Mau Kredit Mobil Murah? Ini 6 Pertimbangannya Jika Kamu Tinggal di Jakarta

4 menit
Kredit kendaraan bermotor di akhir tahun (Shutterstock).

Tertarik untuk mengajukan kredit mobil murah ramah lingkungan untuk pertama kali? Gak apa-apa sih, tahun ini gak sedikit promo kredit yang memang bisa menguntungkan para calon pembeli. Akan tetapi, apakah bijak untuk membeli mobil saat ini?

Membeli mobil memang gak bisa disamakan dengan membeli motor, walaupun tujuannya ya sama-sama jadi kendaraan. Bukan berarti karena duitnya sudah kekumpul maka sah-sah saja membeli sebuah mobil.

Mobil memang mahal, tapi banyak faktor lain yang harus dipertimbangkan saat kamu berniat beli mobil, terutama jika kamu tinggal di wilayah Jakarta. Terlepas dari mobil murah atau yang mahal ya.

Ingin tahu apa pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum kredit mobil murah? Berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga: Cara Mudah Membangun Karier yang Gemilang Berdasarkan Tipe Kepribadian

1. Biaya perawatan mahal

Perawatan mobil (Shutterstock).

Ketika kamu berniat kredit mobil murah sekalipun, kamu harus sadar bahwa perawatan mobil tidaklah murah. Dan tentunya hal ini gak bisa dibandingkan dengan biaya perawatan motor lho ya.

Saat mobil ganti oli, biaya terkecil yang kamu keluarkan paling tidak ada di angka Rp 300 ribuan. Belum lagi kalau harus tune up, atau ada pergantian suku cadang.

Mungkin ganti oli atau tune up masih belum seberapa. Tapi pas ganti ban, nah tentu saja beban biaya itu bakal lebih terasa.

2. Seirit-iritnya mobil, biaya BBM lebih tinggi daripada motor

Mobil sedang isi bensin (Shutterstock).

Pertimbangan kedua sebelum kamu memutuskan kredit mobil murah adalah perihal konsumsi BBM.

Gak ada mobil yang gak butuh bensin, kecuali kamu naik mobil listriknya Ketua DPR Bambang Soesatyo. Itupun harganya sangat mahal dan gak bisa dikategorikan sebagai mobil murah.

Di Indonesia, mobil murah umumnya menenggak BBM jenis Pertalite yang harganya Rp 7.800 per Desember 2018. Biasanya yang pengin irit malah memilih Premium yang harganya Rp 7 ribu. Akan tetapi bensin murah itu justru bisa membuat performa mesin mobil jadi gak maksimal.

Baca juga: Punya Atasan Kerja Lebih Muda, Begini Cara Berperilaku Supaya Gak Canggung

3. Jakarta macet

Jakarta terkenal macet (Shutterstock).

Yakin kredit mobil murah? Jakarta itu macet lho dan macetnya gak terprediksi.

Terkadang, di malam hari pun masih terjadi kemacetan yang bisa membuatmu bete hingga stress sepanjang perjalanan. Dan ingat lho, bete menyebabkan dirimu jadi emosian.

Sementara itu ketika kamu emosi, maka yang ada kamu mengemudi dengan cara yang gak karuan. Itu justru bisa sangat berbahaya buat keselamatanmu dan para pengendara lainnya.

4. Jakarta ada ganjil genap

Ganjil genap di Jakarta (Shutterstock).

Nah ini lagi yang jadi masalah, kebijakan ganjil genap!

Ganjil genap kini wilayahnya memang diperluasan ke wilayah-wilayah lain dengan harapan mengurangi kemacetan. Secara gak langsung, setiap waktu kamu tidak bisa melalui rute perjalanan yang sama.

Ketika kamu melalui rute lain, gak ada jaminan juga rute tersebut bakal dilanda kemacetan lho.

Baca juga: Pengin Cari Uang Tambahan dari Penggemar KPop, Bisa Lakukan 5 Hal Ini

5. Apakabar dengan asuransi mobil?

pertanggungan asuransi kendaraanSelama kamu berada dalam masa kredit mobil murah, maka asuransi tentunya masih disertakan dong. Tapi apa kabar ketika mobil itu sudah lunas dicicil? Apakah mau dilanjutkan?

Sejatinya, asuransi memang merupakan satu-satunya hal yang bisa melindungi mobilmu. Ingat lho, “satu-satunya.” Tapi, ketika mobilmu gak bermasalah ya asuransi itu sama sekali gak terpakai dan cuma jadi beban pengeluaranmu tiap bulan.

Menurutmu, bagusan pakai asuransi saja atau enggak nih? Hayo, jangan galau.

6. Harga mobil terus mengalami depresiasi

Harga mobil terus mengalami depresiasi (Shutterstock).

Mobil memang merupakan aset, namun sifatnya gak kayak properti yang harganya terus nanjak seiring dengan berjalannya waktu.

Harga mobil makin lama justru makin turun. Apalagi jika mobil yang kamu beli bukan mobil buatan Jepang. Sudah siap menerima kenyataan ini?

Itulah enam hal yang harus jadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk kredit mobil murah. So, gimana guys tetap jadi untuk mengkredit atau mau tunda saja nih?

Kalau dipikir-pikir, ada baiknya untuk memprioritaskan diri buat beli rumah dulu sebelum mobil. Rumah memang bisa jadi investasi jangka panjang dan salah satu kebutuhan pokok.

Seandainya punya mobil tapi gak punya rumah, kayaknya aneh bukan? (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.