Dolar Hingga Rupiah, Jadi Begini Asal Usul Nama 8 Mata Uang di Dunia

4 menit
Mata uang menjadi alat pembayaran yang sah di pelbagai dunia (Shutterstock).

Mata uang merupakan alat pembayaran untuk melakukan transaksi jual beli yang digunakan oleh seluruh negara di dunia dan setiap negara memiliki nama mata uang yang berbeda-beda.

Nah, pernah gak sih kamu bertanya-tanya, dari mana sih asal usul mata uang yang ada di dunia. Kenapa dolar dinamakan dolar? Kenapa mata uang Indonesia, namanya rupiah? Dan berbagai pertanyaan lainnya.

Ya, kalau berbicara tentang nama mata uang memang selalu menarik untuk disimak, mulai dari desain mata uang terunik dan teraneh di dunia hingga mata uang terkeren.

Tapi kali ini MoneySmart ingin membahas tentang asal usul nama mata uang di dunia, mulai dari dolar hingga rupiah.

Penasaran apa saja nama mata uangnya dan sejarah dibalik pemberian nama tersebut? Berikut delapan di antaranya:

Baca juga: Jalan-Jalan ke Singapura, Jangan Lupa Kunjungi Pusat Belanja Murah Ini Ya!

1. Euro

Euro (Shutterstock).

Hampir seluruh negara di Uni Eropa menggunakan euro sebagai mata uangnya. Kata euro sendiri dipilih karena memang jelas merujuk pada Eropa.

Euro sendiri mulai dipakai sejak 1 Januari 1999, tetapi secara fisik baru digunakan tiga tahun ke depan tepatnya pada 1 Januari 2002. Terdapat dua jenis bentuk mata uangnya yaitu kertas dan logam.

2. Pound sterling

Pound Sterling (Shutterstock).

Nama mata uang pound sterling atau pound berasal dari bahasa latin yaitu “pondus” yang berarti berat. Sedangkan, dalam bahasa Inggris Kuno, pound adalah satuan berat yang disamakan dengan berat Romawi Kuno yaitu libra.

Itulah mengapa, simbol uang mata uang Britania Raya ini adalah “£” yang merujuk pada angka “L “ pada libra.

Baca juga: Buka 24 Jam Tanpa Henti, Big Bad Wolf 2019 Targetkan 1 Juta Pengunjung

3. Ringgit

Ringgit Malaysia (Shutterstock).

Ringgit merupakan nama mata uang negara Malaysia yang sudah resmi digunakan sebagai alat transaksi pembayaran sejak tahun 1975.

Nama ringgit sendiri berasal dari sisi bergerigi pada koin perak Spanyol yang dipergunakan pada zaman dulu. Nah, di Malaysia itu bergerigi disebut sebagai ringgit yang kemudian menjadi nama mata uang Negeri Jiran itu.

4. Riyal

Riyal (Shutterstock).

Di negara Oman dan Iran, rial berasal dari kata regalis yang berarti royal. Sedangkan dari bahasa Arab, Riyal memiliki arti nyata.

Nama tersebut juga umum digunakan sebagai nama koin perak besar dari Eropa yang kemudian menjadi nama mata uang Arab Saudi, Qatar, Iran dan Oman.

Baca juga: Lakukan Hal Ini Jika Ingin Menjadi Kaya Raya Saat Tua Nanti

5. Rupee

Rupee (Shutterstock).

Beberapa negara di Asia menggunakan rupee sebagai mata uang mereka, sebut saja India, Pakistan hingga Nepal.

Rupee yang awalnya berupa koin perak ini berasal dari bahasa Sansekerta yaitu rupya yang artinya koin perak yang akhirnya meminjamkan namanya untuk dipakai India dan Pakistan sebagai nama mata uang mereka

6. Yen

Yen (Shutterstock).

Yen merupakan nama mata uang Jepang yang diambil dari bahasa Cina yaitu yuan. Yuan sendiri memiliki arti sesuatu yang bulat, lingkaran dan koin.

7. Dolar

Dolar AS (Shutterstock).

Dolar merupakan mata uang yang digunakan oleh beberapa negara di dunia, mulai dari Amerika Serikat, Singapura, Australia dan lainnya.

Kata dolar awalnya berasal dari bahasa Flemish, utara Belgia yaitu joachimsthal yang merujuk pada bukit Joachim yang tak lain adalah tempat penambangan perak.

Nah, koin yang ditambang dari tempat tersebut disebut joachimsthaler yang kemudian disingkat menjadi thaler dan akhirnya disebut dolar.

Dolar pertama kali dicetak secara resmi pada 1792. Sementara simbol ($) sendiri adalah varian dari peso atau potongan dari angka delapan.

8. Rupiah

Tumpukan uang jenis Rupiah (Shutterstock).

Rupiah yang merupakan nama mata uang negara Indonesia berasal dari bahasa Sanksrit atau Sansekerta yaitu rupiya yang berarti perak.

Penggunaan bahasa Sansekerta dikarenakan oleh pengaruh budaya India yang sangat kuat dan berkuasa semasa kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara ratusan tahun yang lalu.

Itu dia delapan sejarah atau asal usul pemberian nama mata uang di dunia. Uniknya, beberapa nama justru berasal dari bahasa negara lain. Gimana menurut kamu nama mata uang tersebut? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan