Mau Investasi Saham? Ini 3 Sektor yang Diprediksi Menjanjikan Tahun 2018

Investasi saham memang terkenal dengan istilah high risk high returns alias risiko gede, tapi balik modal juga gede. Untuk meminimalisir risiko tersebut, tentu kamu harus tahu saham mana yang dianggap jagoan, alias yang harganya gak bakal merosot tahun 2018.

Menurut perbincangan Duitpintar dengan dua analis saham di Indonesia, harga saham dari tiga industri ini diprediksi bakal stabil tahun 2018. Dan gak nutup kemungkinan juga saham-saham dari industri ini bakalan jadi tren lho.

[Baca: Menabung dengan Saham? Seberapa Menguntungkan Tuh?]

So, gak salah pastinya untuk investasi saham dengan membeli saham-saham di tiga industri ini. Penasaran sama industri dan saham-sahamnya? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Komoditas

Investasi Saham
Karena kinerja tambang batu bara ini lagi bagus-bagusnya, maka membeli saham-saham perusahaan di sekor ini bisa jadi cuan!
(Ekbis.rmol)

Menurut analis saham dari FAC Sekuritas, David N Sutyanto, sektor komoditas bakal jadi salah satu yang paling top di 2018. Mengapa demikian? Karena harga batu bara saat ini juga sudah mulai stabil begitupun devaluasi yang rendah.

David menyebutkan pula bahwa ada beberapa saham kuat yang bisa jadi acuan untuk investasi tahun depan. Saham itu antara lain adalah saham Adaro, PTBA, dan UNPR.

Hal itupun dibenarkan oleh Kiswoyo, analis Recapital Sekuritas. Menurut Kiswoyo, saham industri minyak sawit alias CPO juga bakal jadi tren di tahun 2018 lho. Mengingat pada semester I, umumnya harga saham perusahaan yang bergerak di bidang CPO cenderung naik.

Kiswoyo menambahkan, saham-saham CPO yang paling stabil yang bisa dipilih adalah PT Eagle High Plantation (BWPT), Gozco (GZCO), dan PT Perkebunan London Sumatra Indonesia (LSIP).  Wah sudah ada refrensi saham-saham yang topnya nih. Gak bingung lagi deh tahun depan mau investasi saham mana.

2. Perbankan

Investasi Saham
Sampai kapanpun, sektor perbankan memang menjanjikan. (Merdeka)

Dua analis di atas juga menyebutkan bahwa saham industri perbankan yang memiliki kinerja baik di tahun ini, bakal tetap jadi jagoan di tahun depan. Ya wajar saja sih, laba bersih bank-bank yang ada juga kian meningkat.

Contohnya seperti Bank Tabungan Negara (BTN) yang labanya meningkat 21,9 persen per Juli 2017. Itulah mengapa David menyebutkan bahwa saham BTN ada di urutan pertama dari saham lainnya.

Setelah BTN, David pun merekomendasikan saham dari bank-bank BUMN lainnya seperti Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank Negara Indonesia (BNI). Selain ke-empat bank plat merah tersebut, tentu saja satu lagi adalah Bank Central Asia.

3. Consumer Goods

Investasi Saham
Saham consumer goods juga diprediksi jadi andalan di tahun depan lho. (Investadvocate)

Sektor industri yang terakhir adalah consumer goods atau industri barang konsumsi. Kinerja industri consumer goods juga terbilang cukup baik belakangan ini.

Kiswoyo menjelaskan, Pemilihan Kepala Daerah alias Pilkada lah yang berkontribusi dalam penguatan nilai saham di industri ini. Karena adanya Pilkada maka banyak perusahaan consumer goods yang rela mengeluarkan bujet marketing cukup besar untuk memasang iklan di media.

Dengan tingginya visibiltas di media, tentu saja brand awareness produk-produk mereka bakal meningkat. Hal itu tentu diikuti juga dengan penjualan retailnya. Beberapa saham consumer goods yang nilainya stabil antara lain adalah, Unilever, Indofood, dan KALBE.

Itulah tadi, tiga industri yang diperkirakan bakal menarik untuk para investor saham di tahun 2018. Buat kamu yang belum yakin untuk investasi saham, mungkin bisa coba untuk investasi di reksadana saham.

[Baca: Ini 10 Reksadana Saham Terbaik 2017 dengan Return Sampai 28%]

Patut diketahui lho, kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) belakangan ini juga melaju kencang lho. Pada 9 Desember 2017, IHSG ditutup di level 6.030,9.

So, kalau sudah paham aturan mainnya, tunggu apalagi. Yuk investasi saham sekarang juga.

[Baca: Jangan Takut Investasi Saham, Kalau Bisa Kenapa Nggak]

akbar
akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560