Pinjam Uang Itu tak Melulu Harus Ada Bunga, Gak Percaya? Ini Buktinya

3 menit
Pinjam Uang Itu tak Melulu Harus Ada Bunga (Shutterstock).

Selama ini banyak orang yang cuma tahu kalau pinjam uang itu harus mengembalikan pokok berikut bunganya. Padahal, gak melulu demikian lho aturannya. Ada beberapa pilihan yang bisa dimanfaatkan buat dapat pinjaman tanpa dikenakan bunga sama sekali.

Masuk di akal kenapa banyak orang yang sebisa mungkin menghindari pinjaman. Sebab mereka ogah berurusan sama yang namanya utang.

Apalagi cukup banyak berita yang mengabarkan orang-orang yang punya pengalaman pahit gara-gara pinjam uang. Mulai dari pengalaman dikejar-kejar debt collector hingga berujung pada perbuatan nekat, yaitu bunuh diri.

Namun, kalau kamu udah kepepet butuh uang dan gak ada jalan keluar selain pinjam uang, berikut ini ada beberapa solusi yang bisa kamu pilih. Dijamin kamu gak bakal terbebani oleh bunga. Apa aja pilihan-pilihannya? Yuk, cari tahu dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan Enam Langkah Strategis Dongkrak Devisa Pariwisata

1. Pinjam uang ke teman atau kerabat

Pinjam uang (Ilustrasi).

Pakai solusi yang satu ini butuh keberanian yang besar. Pasalnya, pinjam uang ke teman atau kerabat mau gak mau mengorbankan gengsi.

Namun, mengambil solusi ini benar-benar menghindarkan kamu dari yang namanya bunga pinjaman lho. Namanya kerabat atau teman tentu aja gak bakal terlintas dalam pikiran mereka buat ambil keuntungan.

Walaupun peluang dapat uang lebih besar dengan meminjam ke teman atau kerabat, bukan berarti kamu memanfaatkan kebaikan mereka tersebut. Kamu harus sadar diri dan sewajibnya mengembalikan uang yang kamu pinjam walaupun dicicil sedikit demi sedikit.

2. Manfaatkan bunga 0 persen dari kartu kredit

Bunga 0 persen (Shutterstock).

Keberadaan kartu kredit itu pada dasarnya membantu banyak orang. Dengan menggunakan kartu kredit, kamu bisa memiliki barang atau bayar jasa tanpa perlu menyiapkan uang dalam jumlah besar.

Terlebih alat pembayaran nontunai ini punya keuntungan, yaitu tawaran bunga 0 persen. Keuntungan tersebut bisa kamu nikmati asalkan kamu melakukan pembayaran cicilan sebelum tanggal jatuh tempo.

Membayar cicilan lewat dari tanggal jatuh tempo bakal bikin kamu harus membayar bunga plus denda keterlambatan. Inilah yang kemudian jadi alasan orang-orang menjelek-jelekan kartu kredit itu gak ada untungnya sama sekali.

Padahal, kalau menggunakannya dengan benar dan tepat, mustahil deh cicilan yang mereka bayar dikenakan bunga, apalagi denda.

Baca juga: Keunikan Budaya Dayak Jadi Daya Tarik dan Kekuatan Festival Budaya Isen Mulang

3. Ajukan kasbon karyawan

pinjaman dana tunai
Kalau judulnya minjem harus dibalikin duitnya ya (Liputan 6)

Umumnya ini perusahaan itu menyediakan fasilitas pinjaman khusus buat karyawannya alias kasbon karyawan. Pastinya besaran yang kamu terima tergantung rumus perhitungan yang dipakai perusahaannya.

Biasanya sih besaran kasbon yang diterima itu gak boleh melebihi sepertiga dari gaji bulanan kamu. Misalnya aja gaji bulanan kamu Rp 6 juta maka nilai kasbon yang diterima maksimal Rp 2 juta.

Udah gitu enaknya kasbon karyawan nih, kamu gak bakalan lupa kapan harus bayar. Sebab nantinya udah dipotong dari gaji bulanan kamu. Besaran potongannya sendiri tergantung dari kesepakatan kamu dengan perusahaan.

4. Memilih Pegadaian KCA Prima buat mendapat pinjaman tanpa bunga

Gadai BPKB di Pegadaian lewat produk Kredit Cepat Aman (Instagram/@sahabatpegadaian)
Gadai BPKB di Pegadaian lewat produk Kredit Cepat Aman (Instagram/@sahabatpegadaian)

Pegadaian emang dikenal sebagai solusi mendapatkan uang dengan menggadaikan barang. Sayangnya, orang-orang belum tahu kalau pinjam uang di Pegadaian bisa didapatkan tanpa bunga.

Sebenarnya, Pegadaian sendiri emang punya fasilitas pinjaman tanpa bunga lho, yaitu KCA Prima. Bunga yang dipatok beneran 0 persen. Namun, tenor yang diberikan terbilang singkat, yaitu dari 1 – 60 hari.

Terus kamu juga dikenakan biaya administrasi. Namun, gak usah khawatir. Pegadaian menetapkan biaya administrasi yang kecil kok, yaitu dari Rp 2.000 – Rp 5.000. Sementara besaran pinjaman yang diajukan dari Rp 50 ribu – Rp 500 ribu.

Baca juga: Heart of Borneo, Jantung Kalimantan Tempat Kekayaan Keanekaragaman Hayati dan Budaya Menyatu

Nah, itu tadi beberapa solusi pinjam uang yang beneran tanpa bunga. Satu hal yang perlu kamu tahu, yang namanya pinjaman uang itu ya harus dikembalikan. Kalau gak mengembalikan, kamu bikin orang-orang gak percaya lagi sama kamu. Emangnya mau citra kamu jadi buruk? (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]ysmart.id

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan