Liburan ke Melbourne dengan Uang Rp 13 Juta? Bisa, Begini Caranya

5 menit
Liburan ke Melbourne dengan Uang Rp 13 Juta Bisa, Begini Caranya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Liburan ke Melbourne, Australia emang gak murah. Makanan, suvenir, maupun pernak-pernik di sana harganya jelas lebih tinggi ketimbang yang ada di Indonesia. Tapi bukan berarti kamu wajib keluar puluhan juta Rupiah juga lho buat liburan ke Negeri Kanguru ini.

Pada kesempatan kali ini, MoneySmart.id bakal membocorkan ke kamu tentang gimana caranya buat liburan ke Melbourne, Australia, dengan bujet Rp 13 juta aja. Apa iya? Serius lho dengan uang kisaran Rp 14 juta aja kamu udah bisa have fun di sana selama lima hari!

Baca juga: Liburan di Australia Hemat Bujet, Kunjungi 4 Museum Gratis Ini Yuk!

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak ulasannya di bawah sini yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id berikut ini:

1. Tukarkan uangmu dengan Dolar Australia Sekarang!

Tukarkan uangmu dengan Dolar Australia Sekarang!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bisa dibilang, Januari 2019 adalah waktu yang tepat buat menukarkan uangmu dengan Dolar Australia. Mengapa demikian?

Karena saat ini Rupiah memang lagi perkasa. Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Australia juga masih dikisaran Rp 10 ribuan per Dolar.

Baca juga: Rekomendasi Destinasi Wisata Ramah Keluarga di Australia Barat Selain Perth

Tukaran saja sekitar Rp 5 jutaan buat uang saku di sana. Akan tetapi, jangan lantas dihabiskan lho ya.

2. Visa

Urus Visa terlebih dahulu sebelum membeli tiket pesawat kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sebelum beli tiket, urus yang satu ini dulu ya. Jangan malah beli tiket dulu, karena kalau seandainya persetujuan visanya telat atau tiba-tiba ditolak, kamu gak rugi-rugi banget.

Baca juga: Gaji Sampai Rp 64 Jutaan per Bulan, Biaya Hidup di Australia Tinggi?

Visa buat ke Australia biayanya kurang lebih Rp 1,2 juta. Itu kalau kamu menggunakan jasa travel, kalau gak ya tentu lebih murah lagi.

3. Berangkat bulan April 2019

Bulan April 2019 bisa jadi waktu yang tepat buat mengunjungi Melbourne, Australia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Untuk waktu liburannya, berangkat di bulan April aja dan jangan lupa buat cek situs SkyScanner guna mendapatkan informasi penerbangan murah. Jangan salah lho, tiket PP Jakarta – Melbourne, Australia, itu bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 6 juta!

Maskapainya pun Garuda Indonesia dan penerbangannya juga direct, alias tanpa transit. Lumayan dong Rp 6 juta dapat maskapai Garuda Indonesia.

4. Buat penginapan pilih homestay di AirBnB aja

Buat penginapan pilih homestay di AirBnB aja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Hindari menginap di hotel karena tarif hotel-hotel di Negeri Kanguru sangat mahal. Kenapa gak menginap aja dengan cara homestay, bujetnya kurang lebih Rp 600 ribuan per hari.

Jika emang kamu memutuskan buat menginap 5 hari 4 malam, bujet yang kamu keluarkan kurang lebih Rp 2,4 juta.

Di samping itu, menginap di homestay juga lebih seru kok. Barangkali host pemilik penginapannya asyik, dia bisa aja jadi tour guide dadakan kamu.

5. Anggarkan Rp 1,5 juta buat makan

Buat makan kamu mesti anggarkan juga ya karena buat makan di sana cukup mahal lho, (Aulia Akbar/MoneySmart.id).

Lho kok gede banget bujet makannya? Kamu lagi liburan di Melbourne, Australia, bro sis! Kedai makanan kecil aja bisa menyajikan menu Risoto dengan harga AUS$ 20 atau sekitar Rp 200 ribuan per porsi lho. Tapi sejatinya masih banyak juga kok yang harganya AUS$ 15 atau kisaran Rp 150 ribuan

Tapi jangan khawatir, di sana porsinya luar biasa besar. Kalau mau murah, kamu bisa cari di Chinatown Melbourne, tapi hati-hati banyak hidangan yang gak halal di sana.

6. Gunakan Trams selama di sana

Gunakan Trams sebagai alat transportasi lokal saat liburan di Melbourne, Australia, (Aulia Akbar/MoneySmart.id).

Sesampainya di sana, manfaatkanlah trams sebagai transportasimu. Gak usah khawatir, biayanya gratis!

Hanya saja kamu bakal desak-desakan layaknya KRL di Jakarta. Tapi gak apa-apa deh, namanya juga liburan, dibawa asyik aja ya. Buat yang satu ini, kamu mesti banyak-banyak nanya sama warga sekitar soal rutenya ya. Gak usah khawatir jika kamu kesasar, kamu malah bisa menemukan destinasi wisata yang asyik di Melbourne, Australia, ketika nyasar. Jika ingin pakai transportasi online, install saja Uber.

7. Perbanyak jalan-jalan ke museum

Perbanyak jalan-jalan dengan mengunjungi museum gratis yang ada di Melbourne, Australia, (Aulia Akbar/MoneySmart.id).

Museum di sana emang layak dikunjungi. Karya seninya luar biasa fantastis, mau yang dari abad pertengahan ada, mau yang gaya Eropa, Asia, atau tradisional Aborigin pun ada!

Dan di Melbourne sendiri, kamu wajib mengunjungi museum bernama ACMI. Museum itu adalah museum perfilman, broadcasting, dan juga games!

Satu hal yang harus kamu ketahui tentang museum di sini adalah, akses masuknya gratis!

Selain museum, mungkin tempat lain yang bisa kamu kunjungi adalah perpustakaan, National Library of Victoria. Tentu aja itu bakal jadi surga buat kamu yang doyan baca.

8. Naik roller coaster tertua di dunia

Naik roller coaster tertua di dunia namanya scenic railway, (Aulia Akbar/MoneySmart.id).

Ketika  berada di Melbourne, Australia, belum lengkap kalau kamu gak mengunjungi Luna Park. Sebuah taman bermain yang mirip seperti Dunia Fantasi.

Akan tetapi, jangan kaget ya kalau di sini harga tiketnya berlaku buat satu wahana aja. Dan harga satu tiketnya mencapai AUS$ 10 atau Rp 100 ribuan. Maka dari itu, pilih-pilih aja wahananya.

MoneySmart bakal menyarankan kamu untuk mencoba Scenic Railway Roller Coaster yang merupakan roller coaster tertua di dunia. Mengapa wahana ini? Tentu aja karena sensasinya beda sama roller coaster biasa.

Roller coaster ini terbuat dari kayu, dan masih dioperasikan manual oleh manusia! Jadi, abang-abang roller coasternya bakal ikut duduk bersamamu dan mengoperasikan wahana itu. Dijamin seru deh!

9. Main ke pantai

Kota Melbourne, Australia terdapat banyak pantai yang instagramable banget lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Melbourne, Australia, emang gak seperti kota Sydney yang luar biasa megah. Tapi, pantai-pantai di Melbourne itu bagus-bagus lho gak kalah keren sama Bali. Dan akses masuknya gratis, so gak usah pusing soal biaya deh.

Beberapa pantai yang bisa kamu kunjungi di sana adalah, St Kilda Beach, Elwood Beach, Parkdale Beach, Brighton Beach, dan lainnya. Hati-hati kalau pas musim panas kulit kamu bisa terbakar jadi ada baiknya kamu menyiapkan krim khusus saat berjemur.

10. Kebun binatang Melbourne

Jangan salah kebun binatang di Melbourne, Australia juga menarik banget buat dikunjungi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mau lihat Tasmanian Devil secara langsung? Di sini tempatnya. Tiket masuknya AUS$ 37 atau setara dengan Rp 375 ribu.

Banyak yang bilang sih kebun binatang di sini biasa aja. Tapi kalau memang kamu penasaran sama binatang Tasmanian Devil, Koala, Wombat, Kanguru, atau satwa-satwa khas Australia kenapa gak coba masuk ke sana? (Editor: Mahardian Prawira).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.