Mau Long Weekend ke Bali dengan Rp 3 Juta? Atur Bujetmu Kayak Gini

4 menit

Ketika melihat tanggal merah di kalender dan ada hari kejepit, gak jarang dari kita yang langsung ambil cuti biar jadi long weekend. Tapi, urusan berlibur jelas harus direncanakan dengan matang biar gak rugi secara finansial.

Kalau ada bujet Rp 3 juta nih, kenapa gak kamu manfaatin aja buat long weekend ke Bali? Jalan-jalan di Pulau Dewata empat hari tiga malam dengan bujet Rp 3 juta bukan hal yang mustahil lho. Malah kamu bisa menikmati waktu yang berkualitas buat dirimu.

Khusus buat penghuni Jakarta yang pengin long weekend ke Bali dengan bujet Rp 3 juta, gini caranya ngatur rencana perjalanan:

1. Beli tiket pesawat murah

Beruntung deh buat yang mau long weekend ke Bali pada 11 atau 25 Mei 2017. Kalau kamu pesan tiket pesawat di Traveloka, harga yang bisa kamu dapatkan berkisar antara Rp 500 hingga Rp 600 ribuan lho.

Tapi untuk tiket pulangnya tanggal 14 atau tanggal 28 seharga Rp 700 hingga Rp 800 ribuan. Baiknya, anggarkan saja Rp 1,4 juta untuk tiket pesawat.

long weekend ke bali
Ayo buruan beli tiket pesawatnya kalau gak mau kehabisan (Tiket Pesawat / liputan6)

2. Pilih penginapan non-hotel

Kalau memang gak ada hotel yang lagi kasih promo, pilih saja penginapan-penginapan ekonomis di Bali. Sebut saja Airy Room yang harganya Rp 150 hingga Rp 200 ribuan per malam.

Bila harganya Rp 200 ribu, maka untuk empat hari tiga malam kamu hanya keluar dana Rp 600 ribu. Cukup terjangkau bukan? Ketimbang menginap di hotel yang harga kamar seharinya mencapai Rp 500 atau mungkin Rp 1 jutaan.

3. Sewa motor selama di Bali

Dan jangan lupa, selama di Bali baiknya sewa motor saja. Gak mahal kok sewa motor di Bali, selama sehari cuma Rp 50.000. Empat hari di sana jadi Rp 200 ribu.

4. Wisata kuliner

Nah ini salah satunya yang asyik ketika jalan-jalan, termasuk ketika kamu long weekend ke Bali. Gak lengkap pastinya kalau gak berwisata kuliner.

Apa saja sih restoran yang wajib kamu cobain di Pulau Dewata? Pastinya ada Warung Nuri di Ubud, Nasi Ayam Bu Oki, Warung Mami Jimbaran, Warung Subak, Babi Guling Slising Cepaka, Sate Plencing, atau Warung Galeri Mbok Limbok.

long weekend ke bali
Ayo jangan kebanyakkan makannya nanti kaget lihat angka di timbangan hehehe (Wisata Kuliner / wisatakita)

Soal harga sudah pasti gak bikin kantong bolong deh. Anggarkan saja uang sebesar Rp 300.000 untuk mencicipi menu-menu di restoran ini selama empat hari. Tentunya pilih aja yang masuk sama bujet kamu, gak usah dicobain semua ya. Alokasikan bujet lebih Rp 100 ribu untuk makan murah di pinggir jalan kalau bujet sudah menipis.

Bisa juga mencoba restoran lain seperti Happy Cow atau Pondok Kuring Bali. Di sana kamu bisa dapat diskon sebesar 15 persen jika melakukan transaksi minimal Rp 200 ribu dengan kartu kredit.

5. Mengunjungi objek wisata murah

Gak perlu khawatir untuk cari objek wisata terjangkau di Bali. Banyak kok destinasi cantik yang bisa kamu kunjungi di sana secara gratis. Ini dia di antaranya:

1. Pantai Sanur

Pantai ini cocok banget buat kamu untuk menyaksikan matahari terbit. Bisa juga lari-larian di hamparan pasir putih yang membentang di bibir pantai, atau sekadar duduk menikmati suasana pantai. Gak perlu bayar tiket. Kalau bawa motor bayar parkir saja sebesar Rp 2.000.

2. Pantai Kelan

Pantai yang ini letaknya gak jauh dari Bandara Ngurah Rai. Tekstur pasir putih Pantai Kelan dan ombak laut di sana gak jauh beda dengan pantai Jimbaran. Gak ada tarif masuk juga di Pantai Kelan. Asyik kan.

3. Bukit Campuhan

Kalau di sini, kamu bisa jalan-jalan di hamparan rumput ilalang. Tempat ini kerap disapa Sunset Hills, dan bisa dimanfaatkan juga buat jogging atau gowes. Letaknya ada di Desa Ubud, Kabupaten Gianyar.

Tiket masuknya untuk pengendara motor adalah Rp 2.000. Tapi kalau kamu mau lanjut ke Monkey Forest, bakal kena biaya sebesar Rp 40 ribu. Pulangnya bisa makan di Warung Nuri deh.

long weekend ke bali
Kalau ke Bali jangan lewatkan kunjungi wisata alam yang ini, indah banget kan! (Campuhan / blogspot)

4. Waterblow Nusa Dua

Walau Nusa Dua terkenal sebagai kawasan elit di Bali, ternyata masih ada tempat wisata gratis yang bisa kamu datangi di sana lho.

Contohnya ya ini, Waterblow Nusa Dua di mana kamu bisa melihat hempasan air laut yang menghantam tebing karang. Pas deh buat foto sama pacar ataupun selfie.

Pada intinya, ketika kamu ingin long weekend ke Bali dengan bujet Rp 3 juta, fokus saja untuk menikmati objek wisata dan kulinernya. Jangan kebanyakan belanja, nanti nombok lho.

Tiket pesawat pulang pergi: Rp 1.400.000

Penginapan 3 hari 4 malam: Rp 600.000

Sewa motor 4 hari: Rp 200.000

Biaya bensin: Rp 100.000

Biaya makan: Rp  400.000

Biaya tiket masuk wisata: Rp  0

Total: Rp  2.700.000

Dengan skenario di atas, masih ada sisa uang Rp 300 ribu kalau bujet kamu Rp 3 juta. Nah, ini bisa kamu manfaatkan untuk belanja atau ke objek wisata yang mengenakan tarif. Atau bisa juga nambah daftar wisata kuliner yang mau kamu coba.

Intinya, liburan yang berkualitas itu gak diukur dari jumlah uang yang kamu habiskan, tapi dari pengalaman yang kamu dapatkan. Dengan bujet seminim mungkin, masih bisa kok mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Tinggal pintar-pintar atur anggaran aja. Ayo dipraktikkan!

CTA Citi Rewards happy cow

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: 7 Tips Buat yang Mau Liburan Hemat Berkesan]

[Baca: Liburan Gak Identik Foya-Foya Gini Tips Hemat Tetap Fun]

[Baca: Bujet Pas-pasan Bukan Berarti Gak Bisa Liburan Coba 4 Destinasi Ini]

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!