8 Perusahaan Besar Ini Mengizinkan Karyawannya Kerja dari Rumah, Minat?

4 menit
Mau Kerja dari Rumah? Coba ke Perusahaan Besar Ini Saja (Shutterstock).

Umumnya yang namanya bekerja itu harus datang ke kantor dan melakukan rutinitas yang biasa dilakukan setiap harinya. Namun ternyata ada beberapa perusahaan besar dunia yang mengizinkan para karyawannya untuk kerja dari rumah atau biasa yang dikenal dengan istilah remote work.

Dari kesepuluh brand yang masuk dalam daftar tersebut ternyata masih didominasi oleh merek-merek besar yang udah merambah ke kategori perusahaan multinasional. Diantaranya malah ada yang beroperasi di Indonesia lho!

Penasaran ada aja? Mending kita langsung lihat aja nih korporasi mana yang membolehkan para karyawannya untuk kerja dari rumah berikut ini:

Baca juga: 4 Hal yang Umum Membuat Produktivitas Kerja Kita Memble, Yuk Kenali Sekarang

1. Randstad

Kerja dari rumah
Randstad (Shutterstock).

Mengutip dari Business News Daily, perusahaan pertama yang membolehkan pegawainya kerja dari rumah adalah Randstad.

Randstad sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang sumber daya manusia atau Human Resources guna memasok para pekerja ahli yang siap bertugas bila diperlukan.

Berdiri di kota Diemen, Belanda, pada tahun 1960 Randstad bahkan pernah menjadi salah satu sponsor tim balap F1 Williams di 2006. 

2. AT&T

Kerja dari rumah
AT&T

Bermarkas di kota Dallas, Amerika Serikat, ada raksasa teknologi dunia yakni AT&T yang berdiri pada tanggal 5 Oktober 1983.

Jaringan bisnis dai AT&T terbilang cukup banyak ada media massa, telekomunikasi sampai dunia entertainment. Mayoritas dari kamu juga pasti udah pernah mendengar brand yang satu ini, kan? 

Baca juga: Perusahaan Dunia yang Jadi Impian Pekerja Tahun 2019, Sudah Jadi Karyawan di Sini?

3. Xerox

Kerja dari rumah
Xerox

Masih dari dunia teknologi ada Xerox yang menjual berbagai macam jenis printer dan produk dokumen digital. Perusahaan Xerox berkantor pusat di New York, Amerika Serikat, ini diketahui membolehkan para pekerjanya untuk kerja dari rumah.

Berdiri pada tahun 1906 lalu membuat pengalaman yang udah sangat lama tersebut kelebihan dibandingkan kompetitor lainnya.

4. Dell

Kerja dari rumah
DELL

Mendengar merek Dell pasti kamu langsung mengenal perusahaan yang satu ini. Atau malah kamu pernah menggunakan produk laptopnya?

Dell emang memiliki bisnis utama di bidang komputer, laptop serta server. Beberapa saingan lain yang mereka miliki adalah Acer, Asus dan HP untuk pasar Tanah Air.

Selain 3 produk utama di atas Dell juga mulai mengepakkan sayapnya ke bidang lain seperti smartphone dan televisi rumahan. Hanya aja pamornya masih kalah dengan brand lainnya.

5. Wells Fargo

Kerja dari rumah
Wells Fargo (Shutterstock).

Bergerak di bidang perbankan, kartu kredit dan keuangan lainnya gak menghalangi Wells Fargo untuk menerapkan kebijakan pegawainya kerja dari rumah.

Perusahaan ini bagi orang Indonesia mungkin terdengar sangat asing karena belum menjajakan kakinya di Tanah Air. Tetapi di Negeri Paman Sam Wells Fargo udah menjadi sebuah perusahaan bank yang terbilang sukses.

Bahkan namanya sempat masuk dalam jajaran 50 perusahaan asal Amerika Serikat terbesar berdasarkan keuntungan yang didapatkan. 

6. IBM

Kerja dari rumah
IBM (Shutterstock).

Nomor 6 ada korporasi IMB yang lagi-lagi bergerak di bidang IT. Seperti yang kita ketahui bahwa perusahaan yang berpusat di kota New York, Amerika Serikat, ini adalah pemimpin pasar industri di lebih dari 170 negara di dunia.

Penggerak keuangannya dipacu oleh penjualan jasa software, hardware bahkan sampai layanan konsultan.  Kebutuhan akan penguasaan teknologi bagi perusahaan konvensional menjadi alasan kenapa mereka bisa meraup cuan triliunan rupiah setiap tahunnya.

Sampai tahun 2018 jumlah karyawan yang dimilikinya dari seluruh dunia mencapai lebih dari 300 ribu orang.

7. Kaplan

Kerja dari rumah
Kaplan

Kaplan sendiri adalah korporasi yang meraup keuntungan dari jasa yang diberikan di dunia pendidikan. Didirikan oleh Stanley Kaplan pada tahun 1938 lalu.

Kalau di Indonesia sendiri jasa seperti ini lebih umum disebut dengan bimbingan belajar. Saking besarnya bahkan Kaplan udah berhasil mengakuisisi beberapa institut di dunia seperti Thompson Institut dan Dublin Business School semenjak tahun 1995 sampai hari ini.

Dengan waktu yang sedikit fleksibel maka sangat memungkinkan bagi para pegawainya untuk kerja dari rumah.

8. Robert Half International

Kerja dari rumah
Robert Half International

Terakhir ada Robert Half International yang juga berkutat di bidang human resources. Yang membedakannya dengan Randstad adalah korporasi ini berpusat dari California, Amerika Serikat.

Selain di bidang HR Robert Half International juga melebarkan sayapnya di dunia akunting dan keuangan yang tersebar lebih dari 345 lokasi berbeda di dunia.

Enaknya buat mereka yang bekerja disini adalah bisa mendapatkan hak untuk kerja dari rumah.

Nah itulah 8 perusahaan besar dunia yang memberikan hak kepada karyawannya untuk kerja dari rumah. Tapi yang perlu dicatat adalah kebijakan tersebut juga butuh persetujuan pihak terkait dan dalam kondisi tertentu ya, guys. Jadi gak bisa seenaknya kamu meminta izin seperti itu. (Editor: Winda Destiana Putri). 

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1