Dua Aturan yang Bakal Menjegal Langkah Maskapai Asing Masuk Indonesia

2 menit
maskapai penerbangan
Dua Aturan yang Bakal Menjegal Langkah Maskapai Asing Masuk Indonesia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Presiden Joko Widodo memiliki sebuah solusi buat mengatasi mahalnya tiket maskapai penerbangan di Indonesia. Cara yang dikemukakannya baru-baru ini adalah dengan mengundang maskapai asing buat beroperasi dan berkompetisi di Tanah Air.

Gagasan ini bukan sembarang omong kosong belaka. Sepertinya Presiden sudah mulai gerah dengan pemberitaan dan keluh kesah masyarakat terhadap mahalnya tiket pesawat yang terjadi belakangan.

Pemerintah sendiri telah mematok tarif batas bawah dan batas atas, tapi sayangnya, kurang efektif buat menurunkan harga, masih saja banyak masyarakat yang mengeluh.

Pertamina sendiri juga ikut berupaya keras membantu menurunkan harga tiket pesawat, yaitu dengan menurunkan harga avtur. Tapi, tetap saja upaya tersebut sia-sia, harga tiket masih mahal, jumlah pengguna pesawat juga berkurang drastis di musim mudik 2019 ini.

Pihak maskapai di Indonesia sendiri juga sudah mengeluhkan mahalnya biaya operasional. Mereka kesulitan untuk menurunkan harga kalau biaya operasional meningkat. Bahkan disebut-sebut, semua maskapai kini tengah dalam kondisi merugi.

Alasan Jokowi meminta maskapai penerbangan asing masuk adalah buat memperluas kompetisi pasar penerbangan di Indonesia. Karena selama ini, penerbangan di Indonesia hanya didominasi oleh Garuda Indonesia dan Lion Air atau duopoli yang disebut-sebut sebagai salah satu penyebab mahalnya tiket pesawat.

Harapannya masyarakat jadi lebih banyak pilihan penerbangan dan permasalahan tiket pesawat mahal bisa selesai. Tapi Menteri Perhubungan RI sendiri menyebut, maskapai penerbangan asing gak bisa asal masuk. Harus ada beberapa persyaratan yang mereka penuhi untuk bisa mengudara di Indonesia.

Baca juga: Kayak Hotel Bintang Lima, Ini 10 Kabin Pesawat Terbaik di Dunia

Masuknya maskapai asing terganjal aturan

maskapai penerbangan
Banyaknya perusahaan penerbangan asing yang bakal terganjal aturan di Indonesia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sebuah maskapai untuk bisa masuk ke wilayah negara lain tentu gak gampang. Karena biar bagaimanapun juga bisnis ini masih bersinggungan langsung dengan keamanan suatu negara, termasuk halnya bila maskapai penerbangan asing ingin masuk ke Indonesia. Harus ada syarat-syarat yang dipenuhi.

Pertama adalah perusahaan maskapai harus mendirikan badan usaha tetap di Indonesia. Kepemilikannya juga harus didominasi oleh perusahaan milik Indonesia dengan 51 persen kepemilikan, sementara 49 persen boleh dimiliki asing.

Selain itu untuk merealisasikan wacana ini, baik maskapai asing maupun Indonesia harus memperhatikan adanya asas cabotage. Asas tersebut telah disepakati oleh negara-negara di dunia yang tercantum dalam Pasal 7 Konvensi Chicago pada tahun 1994.

Di dalam asas itu disebutkan bahwa negara memiliki hak buat menolak izin kepada pesawat udara milik negara lain yang bermaksud mengambil penumpang maupun keuntungan di wilayahnya. Di industri penerbangan, peraturan itu dipegang erat-erat oleh internasional demi menjaga keamanan wilayah.

Maksudnya adalah maskapai asing gak bisa dengan bebas melayani rute domestik di suatu negara. Tapi, mereka masih bisa melayani rute internasional karena juga ada asas Freedoms of The Air. Contohnya adalah, Scoot, maskapai asal Australia itu bisa melayani rute Jakarta – Sydney, tapi gak boleh mengambil rute Jakarta – Bali.

Sebenarnya, kehadiran maskapai penerbangan asing di Indonesia bukanlah hal baru. Sebut saja ada Air Asia yang udah lebih dari 10 tahun mondar-mandir di rute-rute populer seperti Jakarta, Jogja, dan Bali. Hal ini karena perusahaan asal Malaysia itu telah berbadan hukum Indonesia dengan kepemilikan mayoritas dipegang oleh Indonesia. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!