Banner ImageBanner Image

Hal-hal Ini kalau Dilakukan Bikin Kamu Berpotensi Menjadi Orang Kaya

3 menit
Hal-hal Ini kalau Dilakukan Bikin Kamu Berpotensi Menjadi Orang Kaya, (Ilustrasi/Pexels.com).

Banyak orang bakal menjawab “Iya” begitu ditanya pengin cepat kaya atau gak. Wajar aja sih banyak orang yang kepengin kaya. Soalnya dengan banyak uang, banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari traveling keliling dunia hingga beli tanah berpuluh-puluh hektare.

Gak sedikit yang bilang kunci sukses dari cepat kaya adalah kerja keras. Seperti yang disampaikan pengacara kondang Hotman Paris, kerja keras adalah resep dari kesuksesan dan kekayaan yang dimilikinya saat ini.

Baca juga: Jadi Orang Terkaya di RI, Begini Cara Eka Tjipta Widjaja Bagi-bagi Duit

Selain kerja keras, keinginan cepat kaya bisa terwujud dengan menyelesaikan beberapa tahapan finansial berikut ini. Dikutip dari Entrepreneur, inilah tahapan-tahapannya, mau tahu apa aja? Yuk, kita simak bareng-bareng di bawah ini: 

1. Mulai menabung begitu punya penghasilan

Mulai menabung begitu punya penghasilan, (Ilustrasi/Pexels.com).

Menabung pangkal kaya makanya mulailah menabung. Begitu menerima penghasilan, selalu sisihkan uang buat ditabung. Sayangnya, udah tahu banyak keuntungannya, masih ada aja yang enggan memulainya.

Padahal, menabung itu gak sulit-sulit banget lho. Sisihkan 10 – 20 persen dari gaji tiap bulan udah cukup bikin kamu punya tabungan.

Jangan dianggap tabungan ini sekadar tabungan biasa ya! Uang yang kamu sisihkan tersebut bertujuan buat mengembangkan dana darurat.

Dana darurat itu penting dan perlu dalam keuangan. Memiliki dana darurat bisa bikin kondisi keuangan tetap terjaga kesehatannya. Terus kalau ada kejadian tertentu yang merugikan, dana darurat ini bisa dipakai buat meminimalkan risikonya.

Baca juga: Berkekayaan Rp 120 Triliun, Ini Kerajaan Bisnis yang Diwariskan Eka Tjipta

Lalu, berapa besar dana darurat yang harus dimiliki? Minimal besaran dana darurat yang harus kamu punya mencapai 6 – 9 kali pengeluaran bulananmu. Semakin besar tentu aja semakin baik.

2. Tiap terjadi kenaikan inflasi, naikkan besaran tabungan

Tiap terjadi kenaikan inflasi, naikkan besaran tabungan, (Ilustrasi/Pexels.com).

Inflasi itu emang kudu diwaspadai. Sebab tabungan yang susah payah kamu bangun tergerogoti jadinya.

Supaya hal buruk tersebut jangan sampai terjadi, perbesar nilai tabungan yang kamu miliki. Perbesar tabungan bikin nominal terhindari dari penggerusan inflasi.

Seperti yang kamu tahu, naiknya inflasi berarti harga-harga barang menjadi naik. Ini menjadi sinyal buat semua orang bahwa penghasilan mereka juga harus naik agar masih bisa menjangkau kebutuhan-kebutuhan tiap bulannya.

Baca juga: Seharga Rp 600 Juta, Jam Tangan Fadli Zon Sama Seperti Seleb-seleb Kaya Ini

Begitu pun dengan nilai tabungan. Juga harus naik dan menyesuaikan dengan kenaikan inflasi tersebut. Dengan begitu, cepat kaya bukan menjadi hal yang mustahil.

3. Habiskan uang secara bijak

Habiskan uang dengan bijak ya saat berbelanja, (Ilustrasi/Pexels.com).

Tahapan selanjutnya adalah soal gimana kamu menghabiskan penghasilanmu. Jika kamu dikatakan boros selain karena gampang mengeluarkan uang, juga suka sekali membeli barang-barang yang gak penting-penting banget.

Misalnya aja nih perlu gak sih beli kaos baru sementara kaos yang dipakai saat ini masih bagus alias masih layak? Membeli kaos baru dengan alasan tampilannya bagus bukan alasan yang bisa diterima dalam pertimbangan finansial.

Dalam pertimbangan finansial, hal yang paling penting adalah apakah kaos tersebut berfungsi sebagaimana mestinya atau gak. Terus apakah harganya sebanding dengan keunggulannya atau gak.

Dengan menggunakan pertimbangan-pertimbangan tersebut, kamu lebih bijak dalam menghabiskan uangmu. Jalan buat cepat kaya terbuka lebih lebar deh jadinya.

4. Setop beli barang kalau tujuannya buat mengesankan orang lain

Setop beli barang kalau tujuannya buat mengesankan orang lain, (Ilustrasi/pexels.com).

Kalau beli barang bertujuan buat gengsi semata, jangan berharap bisa cepat kaya dengan pemikiran tersebut. Soalnya mengikuti selera pasar atau memuaskan keinginan orang lain cuman bakal bikin kamu tekor terus.

Percaya deh. Gak ada cerita orang-orang yang penghasilannya biasa-biasa aja begitu beli barang mewah atau branded mendadak jadi orang kaya. Gak pernah dengar kan cerita yang seperti itu?

Seperti yang disampaikan di atas tadi, berpikirlah dengan pertimbangan finansial. Kamu bakal membeli barang dengan melihat fungsinya dan sebanding atau gaknya kualitas yang diberikan dengan harganya.

Nah, itu tadi kebiasaan-kebiasaan finansial yang bisa bikin kamu cepat kaya. Tinggal dilakukan dan jadikan kebiasaan yang selalu dan selalu kamu lakukan setiap waktu. Sukses atau gaknya tergantung seberapa disiplin melakukannya. Selamat mencoba! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan