Banner ImageBanner Image

Mau Kredit Mobil Mini Bekas Gading dan Gisel? Boleh, Asal Gaji Kamu Segini

3 menit
Mini Cooper.

Belum lama ini, Gisella Anastasia memang dikabarkan menjual mobil Mini Cooper yang merupakan kado pernikahannya dari Gading Marten.

Netizen berpikir kalau tindakan itu dilakukan guna menghapus kenangan dengan Gading, namun setelah diusut ternyata hal itu disebabkan karena mobil tersebut kurang nyaman.

Gisel pun meminta showroom mobil bekas Auto Point Bursa Otomotif Sunter (BOS), Jakarta Utara untuk membantu penjualan mobil itu.

Usut punya usut, mobil Mini Cooper itu adalah seri Convertible S tahun 2012. Kondisinya pun masih bagus, gak ada kecacatan di bagian bodi, kaki-kaki dan lainnya.

Auto Point pun menjual mobil ini di angka Rp 535 juta dan pajaknya masih hidup hingga Mei 2019. Tapi nyatanya banyak banget yang nawar di bawah Rp 500 juta.

Tertarik untuk beli mobil Mini Cooper ex-Gading dan Gisel? Jangan buru-buru, cek dulu simulasi cicilan dan gaji yang ideal untuk beli mobil ini.

1. Simulasi cicilan Mobil Mini Cooper Ex-Gading dan Gisel

Mini Cooper.

Jika kamu memutuskan untuk mencicil mobil bekas ini, boleh-boleh saja sih akan tetapi MoneySmart hanya merekomendasikan untuk memilih tenor 36 bulan atau tiga tahun. Mengapa? Karena mobil ini keluaran tahun 2012, itu artinya di tahun 2018 usianya sudah enam tahun.

Tentu saja mobil ini bakalan banyak jajan ke depannya. Dan apakah kamu siap menanggung uang jajannya sekaligus cicilan?

Seandainya kamu memutuskan untuk mengambil tenor tiga tahun, seperti inilah simulasi cicilannya.

Harga mobil: Rp 535 juta

DP: Rp 535 juta x 20 persen = Rp 107 juta

Jumlah pinjaman: Rp 535 juta – Rp 107 juta = Rp 428 juta

Tenor: 36 bulan (tiga tahun)

Bunga: 6,95 persen per tahun

Cicilan perbulannya Rp 14.367.722 lho, dan di awal kamu harus membayar uang Rp 121.367.722 yang merupakan uang dp dan cicilan pertama. Dan jangan kaget kalau ternyata diminta lebih karena masih ada biaya lain-lain yang belum disertakan.

2. Gaji ideal membawa pulang mobil ini

Mini Cooper.

Besarnya cicilan memang harus disesuaikan dengan berapa gaji perbulan kamu. Gak sehat tentunya jika kamu harus mengeluarkan uang melebihi 30 persen dari total penghasilan hanya untuk membeli mobil ini.

Seandainya cicilannya adalah Rp 14 juta, maka gak heran kalau orang yang bergaji Rp 48 juta lah yang ideal membawa pulang mobil Mini Cooper bekas ini. Jelas saja, 30 persen dari Rp 48 juta ya Rp 14.400.000.

3. Apa keunggulan dan kekurangan Mini Cooper Ex Gisel

Mini Cooper.

Setelah tahu gimana simulasi cicilan dan berapa gaji ideal membawa pulang mobil ini, kita juga bakal bahas seputar plus dan minus ketika kamu membeli mobil ini. Berikut ulasannya.

1. Jadi barang koleksi

Mobil Mini Cooper ini tentu gak cuma layak jadi kendaraan, melainkan juga sebagai memorabilia di masa yang akan datang.

Baik Gading maupun Gisel adalah seorang selebriti papan atas di Indonesia. Mereka bercerai dan mobil ini ternyata adalah kado pernikahan yang cukup berharga.

Tentu saja, Mini Cooper ini bisa jadi barang yang punya nilai sejarah. Barangkali ada fans berat mereka yang ingin beli suatu saat, kamu bisa jual mobil ini dengan harga tinggi.

2. Kompak, bertenaga, dan stylish

Walaupun kecil, mobil ini memang kompak dan sangat stylish. Mesinnya juga sangat bertenaga pastinya.

Mini Cooper Convertible S menggendong mesin 1.499 cc yang sanggup menghasilkan tenaga maksimal 136 tk, dan torsi maksimal 220 nm dengan transmisi 6 speed.

Dan versi Convertible adalah versi yang atapnya bisa terbuka. Tentu asyik banget dipakai buat mejeng. Setuju gak?

3. Perawatan mahal

Ini bukan mobil Jepang apalagi Cina, ini adalah mobil Eropa dan tergolong sebagai mobil mewah. So, jangan kaget seandainya biaya perawatan mobil Mini Cooper ini sangat tinggi. Amitabh Bachchan saja naik Mini.

Kalau sudah lecet, wah tentu bikin panik banget deh. Apalagi kalau penyok.

Fakta ini tentu membuat para pemilik Mini jadi enggan menggunakan mobil ini sering-sering. Ujung-ujungnya diparkir terus di dalam rumah.

Tertarik bawa pulang mobil Mini Cooper bekas Gading dan Gisel? Silahkan, asal siap dengan harga dan biaya perawatannya ya. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong