Tapi kalau ada yang terjual, ada komisi hingga 30 persen buat situs tempat kita jualan foto.

6. Jual video

Gak cuma jualan foto. Kita pun bisa menggali tambang uang di Internet dengan jualan video. Contohnya udah banyak, terutama dari situs YouTube.

Tapi, kalau melihat saingan di YouTube ketat, bisa beralih ke situs video lain seperti Vimeo atau Vidio. Ada pula StockShot.id, tempat jualan footage atau video pendek. Hasilnya bisa sampai US$ 25 per video lho.

Hari gini, semua hal bisa dimanfaatkan untuk meraup uang. Tapi cari yang positif dan legal aja ya. Soalnya, banyak cara cari uang di Internet yang juga bisa digali dari jualan yang gak bener.

Misalnya jualan hoax. Ini memprihatinkan. Yuk, bantu pemerintah tekan angka pengangguran dengan memanfaatkan Internet sebagai tempat cari uang.

Hardian
Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.