Mau Buka Usaha Kecil-Kecilan dengan Modal Gak Lebih dari Rp 10 Juta, Tapi Tabungan Gaji Jadi Karyawan Gak Cukup, Gimana Dong?

5 menit
mau buka usaha

‘Aduh Den, lo salah lagi nih, bukan halaman 1-10 yang diprint-out, fokus dong!’ Reza menegur Deni yang udah 3 kali salah ngeprint lembar kerjaan. ‘Sori bro, iya nih, gue lagi jenuh bingits sama kerjaan yang gini-gini aja.’

Oh, ternyata Deni tuh lagi bosen abis sama kerjaannya, pemirsaahh!

Wajar sih, sejak lulus kuliah sampai sekarang, sudah 7 tahun Deni kerja di perusahaan yang sama. Sebenarnya di perusahaan ini Deni betah banget. Gimana gak! Atasannya sering traktir dan gak ribet soal kerjaan.

Fasilitas lengkap, mulai asuransi kesehatan, uang pulsa, tunjangan hari raya sampai bonus tahunan disediakan oleh pihak manajemen. Kurang apalagi coba?

Emang ya, memiliki kerjaan tetap sebagai karyawan kantor dengan fasilitas yang lengkap bakal bisa bikin siapa aja ngerasa betah dan nyaman. Tapi yang namanya titik jenuh itu gak bisa dihindari bro.

Kalau sudah begitu, biasanya kita mulai kepikiran untuk bikin usaha kecil-kecilan? Pikirannya sejenak mencoba lari dari kejenuhan jadi karyawan. Ya gak?

Well, gak ada yang salah dengan itu. Hampir semua karyawan begitu kok. Lantas, musti ngapain kalau udah mulai sering bengong mimpiin jadi wirausahawan/wati?

mau buka usaha

Aku ingin bebassss, eits sabar bro, siapin dulu pelan-pelan ya (Karyawan / WordPress) 

Gak harus langsung berhenti dari kerjaan juga sih. Apalagi kalau baru merintis dan belum pengalaman buka usaha. Kalau belum yakin soal keuntungan dari usaha yang bakal dibuka, mulai dari bikin usaha sampingan aja dulu. Saat sudah berhasil baru deh resign dan fokus di usaha tersebut.

Soal modal gimana nih bro? Kalau nunggu modal dari tabungan hasil menyisihkan sebagian dari gaji tiap bulan, buka usaha mungkin cuma mimpi. Bisa tertunda sampai waktu yang gak tentu.

Gak ada salahnya mulai dari usaha skala kecil dulu. Yang penting mulai!

Usaha skala kecil itu bisa dirintis dengan modal yang gak lebih dari Rp 10 juta dulu deh. Oke, lalu bisa dapetin modal Rp 10 juta dengan waktu yang relatif cepat dan gak ribet itu dari mana gan?

test1

Sekarang gak cuma lewat cara konvensional kok untuk dapetin fasilitas pinjaman dana tunai, yang online juga ada, tinggal pilih. Eits, bukan berarti semudah membelah semangka lalu melahapnya bro!

Biar gak salah pilih dan terjebak memilih fasilitas peminjaman dana tunai online, ada baiknya kamu pertimbangkan hal-hal berikut ini dulu deh.

1. Cermat ngumpulin informasi

Teknologi makin maju, otak dan akal kita juga kudu ikutan maju, bukan mundur kayak undur-undur. Sebelum ambil keputusan, wajib kumpulin dulu deh informasi sebanyak yang kamu bisa tentang penyedia pinjaman dana tunai online.

mau buka usaha

Gunain internet buat hal-hal yang bermanfaat, bukan buat cari gombalan buat modusin gebetan ya (Google / Blogspot) 

Punya gadget jangan cuma buat main COC doang, browsing informasi penting lah. Selain itu ada gunanya punya teman banyak. Rajin nanya-nanya, siapa tahu aja ada yang udah punya pengalaman pinjam dana tunai online. Malah bisa dapet testimoni langsung yang akurat tuh.

Bandingkan, mana yang paling sesuai dengan keuangan kamu. Karena meminjam dana erat kaitannya dengan membayar cicilan setiap bulannya.

2. Cek legalitas

Ingat ya, yang kita bicarakan di sini masalah duit, jadi pemerintah pasti juga punya aturan yang jelas bagi para lembaga keuangan. Jangan sampai memilih lembaga peminjaman dana yang gak jelas izin operasinya. Bisa jadi ilegal loh.

Sebagai warga negara yang baik, kamu wajib menaati peraturan. Sama halnya saat kamu ingin meminjam dana tunai di lembaga keuangan selain bank, pilih yang legal dong. Emang mau buka usaha dengan meminjam dari lembaga keuangan yang ilegal? Pikirkan dampak buruk yang bisa terjadi ke depannya.

3. Cek transparansi

Satu hal penting lain yang wajib diperhatikan sebelum ngajuin peminjaman dana online, transparansi gak pakai tapi. Transparan di sini maksudnya dalam hal penetapan aturan. Semua harus jelas dan terang bagai air kolam yang jernih, ceilee…

Ini serius bro, contoh aja aturan tentang mekanisme denda dan penyelesaian utang saat tetiba gak sanggup melunasi. Kamu mau sewaktu-waktu dihadang sama cowok-cowok berbadan segede bis dan berkumis nagih pembayaran. Ampun dijeee…

mau buka usaha

Ampun bang, jangan dikitikin ye bang kalo belum bisa bayar (Mafia / Blogspot)

Kamu juga harus tahu alamat jelas kantor peminjam dana online yang dipilih. Jangan mentang-mentang online trus gak bisa diakses di dunia nyata dong. Emangnya hantu, hiiiy…

4. Kalkulasi cicilan dan lainnya

Namanya juga pinjam duit, harus dibalikin dong, kalau gak dibalikin itu namanya ngerampok. Jangan lengah sama yang namanya cicilan per bulan karena pasti ada bunga. Kalkulasi dulu berapa jumlah cicilan yang setiap bulan harus kamu bayar kembali.

Kalau semisal pinjaman Rp 10 juta dengan suku bunga per tahun 36% dan tenor 12 bulan, berarti cicilan per bulan yang harus dibayar sebesar Rp 1.167.833. Ini harus kamu pikirkan, jangan sampai ada yang namanya telat bayar karena pasti kena denda.

test1

Selalu cek berapa biaya admin, suku bunga, denda keterlambatan dan biaya pelunasan dipercepat. Kalau kamu mengabaikan elemen-elemen tersebut, jangan misuh-misuh pas disodorin tagihan cicilan per bulannya.

Pilih jenis usaha yang sebisa mungkin mendatangkan profit, karena kalau gak, ya bisa amsyong dong. Udah pinjem, berbunga pula eh duit pinjaman yang dijadikan modal habis gitu aja tanpa hasil. Setidaknya bisa balik modal udah lumayan sih sebagai permulaan.

mau buka usaha

Pusing pala barbie, untung kagak, balik modal kagak, sakit hati adek bang… (Siluet Merenung / Klimg) 

Pertimbangkan dan konsultasi deh sama teman-teman yang juga sedang merintis usaha atau pernah punya pengalaman usaha. Jangan malas cari info karena menjalankan usaha gak seenak dan semudah yang kamu bayangkan.

Makanya gak boleh sembarangan dan asal cap cip cup kembang kuncup. Selektif itu wajib hukumnya kalau sudah menyangkut soal memilih jasa peminjaman dana tunai online. Banyak yang bener sih, tapi gak sedikit yang akhirnya mencekik leher alias rentenir.

Jangan kalap dan dibutakan oleh nafsu ingin buka usaha dengan cara mudah dan cepat. Lalu menjatuhkan pilihan ke penyedia pinjaman dana online yang salah. Dijamin bakal bikin tidur gak nyenyak, makan gak enak atau bahkan membawa petaka. Oh no, mau untung malah buntung!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Seberapa Aman Fitur Pinjaman Dana Online Kenalan Dulu Yuk]

[Baca: Mana yang Lebih Cocok Buatmu KTA Konvensional atau Pinjaman Dana Online]

[Baca: Yuk, Saling Berbagi Pengalaman dan Berdiskusi tentang Cara-Cara Berbisnis!]

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan