8 Fakta Masjid Termahal di Dunia yang Pernah Dikunjungi Rihanna dan Selena Gomez

4 menit
Masjid Sheikh Zayed
8 Fakta Masjid Termahal di Dunia yang Pernah Dikunjungi Rihanna dan Selena Gomez, (Ilustrasi/Pixabay).

Masjid Kubah Emas di Depok bikin banyak orang yang melihatnya takjub. Pastinya banyak orang mengira dana yang dihabiskan buat membangunnya sangat besar. Rupanya dibandingkan dengan Masjid Sheikh Zayed, Masjid Kubah Emas masih kalah mahal lho.

Kabarnya Masjid Sheikh Zayed yang selesai dibangun pada 20 Desember 2007 menghabiskan dana sebesar 2 miliar Dirham atau Rp 7,87 triliun. Masjid ini berlokasi di ibu kota Uni Emirat Arab, Abu Dhabi.

Pembangunannya yang dimulai pada tahun 1996 diprakarsai mendiang presiden Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Zayed bin Sultan Al Nahyan. Sang Presiden pengin ada masjid yang satukan keanekaragaman budaya dunia Islam dengan nilai-nilai historis dan modern.

Dari ide tersebut, lahirlah Masjid Sheikh Zayed. Di balik predikatnya sebagai masjid termahal, ada beberapa fakta menarik nih tentang masjid yang ada di kota Abu Dhabi seperti dikutip dari Edarabia. Seperti apa fakta-faktanya? Yuk, disimak di bawah ini:

Baca juga: Bisa Untuk Beli Rumah dan Mobil Mewah, Ini 7 Barang Sehari-hari Termahal di Dunia

1. Merupakan salah satu masjid terbesar di dunia

Masjid Sheikh Zayed
Masjid ini didapuk sebagai salah satu masjid termahal di dunia, (Ilustrasi/Pixabay).

Masjid ini dibangun di atas lahan seluas 12 hektare atau 120 ribu meter persegi. Kompleks bangunannya berukuran 290 x 420 meter. Sumbu bangunannya sendiri diputar sejajar dengan arah Ka’bah di Mekah, Arab Saudi.

Dengan ukurannya yang sebesar itu, masjid ini dinobatkan sebagai salah satu terbesar di dunia. Terbesar setelah masjid di Mekah dan Madinah, Arab Saudi.

Baca juga: 7 Barang Termahal Peninggalan Tokoh PD II Bertotal Rp 160 M, Banyak yang Milik Hitler!

2. Sanggup menampung jumlah jemaah yang banyak

Sanggup menampung mencapai 41 ribu jemaah, (Ilustrasi/Pixabay).

Karena ukurannya yang besar itulah, Masjid ini memiliki kapasitas yang mampu menampung banyak jemaah yang beribadah. Selama Salat Id, masjid ini bisa memuat sebanyak 41 ribu jemaah yang datang.

Di ruang salat utama aja, masjid ini bisa menampung 10 ribu jemaah. Walaupun begitu, daya tampungnya masih kalah dengan daya tampung Masjid Istiqlal yang bisa mencapai 200 ribu jemaah.

Baca juga: Seharga Rp 2,1 Miliar, Ini Tempat Tidur Ternyaman dan Termahal di Dunia!

3. Bahan material yang digunakan buat membangun masjid didatangkan dari negara-negara lain

Masjid Sheikh Zayed
Bahan material yang digunakan buat membangun masjid ini menggunakan bahan alami, (Ilustrasi/Pixabay).

Masjid ini benar-benar dibangun sebaik mungkin dan matang. Buktinya aja material yang digunakan didatangkan dari negara-negara lain. Mulai dari India, Italia, Jerman, Mesir, Turki, Maroko, Pakistan, Malaysia, Iran, China, Inggris, Selandia Baru, hingga Makedonia Utara.

Asal tahu aja nih, bahan material yang digunakan merupakan bahan-bahan alami. Pemilihan bahan alami dikarenakan kualitas dan daya tahan yang baik.

4. Arsitekturnya yang indah merupakan perpaduan berbagai budaya Islam di dunia

Masjid Sheikh Zayed
Arsitekturnya yang indah merupakan perpaduan berbagai budaya Islam di dunia, (Ilustrasi/Pixabay).

Keindahan yang tergambar dari Masjid Sheikh Zayed merupakan cerminan berbagai budaya Islam di dunia. Desain masjid ini terinspirasi gaya arsitektur Persia, Mughal, Masjid Abu Al-Abbas Al-Mursi di Mesir, hingga Masjid Badshahi di Lahore, Pakistan.

Letak kubah dan denah masjid terinspirasi Masjid Badshahi di Punjab, Pakistan. Sementara menaranya yang indah merupakan gabungan dari gaya arsitektur Mamluk, Ottoman, dan Fatimid.

5. Karpet masjid yang indah merupakan hasil rajutan tangan lho

Masjid Sheikh Zayed
Karpet masjid yang indah merupakan hasil rajutan tangan lho, (Ilustrasi/Pixabay).

Gak disangka, karpet indah yang terpasang di aula doa merupakan hasil rajutan tangan. Luas karpetnya yang mencapai 5.700 meter persegi menjadikannya sebagai karpet rajutan tangan terbesar di dunia.

Kabarnya nih pembuatan karpet ini menghabiskan waktu selama 8 bulan buat merancang, 12 bulan buat menyimpul, dan 2 bulan buat penyelesaiannya. Sebanyak 1.200 pekerja dilibatkan perusahaan karpet di Iran buat merealisasikan konsep seniman Iran, Ali Khaliqi.

6. Lampu kristal megah diimpor langsung dari Jerman

Masjid Sheikh Zayed
Lampu kristal megah diimpor langsung dari Jerman, (Ilustrasi/Pixabay).

Ada tujuh lampu kristal yang memghiasi setiap sudut di masjid ini. Semua lampu kristal tersebut didatangkan dari Faustig, sebuah perusahaan lampu kristal di Jerman.

Sebagai informasi, lampu kristal yang menggantung di aula utama memiliki berat sekitar 12 ton. Lampu tersebut menjadi lampu terbesar yang digunakan Masjid Sheikh Zayed. Terus semua lampu kristalnya berlapis emas 24 karat lho.

7. Memiliki 82 kubah dalam berbagai ukuran

Masjid Sheikh Zayed
Masjid ini memiliki 82 kubah yang beraneka ragam ukurannya, (Ilustrasi/Pixabay).

Masjid ini diketahui memiliki 82 kubah dalam berbagai ukuran. Kubah dengan ukuran yang paling besar terletak di tengah aula doa utama.

Kubah dengan diameter terbesar memiliki ukuran diameter sebesar 32,8 meter dan tinggi 85 meter. Bagian dalam kubah menampilkan karya seni dari Maroko.

8. Rihanna dan Selena Gomez tuai kritik usah berfoto di depan Masjid Sheikh Zayed

Masjid Sheikh Zayed
Rihanna tuai kritikan pedas usah berfoto di depan masjid ini, (spin.com).

Penyanyi kelas dunia Rihanna dan Selena Gomez pernah mengunjungi masjid ini lho. Lalu, melakukan pemotretan di sana.

Namun, hasil foto mereka yang berlatarbelakang masjid mendapat respons negatif. Keduanya dikritik lantaran pose foto mereka dianggap provokatif.

Nah, itu tadi beberapa fakta tentang Masjid Sheikh Zayed. Dibangun dengan dana triliunan rupiah, masjid ini telah menjadi daya tarik buat orang-orang yang mengunjungi Abu Dhabi. Kamu sendiri gimana? Apakah punya impian buat mengunjunginya? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!