Makin Cerdas Transaksi Pakai Kartu Kredit dengan Lakukan Trik-trik Ini

3 menit
Makin Cerdas Transaksi Pakai Kartu Kredit dengan Lakukan Trik-trik Ini, (Ilustrasi/Pexels.com).

Merasa akhir-akhir ini boros menggunakan kartu kredit? Itu berarti kamu belum pakai kartu kredit secara cerdas, pengin tahu gimana caranya?

Cukup banyak lho pengguna kartu yang memakai kartu ini tanpa pertimbangan. Maksudnya alat transaksi ini digunakan secara asal tanpa menghitung-hitung konsekuensinya nanti.

Asal tahu aja nih, penggunaan kartu ini yang gak bijak bisa berakibat buruk pada keuangan kamu. Gawatnya nih kamu bisa terbelit utang gara-gara pemakaian alat transaksi nontunai.

Padahal, udah jelas-jelas kalau pakai kartu ini sama aja berutang. Namun, alat transaksi ini masih dipakai layaknya pemakaian kartu debit yang nilai transaksinya bisa dipotong langsung dari saldo rekening tabunganmu.

Baca juga: Gak Usah Khawatir Lagi, Pakai 5 Tips Ini buat Jaga Keamanan Kartu Kredit

Buat kamu yang pengin gunakan kartu kredit secara cerdas, ada beberapa trik jitu yang bisa kamu gunakan nih. Apa aja? Dikutip dari Money Crashers, inilah trik-triknya.

1. Hindari melakukan pembayaran minimal

Hindari pembayaran dengan metode pembayaran minimal, (Pexels.com).

Walaupun fitur pembayaran minimal terlihat menggiurkan, jangan sering-sering melakukannya. Apalagi kalau gak perlu-perlu amat, lebih gak bayar dengan opsi tersebut deh.

Kenapa pembayaran minimal ini lebih baik dihindari? Sebab melakukan pembayaran ini bisa bikin kamu menanggung utang lebih besar. Awalnya aja kamu cuma membayar sedikit utang kartu sakti kamu ini. Namun, di bulan selanjutnya jumlah utangmu bakal melonjak.

Baca juga: Cara-Cara Ini Bisa Bikin Kamu Merasakan Manfaat Sesungguhnya dari Kartu Kredit

Besaran utangmu bisa melonjak karena bunga yang bertambah besar. Semakin sering kamu lakukan pembayaran minimal, semakin besar utang yang kamu tanggung. Jadi, begitu ada utang kartu sakti ini, segera lunasi seluruhnya deh saat jatuh tempo pembayaran nanti.

2. Selalu lunasi cicilan tepat waktu sama dengan jaga kolektibilitas kredit tetap bersih

Selalu lunasi cicilan tepat waktu sama dengan jaga kolektibilitas kredit tetap bersih, (Ilustrasi/Pexels.com).

Dengan melunasi cicilan kartu kredit tepat waktu, itu sama aja dengan menjaga kolektibilitas kredit tetap bersih. Kolektibilitas kredit yang bersih bakal guna banget nantinya buat kamu dalam mengambil pinjaman ataupun kredit.

Asal tahu aja nih, kolektibilitas kredit menjadi salah satu pertimbangan bank, apakah kamu layak diberi pinjaman atau kredit. Kalau kolektibilitas kredit kamu tercoreng dengan skor yang buruk, jangan berharap deh pengajuan KTA bakal lolos.

Baca juga: Segera Lakukan Hal-hal Ini Deh Kalau sampai Alami Pembobolan Kartu Kredit

Karena itu, kalau udah waktunya bayar cicilan, jangan ditunda lagi. Segera lakukan pembayaran. Terus hindari telat bayar karena itu juga berpengaruh ke kolektibilitas kredit yang termuat di Informasi Debitur atau iDeb.

Namun, menjaga kolektibilitas kredit bukan berarti kamu jarang-jarang gunakan kartu kredit ya! Sering-sering gunakan kartu kredit itu bagus. Asal tahu batasnya dan selalu bayar cicilan tepat waktu.

3. Selalu disiplin dalam membayar cicilan kartu kredit

Selalu disiplin dalam membayar cicilan kartu kredit, (Ilustrasi/Pexels.com).

Seperti yang disinggung sebelumnya, jangan pernah telat dalam membayar cicilan kartu kredit. Sebab kolektibilitas kredit bisa jelek nantinya.

Disiplin bayar cicilan menjadi kunci kecerdasan kamu dalam menggunakan alat pembayaran nontunai ini. Selain itu, disiplin dalam pembayaran cicilan kartu memastikan kamu buat selalu menikmati keuntungan bunga 0 persen.

Perlu kamu tahu bunga 0 persen gak bakal berlaku lagi kalau kamu gak lunasi kredit ataupun gak bayar cicilan tepat waktu. Jadi, percuma aja ambil cicilan bunga 0 persen, tapi ujung-ujungnya telat bayar atau lakukan pembayaran minimal.

Padahal, dengan bunga 0 persen, kamu gak terbebani bunga kartu sakti mu ini. Terus kalau ada promo, kamu membeli barang yang kamu inginkan dengan harga murah.

4. Ingat limit kartu saat gunakan kartu kredit

Ingat limit kartu saat gunakan kartu kredit, (Ilustrasi/pexels.com).

Penggunaan kartu ini juga harus tahu batas. Kamu bisa membatasi transaksi dengan mengacu pada limit kartu kredit. Dengan begitu, kamu gak kebablasan menggunakan alat transaksi nontunai ini.

Sebaiknya nih hindari transaksi hingga mencapai limit kartu. Gunakan aja setengah dari limit kartu buat transaksi. Hal ini bertujuan supaya kamu gak berat-berat amat dalam membayar cicilan nanti.

Terus kamu harus perhatikan juga nih. Bayar cicilan itu baiknya besarannya 30 persen dari gaji kamu. Itu udah batas maksimal ideal buat bayar cicilan tiap bulannya. Lebih dari itu, keuangan kamu bisa gak sehat.

Gimana? Udah tahu kan sekarang gimana trik-trik menggunakan kartu kredit secara cerdas? Dengan menerapkan trik-trik di atas, moga-moga kamu makin bijaksana dalam transaksi pakai kartu. Dan gak ketinggalan juga nih, kamu makin diuntungkan lewat pemakaian kartu kredit.

Semoga informasi barusan berguna banget ya buat kamu! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!