Mau Pinjam Uang Online Tanpa Syarat? Hati-hati dengan 3 Modus Ini

Pinjam uang online tanpa syarat kelihatannya asyik banget. Kamu gak perlu memenuhi persyaratan tertentu tetapi kamu katanya bisa dapat uang pinjaman.

Meski terlihat menggiurkan apalagi saat kamu benar-benar lagi butuh uang, sebaiknya pertimbangkan secara matang.

Nyatanya ada, lho, pinjaman yang malah bikin kamu merugi.

[Baca: Jangan Sampai Salah Memilih Kredit Tanpa Agunan Lalu Terjebak Rentenir]

Kok bisa? Yuk, simak beberapa modus yang sering dilayangkan oleh layanan yang sebenarnya berniat menipu kamu.

1. Menjanjikan pinjaman uang online tanpa syarat

pinjam uang online tanpa syarat
Setiap pinjaman menerapkan syarat (presuttilaw)

Asal tahu aja, gak ada yang namanya pinjaman gak bersyarat. Si kreditur (pemberi pinjaman) pasti takutlah kalau debitur (orang yang diberikan pinjaman) gak bayar utangnya.

Oleh sebab itu, pihak kreditur yang benar pasti memberlakukan persyaratan tertentu. Contoh, layanan pinjaman bank menerapkan aturan debitur haruslah punya penghasilan tetap yang bisa dibuktikan.

[Baca: Ini Alasannya Kenapa Status Kepegawaian Penting Kalau Mau Ambil KTA]

Nah, pinjaman yang gak bener malah gak menerapkan syarat apapun. Kalau yang seperti ini, kamu mesti hati-hati karena bisa aja ada sesuatu.

Contoh, pihak kreditur ternyata cuma lakukan survei supaya bisa dapat data pribadi kamu doang. Yang lainnya ternyata menerapkan suku bunga yang sangat tinggi serta syarat dan ketentuan yang tidak dijelaskan di awal.

2. Gak mementingkan histori kredit kamu

pinjam uang tanpa syarat apapun
Histori kredit jadi sesuatu yang penting (huffingtonpost)

Selain persyaratan misalnya penghasilan tetap dan dokumen lengkap, si kreditur pun gak mementingkan histori kredit debitur.

Biasanya saat kamu ajukan pinjaman ke bank ataupun layanan non-perbankan, histori kredit kamu bakal diperiksa. Dengan gitu, pihak kreditur dapat yakin kamu bakal bayar cicilan secara disiplin.

Jadi, kalau ada yang menawarkan pinjaman uang online tanpa syarat histori kredit baik, kamu mesti waspada.

Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, bisa jadi pihak kreditur cuma pengin dapat data pribadi kamu tanpa niat memberikan pinjaman. Modus lainnya dijelaskan di poin berikut.

[Baca: Kena Blacklist BI Bikin Kredit Ditolak Melulu, Ini Cara Keluar dari Daftar Hitam]

3. Malah minta uang sebagai syarat pencairan

pinjaman uang cepat tanpa syarat
Eh, malah dia yang minta uang (sparknotes)

Ini dia yang makin bikin curiga. Bila si kreditur mengharuskan kamu buat bayar uang administrasi terlebih dahulu baru dana cair, udah pasti itu penipuan.

Kamu yang butuh pinjaman, kamu malah harus bayar terlebih dahulu ke kreditur. Tentu gak masuk akal, bukan?

Kebanyakan jenis pinjaman emang sih mensyaratkan biaya administrasi. Namun, perlu diketahui, biaya administrasi bakal dipotong duluan saat dana masuk ke rekening.

Jadi, gak ada kejadian pihak kreditur minta kamu transfer uang terlebih dahulu biar dana cair. Jika hal tersebut terjadi, jelas-jelas itu kreditur emang berniat menipu.

Kalau kamu menemukan tanda-tanda di atas pada suatu layanan pinjaman, sebaiknya kamu tolak aja.

[Baca: Pinjaman Online Langsung Cair Tanpa Jaminan, Ini 8 Pilihannya]

Dengan hati-hati memilah layanan pinjaman, apalagi yang katanya bisa pinjam uang online tanpa syarat. Niat hati buat dapat bantuan, eh kamu malah harus kelimpungan.

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560