Mau Naik Pesawat untuk Pertama Kali? Ini Panduan Lengkapnya

4 menit
naik pesawat

Minggu depan mau terbang ke luar kota tapi seumur hidup belum pernah naik pesawat sama sekali? Tenang, gak usah minder karena kamu gak sendirian dalam hal ini.

Gak usah bingung juga ketika kamu berada di bandara, apalagi sampai panik gara-gara takut ketinggalan pesawat. DuitPintar bakal memberikan panduan untuk para traveler awam soal perjalanan dengan pesawat.

Lewat tips ini, persiapanmu untuk pelesir ke luar kota dengan pesawat jadi makin mantap. Kamu juga gak bakal terkena denda atau mengalami kerugian finansial karena kelalaian yang gak sengaja dilakukan.

[Baca: Liburan Hemat ala Penganut Frugal Living, Ini 7 Trik yang Jarang Terpikirkan]

Tanpa berlama-lama lagi, mari ketahui delapan hal penting buat kamu yang bakal naik pesawat pertama kali. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Bawa barang secukupnya, sebisa mungkin gak usah masuk bagasi tercatat

naik pesawat
Naik pesawat itu asyik kok (Liputan 6)

Poin pertama ini erat kaitannya sama persiapanmu ketika harus keluar kota. Ada dua jenis bagasi yang terdapat di pesawat, pertama adalah bagasi kabin dan yang kedua adalah bagasi tercatat.

Bagasi kabin letaknya ada di dalam kabin pesawat, lebih tepatnya ada di atas tempat dudukmu nanti. Biasanya nih, maksimal barang bawaan yang bisa masuk kabin adalah yang beratnya gak lebih dari 7 kilogram. Kalaupun itu tas, ya tas yang berukuran 56 x 36 x 23 cm.

Lantas kalau lebih dari 10 kg bagaimana? Itu harus masuk bagasi tercatat. Yang pasti bagasinya gak bakal dimasukkan ke kabin, tapi ke tempat penyimpanan yang ada di pesawat. Setelah kamu sampai di tempat tujuan, kamu bisa mengambil barang tersebut di Conveyor Baggage.

Biar gak ribet, gak usah bawa barang-barang banyak deh pas berangkat, apalagi kalau nanti kamu mau beli oleh-oleh. Usahakan kamu bawa satu tas saja yang bisa masuk bagasi kabin, so kamu bisa monitor terus keberadaan tas kamu.

Bagasi tercatat juga punya aturan lho. Kalau terlalu berat pasti kamu bakal didenda.

[Baca: 7 Cara Menghindari Kelebihan Bagasi Pesawat]

2. Datang satu atau dua jam lebih awal sebelum keberangkatan

Buat yang baru pertama kali naik pesawat, jangan sekali-kali berangkat mepet sama waktu keberangkatan ya. Usahakan satu atau dua jam sebelum berangkat kamu sudah ada di bandara.

Dan sebelum menuju bandara, tentukan deh kamu mau ke bandara naik apa. Apakah naik taksi, kereta, atau bus Damri. Waktu keberangkatan juga harus kamu pikirkan mengingat jalanan ke sana pasti rawan macet, apalagi kalau siang atau sore hari.

3. Buat jaga-jaga, print tiket pesawat

Tiket pesawat memang bisa dikirim via email setelah kamu melakukan pembelian, tapi alangkah lebih baik kalau kamu print juga. Gak lucu pastinya kalau pas check-in di bandara, tiba-tiba HP-mu error dan gak bisa nyala. Setidaknya kamu punya tiket yang sudah di-print buat jaga-jaga.

[Baca: 11 Cara Dapat Tiket Pesawat Murah Buat Tanggal Merah]

4. Jangan sampai salah terminal

naik pesawat
Ketahui dulu di mana terminal keberangkatanmu (Kompas)

Sebelum kamu berangkat menuju bandara, ketahui dulu di terminal mana kamu harus turun. Jarak satu terminal ke terminal lain itu jauh lho, gak lucu kan kalau tiba-tiba salah terminal. Cek saja terminalnya di tiket pesawat.

5. Lakukan check-in sesuai di loket maskapai

Setelah tiba di bandara dan melewati pemeriksaan keamanan, maka kamu harus melakukan check-in untuk mendapatkan boarding pass. Jangan sampai salah loket ya, pilih loket yang sesuai dengan maskapaimu.

Jangan lupa siapkan identitas berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan tentunya tiket pesawat yang sudah kamu beli yah. Di loket itu kamu juga bisa menitipkan barang untuk dimasukkan ke bagasi tercatat.  

Setelah boarding pass tercetak, simpan baik-baik. Karena dengan barang inilah kamu bisa naik ke kabin.

6. Periksa gate keberangkatan dan tunggu pesawatmu di sana

Di boarding pass, kamu bisa menemukan informasi soal gate keberangkatan pesawatmu. Misal di gate F atau G atau itu H.

Segera cari gate itu dan tunggu pesawatmu. Dan ketika sudah ketemu, tunggu saja di sana sampai pesawatmu datang. Usahakan duduk di bagian dekat pintu gate agar gak kena antrian panjang.

Dengarkan pengumuman soal status pesawatmu, dan bersiaplah ketika pesawatnya sudah tiba. Sebisa mungkin jangan mengenakan earphone atau headset ketika sedang menunggu ya. Nanti gak denger pas pesawatnya udah datang lagi.

7. Siapkan KTP saat boarding

naik pesawat
Boarding pass jangan dibuang dulu ya sebelum kamu sampai ke tempat tujuan (Viva)

Ketika pesawat sudah tiba, maka siapkan KTP-mu untuk melakukan boarding ke pesawat. Setelah boarding pass dan KTP-nya kamu tunjukkan, masukan ke dalam dompet dan jangan buang boarding pass sebelum kamu sampai meninggalkan bandara tujuan.

8. Naik pesawat dan pilih kursi sesuai yang tercantum di boarding pass

Jangan sampai salah kursi ya, lihat nomor kursimu di boarding pass. Setelah ketemu, taruh barang bawaanmu di bagasi yang terletak di atas kursi dan selamat menikmati perjalananmu.

Itulah panduan umum buat yang baru pertama kali naik pesawat. Intinya, tenang aja tinggal ikuti petunjuk ini dan perjalanan pertamamu bakal tenang.

Sesampainya di tempat tujuan, jangan lupa beli oleh-oleh ya. Semoga bermanfaat.

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.