Maskeran Alami Ala Wanita Indonesia Ini Gak Perlu Keluar Banyak Duit Lho

3 menit
Maskeran dengan bahan alami salah satu rahasia kecantikan kebanyakan wanita di Indonesia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mau maskeran gak perlu pergi ribet-ribet ke salon. Kamu bisa nih maskeran alami ala wanita Indonesia yang dijamin gak bakal bikin kantong jebol.

Nah, Indonesia emang dikenal banget dengan negara tropis yang kaya akan kekayaan rempah-rempahnya. Mulai dari Sabang sampai Marauke, punya hasil panen yang oke banget buat perawatan kecantikan.

Kamu salah satu orang yang sering banget buat maskeran? Gak perlu sih pergi ke salon setiap minggu dan keluarkan bujet khusus cuma buat maskeran.

Seperti dikutip dari Okezone.com, Indonesia emang kaya akan hasil bumi yang melimpah. Nah, biasanya sering banget dipakai bikin cantik kulit dengan cara maskeran alami menggunakan bahan-bahan yang mudah banget ditemukan di Indonesia.

Dan rahasia dapur kecantikan dengan maskeran alami ini emang udah terkenal banget dari zaman dulu. Banyak perempuan Indonesia memanfaatkan bahan-bahan alami demi menjaga pesona kecantikannya.

Mulai menggunakan kunyi, tomat, madu bahkan sampai bengkoang yang banyak tumbuh di Indonesia bisa kamu pakai nih buat maskeran. Nah, mau tahu bahan-bahan alami apa aja yang pas buat kamu maskeran tanpa banyak keluar duit? Yuk kita lihat bareng berikut ini:

1. Maskeran dengan bengkoang

Bengkoang salah satu bahan alami yang bisa dipakai buat maskeran, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, bengkoang sepertinya terkenal banget ya buat khasiatnya yang bikin wajah putih dan segar. Buah memiliki kulit luarnya cokelat muda dan bagian buahnya yang putih ini emang terkenal banget di Indonesia.

Biasanya kalau gak dipakai buat bikin asinan dan rujak, bengkoang juga digunakan buat maskeran lho. Gak perlu keluarin bujet gede buat beli bengkoang ini.

Dengan bujet kisaran Rp 15 ribu kamu udah bisa beli bengkoang dengan berat 500 gram.

2. Beras

Beras salah satu bahan yang bisa dipakai buat maskeran, (Ilustrasi/Pixabay).

Kalau biasanya beras menjadi bahan makanan pokok kita sehari-hari, ini bisa juga dipakai buat maskeran lho.

Beras mempunyai kandungan vitamin, mineral, dan asam amino yang bagus buat merawat wajah. Buat harga 1 liter beras sekarang ini beragam kok. Kamu cukup ambil sedikit aja dari persediaan beras di rumah terus olah deh jadi masker.

3. Maskeran dengan kunyit

Memilih kunyit sebagai salah satu bahan maskeran alami juga bisa, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu yang emang pengin kelihatan awet muda bisa nih pakai kunyit buat maskeran. Kunyit punya khasiat yang bagus karena mengandung vitamin B6, C, zat besi, dan magnesium.

Biasanya emang kunyit menjadi bahan pokok buat minuman jamu. Tapi kali ini kamu bisa aplikasikan ke wajah lho sebagai masker.

Gak mahal kok kalau kamu beli kunyit di pasar tradisional. Cukup mengeluarkan bujet kisaran Rp 15 ribu kamu udah bisa merawat wajah di rumah lho.

4. Masker lemon

Lemon salah satu bahan alami yang bisa dipakai buat maskeran, (Ilustrasi/Pixabay).

Jeruk lemon biasanya kamu pakai buat minuman atau makanan ya kan. Nah, lemon ini bisa banget jadi bahan maskeran alami kamu di rumah.

Lemon memiliki kadar vitamin C yang tinggi dipercaya bisa membantu mencerahkan kulit lho. Nah, coba kamu lihat di dalam kulkas rumah siapa tahu ada persediaan lemon lebih.

5. Ketan hitam

Ketan hitam bisa dijadikan salah satu bahan alami buat maskeran, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketan hitam buat maskeran? Ya, ketan hitam ini ternyata punya kandungan gula, karbohidrat, lemak, protein, dan serat jadi bisa membuat wajah kamu cerah dan gak kusam lho.

Masa iya? Coba deh kamu aplikasikan ke wajah buat maskeran alami. Dengan cara ini wajah kamu gak bakal kelihatan kusam yang ada malah cerah banget nih.

Buat harga ketan hitam emang agak mahal sih tapi kamu bisa simpan kok buat berbulan-bulan lamanya. Harga 1 liter ketan hitam itu kisaran Rp 20 ribuan lho.

Nah, mau terlihat cantik atau emang suka merawat wajah gak mesti pergi ke salon yang cukup menyita waktu. Bukan cuma menyita waktu aja, pergi ke salon juga perlu bujet lho buat melakukan perawatan wajah dengan maskeran alami.

Coba deh kamu memulai maskeran alami di rumah aja. Dengan cara ini kamu bisa menghemat pengeluaran, apalagi buat yang suka maskeran cara ini perlu dicontek.

Cara maskeran alami ini emang udah banyak banget dilakukan oleh perempuan-perempuan Indonesia dahulu kala. Gak ada salahnya kok kamu yang perempuan hidup di zaman modern mencontek gaya gimana merawat kecantikan dari resep leluhur kita. (Editor: Mahardian Prawira).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...