Mau Ikut Bantu Lunasi Utang Negara, Yuk Simak Cara Ini, Nomor 5 Wajib Ditiru!

3 menit
Utang negara (ilustrasi).

Melihat berita akhir-akhir ini yang menyebutkan utang negara mencapai Rp 5 ribu triliun tentu  bikin shock. Angka tersebut berkali-kali lipat bertambah dibandingkan awal utang luar negeri Indonesia saat tahun 1960. Saat itu, utang negara “cuma” berada di angka Rp 21,25 triliun.

Emang sih perlu diketahui bahwa meskipun pertambahan utang negara terjadi sampai Rp 5 ribu triliun gitu namun angkanya gak lebih dari batas rasio utang wajar. Yap! Angka tersebut gak lebih dari aturan undang-undang yaitu 60 persen dari PDB (produk domestik bruto).

Udah gitu, utang-utang tersebut pun digunakan buat pembangun berbagai infrastruktur buat kota-kota besar dan kecil di Indonesia. Jadi, gak ada yang namanya sia-sia, kok.

Nah, meskipun utang negara jadi tanggung jawab negara namun ada baiknya sebagai warga negara yang baik tentu ikut membantu. Sebab yang namanya warga negara tentu adalah bagian dari negara itu sendiri, bukan?

Ternyata sebagai warga negara yang baik, kamu bisa banget bantu lunasi utang negara tersebut. Berikut lima cara yang bisa kita sama-sama lakukan buat Tanah Air.

1. Taat bayar pajak

Taat bayar pajak (Ilustrasi).

Ini adalah cara paling simpel buat bantu negara lunasi utang-utangnya. Sebab, pendapat negara salah satunya tentu dari pajak. Kamu bisa bayar pajak kendaraan, pajak bumi dan bangunan, dan berbagai kewajiban pajak lain. Dari sanalah negara punya dana buat bangun berbagai infrastruktur.

Sayangnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani sempat mengungkapkan bahwa rasio pembayaran pajak di Indonesia ternyata cuma 11 persen doang. Duh, miris ya!

2. Gemar menabung

Menabung (Ilustrasi).

Dengan menabung, uang masyarakat bakal dihimpun dan bakal dikelola. Nah, dengan cara ini sebenarnya secara gak langsung kamu kasih kesempatan negara buat mengurangi utang luar negeri.

Lagipula, selain buat negara, gemar menabung tentu bantu kamu buat gak bergantung pada orang lain.

3. Cari donatur luar negeri

donatur (ilustrasi).

Asal tahu aja, Bill Gates pernah jadi donatur buat bayar utang luar negeri Nigeria sebesar Rp 950 miliar tahun 2014 silam. Saat itu, Nigeria meminjam dana dari Jepang buat pemberantasan polio di negeri mereka.

Emang sih donatur seperti itu biasanya gak melunaskan utang negara dalam jumlah yang signifikan banyak. Namun, lumayan kan buat bantu sedikit-sedikit.

4. Jalin kerjasama Internasional

Menjalin kerjasama internasional (Ilustrasi).

Kadang kala kamu gak harus anti banget sama negara-negara lain. Jalinan kerjasama Internasional bisa sangat membantu dalam artian tentu menguntungkan kedua belah pihak.

Contoh, Sri Lanka yang juga punya utang luar negeri cukup fantastis. Negara tersebut menggandeng Cina buat mengelola pelabuhan Hambantota. Uang kesepakatan tersebut bernilai US$ 1,1 miliar atau setara Rp 16 triliun. Nah, uang itu bisa digunakan oleh Sri Lanka buat bayar utang luar negeri mereka.

5. Aksi galang dana

Bentuk organisasi penggalangan dana bikin sumbangan semakin terarah (Ilustrasi by Shutterstock).

Cara ini emang kurang lazim sebenarnya. Namun, ada benarnya juga. Salah satu negara yang sempat viral lakukan cara ini adalah Malaysia.

Beberapa bulan lalu muncul aksi penggalangan dana bertajuk “Please help Malaysia!”. Penggalangan dana tersebut bertujuan buat bayar utang Malaysia yang mencapai Rp 3.595 triliun. Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad bahkan memotong gaji kabinetnya sampai 10 persen.

Hingga kini, aksi galang dana tersebut mencapai angka US$ 3600 atau setara Rp 54 juta. Gak seberapa sih namun niatnya patut dapat apresiasi. Coba hitung aja berapa jumlah penduduk di Indonesia yang masih lebih banyak daripada Malaysia. Pasti bisa deh!

Nah, gimana?

Dari cara-cara di atas, kamu mau pakai cara yang mana nih? Emang sih cara tersebut gak seratus persen menyelesaikan utang negara namun hal tersebut menunjukkan solidaritas bangsa. Bukan gitu?

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong