Masih Bergaji UMR, Ikuti Aja Trik Cerdas Investasi Emas Ini Agar Banyak Uang

4 menit
Investasi emas (Pexel).

Gak sedikit orang yang pesimis untuk terjun investasi karena gajinya pas-pasan alias UMR. Padahal gak ada alasan lho untuk berinvestasi. Pasalnya, kini modal investasi itu bisa dimulai dengan puluhan ribu saja, salah satunya adalah investasi emas.

Kebutuhan hidup yang semakin besar ditambah dengan gaji yang segitu-gitu aja memang bikin keki. Boro-boro kepikiran untuk investasi, bisa makan sampai akhir bulan aja udah syukur banget.

Tapi, masa iya sih kamu mau hidup terus-terusan kayak gitu. Gaji habis hanya untuk biaya hidup aja. Gak ada salahnya dong, menikmati hidup seperti jalan-jalan setelah lelah bekerja seharian.

Gimana caranya? Ya, apalagi kalau bukan investasi. Apa bisa buat yang bergaji UMR? Tentu aja bisa kok, asal niat dan konsisten.

Coba deh hilangkan pola pikir kamu kalau investasi itu hanya ditujukan buat orang-orang berduit doang. Kamu yang bergaji pas-pasan juga bisa kok terjun berinvestasi.

Lagipula, yang bilang investasi harus modal gede itu salah banget kok. Kamu bisa mulai investasi hanya bermodalkan uang ratusan ribu rupiah, bahkan ada yang cuma modal gak sampai Rp 10 ribu, salah satunya adalah investasi emas.

Menurut Analis Central Capital Futures, investasi emas merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan dibandingkan dengan mata uang kertas yang terus tergerus oleh inflasi. Jadi, emas bisa menjadi solusi terbaik untuk mengamankan masa depan finansialmu.

Gak percaya? Yuk, kita hitung-hitung aja langsung:

Beli emas di tahun 2010 dengan harga Rp 300 ribu seberat 20 gram dan saat itu kamu mengeluarkan uang sebesar Rp 6 juta. Di tahun 2019, emas sudah mencapai sekitar Rp 600 ribuan per gramnya.

Kalau dijual, berarti kamu akan mendapat uang Rp 600 ribu x 20 gram yaitu Rp 12 juta. Di tahun 2010, kamu beli Rp 6 juta dan saat dijual dapat Rp 12 juta. Berarti keuntungan yang kamu dapatkan dari investasi emas selama sembilan tahun adalah sebesar Rp 6 juta. Lumayan banget kan?

Apalagi kalau saat investasi kamu mengikuti program konsinyasi emas yang ada di Pegadaian. Udah pasti duitmu semakin bertambah banyak.

Dengan segudang keuntungan yang ditawarkan investasi emas. Masa iya sih masih ragu untuk terjun ke investasi logam mulia ini.

Nah, buat kamu yang ingin mulai investasi tapi kepentok modal karena gaji pas-pasan. Berikut empat tips cerdas investasi emas buat kamu yang bergaji UMR di bawah ini:

Baca juga: 5 Cara Agar Kamu Selalu Bahagia di Kantor, Cukup Terapkan Hal Baik Ini

1. Sisihkan uang setiap hari

Menyisihkan uang bulanan (Shutterstock).

Trik pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menyisihkan uang setiap hari sesuai dengan kemampuanmu. Jadi, gak menyiksa. Dengan begitu, kamu akan lebih konsisten dan enjoy.

Pasalnya, banyak orang yang merasa berat menyisihkan uang sekaligus di akhir bulan saat gajian. Jadi, solusinya adalah dengan menyisihkannya setiap hari. Asal rutin, uang yang terkumpul juga lumayan banget lho.

Misalnya, kamu menyisihkan pukul rata sebesar Rp 10 ribu setiap hari. Berarti, dalam satu bulan kamu sudah bisa mengumpulkan uang Rp 300 ribu.

Kamu bisa menyimpan uangnya di dalam celengan atau wadah bening yang di depannya ditempel gambar tujuanmu investasi agar semakin bersemangat.

2. Stop gaya hidup konsumtif

Cara menghemat ala milenial, selalu gunakan promo saat belanja. (Shutterstock)
Gaya hidup konsumtif (Shutterstock).

Percaya atau gak, sebenarnya yang membuat duit kamu selalu habis bukanlah soal kebutuhan hidup saja, tapi faktor utamanya adalah karena gaya hidup konsumtif yang tanpa sadar menggerogoti kantongmu.

Coba hitung-hitung, berapa uang yang kamu keluarkan untuk memenuhi gaya hidupmu? Mungkin bisa mencapai jutaan rupiah, bahkan gak sedikit orang yang rela ngutang sana sini hanya untuk gaya hidup semata.

Bukannya gak boleh sih, ngopi di kafe bareng teman-teman. Boleh-boleh aja, asal ya dibatasi. Jangan setiap akhir pekan juga. Kalau sekali nongkrong mengeluarkan uang Rp 200 ribu, berarti dalam satu bulan, keluar uang Rp 800 ribu cuma buat nongkrong doang.

Alangkah baiknya kalau uang Rp 800 ribu itu, kamu alokasikan buat beli emas batangan. Lumayan tuh, bisa dapat satu gram lebih.

Baca juga: 6 Cara untuk Kamu yang Introvert Agar Betah Bekerja di Kantor, Gak Susah Kok!

3. Pantau pergerakan harga emas

Investasi jangka menengah
Investasi jangka menengah

Jika kamu sudah dapat mengelola penghasilanmu dengan baik dan sudah bisa menyisihkan uang setiap bulan buat beli emas batangan. Tahap selanjutnya adalah dengan memantau pergerakan harga emas.

Jadi, intinya biar investasi emas dapat untung maksimal, kamu beli disaat harga sedang turun dan juga saat harga naik.

Karena itu, pentingnya kamu mengetahui pergerakan harga emas. Jangan sampai main asal beli tapi ternyata zong karena beli disaat harga sedang naik. Apes deh kalau kayak gitu.

4. Mengikuti program tabungan emas Pegadaian

tabungan-emas
Kantor Pegadaian (liputan6)

Salah satu cara paling mudah untuk investasi emas adalah dengan mengikuti program tabungan emas yang ada di Pegadaian.

Dengan membuka rekening tabungan emas Pegadaian, kamu bisa mulai terjun investasi hanya modal di bawah Rp 10 ribu. Kok bisa? Iya, kamu bisa membeli mulai dari 0,01 gram.

Kalau harga emas sebesar Rp 600 ribu. Maka, dengan uang Rp 6.000 kamu udah bisa investasi. Ditambah dengan beberapa biaya administrasi, uang yang kamu keluarkan gak sampai Rp 20 ribu. Mudah banget kan?

Baca juga: 12 Tempat Wisata Gratis di Tokyo Ini Mampu Sempurnakan Pelesiranmu di Jepang

Itu dia empat trik cerdas investasi emas buat yang bergaji UMR. Simpel dan gak menyiksa kan? Idealnya, kamu hanya perlu menyisihkan sekitar 20 persen dari penghasilanmu buat investasi. Jadi, kini udah gak ada alasan lagi dong buat investasi. Yuk, mulai berinvestasi dari sekarang demi masa depan yang lebih baik. Setuju? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan