Mau Kerja di Alibaba? Penuhi 4 Kriteria Ini Biar Disayang Jack Ma

3 menit
Alibaba (Shutterstock).

Pendiri Alibaba Jack Ma punya kriteria tersendiri untuk memilih karyawan andalannya. Dan bisa dibilang, kriteria karyawan yang dia cari sangat berbeda dengan kantor-kantor pada umumnya.

Mengutip pernyataannya di pertemuan IMF-Bank Dunia yang diselenggarakan di Bali tahun lalu, Jack Ma sempat bercerita tentang kesalahan rekrutmen yang dia lakukan di Ali Baba.

Kesalahan itu memang berakibat fatal bagi kelanjutan Alibaba. Bahkan sebagai pendiri Alibaba, Ma mengatakan bahwa kesalahan rekrutmen yang dia lakukan bak mengganti pesawat Boeing dengan traktor!

Penasaran dengan kriteria karyawan ideal versi Jack Ma? Yuk cari tahu di bawah sini, barangkali kamu merupakan salah satu orang yang masuk dalam kriteria karyawannya Jack Ma.

Baca juga: Melongok Deretan Mobil Paling Laris di Tahun 2018, Toyota Masih Juara

1. Bukan seorang “pakar”

Shutterstock
Alibaba Group (Shutterstock)

“Saya gak suka merekrut seseorang yang mengatasnamakan dirinya adalah pakar, karena pakar itu cuma tahu hal-hal yang ada di masa lalu. Gak pernah ada pakar masa depan,” ujar sang pendiri Alibaba.

Ma ternyata lebih suka dengan orang-orang yang mau belajar dan gak takut untuk berbuat salah. Jelas saja, orang-orang seperti itu adalah orang yang berani dalam berinovasi.

Mereka gak akan takut salah untuk bisa menciptakan sebuah terobosan baru. Tentu saja, orang-orang seperti ini cocok di Alibaba karena perusahaan ini masih terus berkembang.

2. Bukan juara kelas

Alibaba (Shutterstock).

Kamu rangking satu selama duduk di bangku sekolah? Punya nilai IPK yang sangat tinggi saat kuliah, atau kamu adalah sarjana dengan predikat Summa Cum Laude? Selamat, kamu bakal ditolak sama Jack Ma.

Berdasarkan buku The House of Jack Ma Built yang ditulis oleh Duncan Clark, pendiri Alibaba ini memang lebih memilih orang-orang yang bukan juara kelas atau paling pintar di kelas. Mengapa demikian?

Karena para primadona akademis di kelas rata-rata adalah orang yang mudah frustasi. Ma lebih suka dengan orang dengan kecerdasan biasa-biasa saja akan tetapi sanggup beradaptasi dengan baik ketika ada perubahan haluan bisnis di perusahaan.

Baca juga: Ini Dia 6 Zodiak Pekerja Keras, Kamu yang Mana?

3. IQ dan EQ harus bagus

Alibaba (Shutterstock).

Jack Ma ternyata sangat memperhatikan kecerdasan intelektual dan emosional calon karyawannya. Intinya kedua nilai ini harus seimbang.

Menurutnya, seorang karyawan yang punya kecerdasan emosional yang baik tentu bisa menjadi pimpinan yang baik. Dia juga bisa bekerja dengan maksimal dalam sebuah tim.

Sementara itu, seorang dengan kecerdasan intelektual yang baik akan lebih mudah untuk berkembang.

4. Harus orang yang optimis

Alibaba (Shutterstock).

Apa yang membuat Alibaba berhasil dan jadi salah satu raksasa di bidang teknologi? Tentu saja hal itu disebabkan karena optimisme dari pendiri Alibaba beserta tim-timnya yang hebat.

“Sebagai entrepreneur, gak baik jika kita tidak optimis. Jadi, saya pun wajib memilih kandidat-kandidat karyawan yang juga optimis,” tegas Ma.

Bosnya aja optimis, ya anak buahnya harus optimis dong.

Baca juga: Deretan Blush On Murah yang Bikin Kamu Makin Cantik, Gak Sampai Rp 50 Ribu!

Itulah empat kriteria karyawan ideal versi Jack Ma. Apakah kamu merasa orang dengan empat kriteria ini? Silahkan melamar ke Alibaba. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan