Mau Investasi Online Modal Rp 1 Juta? Ini 5 Pilihannya

4 menit

Punya uang Rp 1 juta dan masih bingung untuk apa? Coba investasi online aja. Kamu yang malas mengantre di bank atau gak punya banyak waktu untuk berpergian, jenis investasi ini jelas bisa mempermudah hidupmu.

Buat mulai jadi investor gak perlu nunggu jadi jutawan dulu kok. Dengan  Rp 1 juta pun udah bisa jadi modal kamu berinvestasi. Kamu yang masih bingung mau investasi apa dan di mana, MoneySmart punya 5 pilihan investasi online bermodalkan Rp 1 juta. Berikut ini pilihannya.

1. Investasi Emas

Investasi Online
(Image: sahabatpegadaian)

Emas merupakan salah satu instrumen investasi favorit di Indonesia. Sifat emas yang likuid sehingga mudah diuangkan kembali dan fluktuasi harga emas yang berpeluang meningkat tiap tahun jadi faktor utamanya.  Nah, saat ini investasi emas bisa dilakukan secara online juga, lho.

Investasi emas online artinya kamu membeli emas dalam bentuk virtual. Emas fisik baru bisa kamu miliki setelah melakukan order cetak dengan membayar sejumlah biaya cetak.

Telah banyak platform yang menawarkan investasi emas online. Kamu bisa mencoba Tamasia dan Buka Emas dari Buka Lapak.

Salah satu trik berinvestasi emas secara online adalah menargetkan total gram tertentu untuk dicetak dan disimpan sendiri. Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi jika ada hal buruk terjadi pada perusahaan investasi tersebut.

2. Reksadana online

Investasi Online
(Image: SepenggalInfo)

Saat ini sudah banyak manajer investasi yang melakukan penjualan reksadana secara online. Kalau ingin memilih reksadana dari berbagai macam manajer investasi, kamu juga bisa mengunjungi “supermarket reksadana”, seperti Philip Securities Indonesia (POEMS), IPOTFUND milik Indo Premier, atau Bareksa .

Ketiga jenis supermarket reksadana di atas menawarkan modal minimum investasi yang cukup terjangkau, dari Rp 50 ribu sampai Rp 1 juta.

Jika sudah menentukan “pasar” yang ingin kamu datangi, barulah pilih produk reksadana yang ingin kamu beli. Misalnya, jika kamu tertarik membeli reksadana di Bareksa, silakan pilih produk reksadananya. Di sini, harga produk bervariasi mulai dari Rp. 100 ribu.

Untuk mengetahui kisaran keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan modal Rp 1 juta di Bareksa, kamu bisa melihatnya melalui simulator ini.

3. Investasi online P2P lending

Investasi Online
(Image: Nusamania)

Dengan Rp 1 juta, kamu juga bisa menjadi investor Peer to Peer lending (P2P). Secara sederhana, P2P lending adalah perusahaan yang mempertemukan para pemberi pinjaman (investor) dan para pencari pinjaman (borrower).

Ada banyak sekali investasi P2P lending yang telah terdaftar OJK, seperti Koinworks, Amartha, Investree, dan lainnya. Tak sedikit perusahaan yang mematok minimun investasi di angka Rp 100 ribu.  

Biasanya, P2P lending memberikan bunga yang cukup tinggi, sehingga potensi risikonya pun juga tinggi. Sebagai investor P2P lending kamu perlu tahu profil calon peminjam dan memahami kebijakan mengenai risiko gagal bayar yang dimiliki perusahaan, serta potensi hasil investasi dan potensi risiko sebelum mulai berinvestasi.

[Baca: Pinjaman Online Langsung Cair Tanpa Jaminan, Ini 8 Pilihannya]

4. Investasi Saham

Investasi Online
(Image: Ellen-May)

Saham merupakan investasi jangka panjang yang bisa kamu pilih juga. Kalau dulu investasi saham identik dengan nominal puluhan juta, kini investasi saham dapat dilakukan mulai dari Rp 100 ribu saja.

Dengan uang Rp 1 juta, jika membeli saham seharga Rp 1000/lembar, kamu bisa mendapatkan 1000 lembar saham alias 10 lot.

Pilih perusahaan sekuritas yang memiliki fasilitas aplikasi atau situs online trading mumpuni,  seperti BNI Sekuritas, Henan Putihrai Sekuritas (HP Sekuritas), dan Indo Premier Sekuritas. Beberapa sekuritas ini menawarkan pilihan investasi dengan minimal setoran awal Rp 1 juta.

[Baca: Investasi Menguntungkan dengan Modal Rp 10.000? Begini Caranya]

5. Deposito

Deposito online jadi solusi terbaik buat kamu yang malas mengantre di bank. Buat kamu yang mau sesuatu yang pasti-pasti aja, deposito adalah pilihan teraman. Namun, profit yang didapatkan pun tidak setinggi pilihan investasi lain.

Hampir setiap bank telah memiliki fasilitas deposito online. Kamu hanya perlu mengecek bank yang menawarkan minimal pembukaan rekening deposito mulai Rp 1 juta, seperti Bank Mandiri. Syarat minimal pembukaan deposit online di Bank Mandiri jauh lebih rendah dibanding pembukaan deposito di kantor cabang yang sebesar Rp 10 juta.

[Baca: Investasi Online Produk Pertanian, Emang Ada? Cek 4 Situs Ini]

Itulah 5 jenis investasi online yang bisa kamu pilih. Sebelum berinvestasi, ada baiknya kamu tentukan dulu tujuan investasi dan menetapkan target yang ingin kamu capai untuk menentukan jenis dan periode waktu investasi yang akan kamu pilih. Pastikan juga untuk memilih perusahaan sekuritas yang telah terdaftar OJK yah.

Gimana, udah siap berinvestasi atau udah punya pengalaman berinvestasi online modal Rp 1 juta?

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!