Bikin Buntung, 3 Hal yang Kudu Dijauhi Kalau Ingin Raih Kebebasan Finansial

3 menit
Ingin raih kebebasan finansial? Hindari 3 hal ini! (Shutterstock)

Mewujudkan kebebasan finansial bukan lagi angan-angan kalau kita tahu apa aja yang sebaiknya dihindari.

Banyak orang yang udah pesimis duluan karena kebebasan yang diimpikan selama ini gak kunjung terjadi. Mereka kemudian berpikir kalau yang namanya kebebasan finansial itu omong kosong. Kalau ada yang udah bisa meraihnya, eh dianggap cuma hoki.

Gagalnya meraih kebebasan finansial bisa bermula dari hal-hal yang selama ini dianggap menguntungkan banget. Lho, kok bisa?

Ya tentu aja bisa. Sebabnya mungkin karena kurang jeli dalam mengkalkulasi untung rugi. Gak sedikit juga yang malah gak pakai hitung-hitungan. Mereka melakukannya cuma sekadar ikut-ikutan. Gitu dikasih tahu menguntungkan, langsung ikut tanpa menyelidikinya dulu.

Nah, berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya kamu hindari biar kebebasan finansial benar-benar nyata terjadi di hidupmu.

1. Ikutan buka usaha yang lagi hits, tapi…

Hal yang harus dihindari kalau mau #merdekafinansial. (Shutterstock)
Hal yang harus dihindari kalau mau #merdekafinansial. (Shutterstock)

Tapi apa? Tapi telat banget. Banyak yang ikut-ikutan menjalankan usaha yang lagi hits, tapi mulainya saat momennya perlahan-lahan mulai memudar.

Ini yang pertama harus kamu hindari demi meraih kebebasan finansial di masa depan.

Tengok aja usaha es kepal. Bulan April lalu usaha waralaba ini viral banget di media sosial dan media massa. Menjalankan usaha ini waktu itu bisa bawa pulang omzet hingga Rp 5 juta. Dagang sebulan bisa bawa pulang Rp 150 juta tuh.

Padahal nih ya, modalnya paling-paling cuma Rp 4 juta. Gimana gak untung coba?

Entah karena lama ambil keputusan atau belum cukup modal saat itu, ada yang mulai usaha ini dua bulan setelah ramai diberitakan. Gak mengherankan kalau omzet yang didapat gak sesuai dengan yang diberitakan. Soalnya orang udah gak penasaran lagi sih.

2. Tergiur kredit tanpa kartu kredit

Hal yang harus dihindari kalau mau #merdekafinansial. (Shutterstock)
Hal yang harus dihindari kalau mau #merdekafinansial. (Shutterstock)

Tawaran yang satu ini emang jadi angin surga buat orang-orang yang selama ini gak punya kartu kredit. Udah tanpa kartu, penggunaannya praktis pula. Cukup install aplikasinya aja.

Emang sih bunganya beda-beda tipis dengan bunga kartu kredit. Kalau bunga kartu kredit 2,25 persen, bunga kredit tanpa kartu paling cuma 2,95 persen. Kecil sih emang.

Padahal nih, kalau dicermati lebih jauh, masih untung pakai kartu kredit lho. Katakanlah kredit tanpa kartu memberikan promo berupa bunga nol persen buat bulan pertama. Nah, kalau pakai kartu kredit, kamu bisa dapat bunga nol persen sampai lunas.

Dari situ aja udah kelihatan jelas kok kalau kartu kredit itu lebih untung ketimbang kredit tanpa kartu. Jadi coba deh hindari itu demi raih kebebasan finansial.

3. Mengoleksi barang

Hal yang harus dihindari kalau mau #merdekafinansial. (Shutterstock)
Hal yang harus dihindari kalau mau #merdekafinansial. (Shutterstock)

Mengoleksi barang jadi hobi sebagian orang. Lebih dari itu, barang-barang koleksi tersebut berpotensi kasih untung yang luar biasa di masa depan.

Namun, bakal sia-sia aja kalau kamu lalai dalam merawatnya. Alih-alih berniat menjadikannya investasi, malah berbuah kerugian gitu ada cacat di barang-barang koleksi.

Terus gimana cara meraih #MerdekaFinansial?

Hal yang harus dihindari kalau mau #merdekafinansial. (Shutterstock)
Hal yang harus dihindari kalau mau #merdekafinansial. (Shutterstock)

Sederhana kok cara biar bisa meraih kebebasan finansial: mulai aja dulu dari mengatur keuangan secara tepat dan berdampak.

Gunakan rumus 50-30-20. Alokasi 50 persen buat kebutuhan pokok, 30 persen buat kebutuhan pribadi, dan 20 persen buat tabungan dan investasi.

Jangan lupakan juga miliki dana darurat dengan besaran enam kali alokasi kebutuhan pokok tiap bulan.

Biar lebih cepat, usahakan dapat pekerjaan dengan gaji yang lebih besar dari yang kamu terima sekarang. Emang gak mudah sih, zaman sekarang gitu lho. Nah, sementara belum dapat pekerjaan baru, mulai aja investasi dulu. Berapa aja jumlahnya gak jadi soal kok.

Demikian tips dari kami. Semoga kamu cepat mencapai kebebasan finansial ya!

Buat kamu yang mau dapat Smartphone Samsung A6+ dan 20 Voucher Sodexo, yuk ikutan kontes #MerdekaFinansial MoneySmart.id di tautan berikut ini: bit.ly/Merdeka_Finansial

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!