Banner ImageBanner Image

Mau Raup Untung Gede dari Video? Simak 4 Tips dari Youtubers Terkaya di Dunia

3 menit
Bikin Iri, Bocah 7 Tahun Ini Jadi Youtubers Terkaya di Dunia Tahun 2018 (Instagram).

Ryan ToysReview merupakan akun Youtube yang disinyalir sebagai akun paling menghasilkan uang terbesar lewat Youtube pada tahun 2018. Akun ini milik seorang bocah yang usianya masih tujuh tahun!

Secara gak langsung, Ryan yang adalah pemilik akun ini, jadi salah satu anak SD berpenghasilan besar! Bayangin saja di tahun ini Forbes mengabarkan menghasilkan US$ 22 juta atau setara dengan Rp 285 miliar! Wow, bikin ngiri aja ya.

Penasaran dengan bagaimana Ryan kecil ini bisa sukses dengan akun Youtube dan video-videonya? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Gak Pengin Bangkrut Selama Liburan, Yuk Hindari 5 Hal Receh Ini

1. Bikin video setiap hari

Akun Ryan ToysReview ternyata dikelola oleh keluarga Ryan itu sendiri (Instagram).

Akun Ryan ToysReview ternyata dikelola oleh keluarga Ryan itu sendiri. Akun Youtube ini dibuat tahun 2015 lalu, dan progresnya untuk jadi viral ternyata memakan waktu juga lho.

Kesuksesannya saat ini mungkin terbilang cepat. Akan tetapi, semuanya juga butuh pengorbanan.

Kabarnya, mereka membuat video “setiap hari.” Ryan yang di tahun 2015 masih berusia empat tahun, meminta kepada orangtuanya kalau dirinya ingin menjadi reviewer mainan. Alhasil, mereka pun membeli Lego kereta dan berawal dari situlah Ryan jadi terkenal.

Kalau dipikir-pikir, review mainan di Youtube itu bukan hal baru. Tahun 2013 pun sudah banyak reviewers mainan di situs itu. Tapi kenapa Ryan yang paling sukses ya? Mari simak poin selanjutnya.

2. Sebagai reviewers, Ryan juga banyak belajar

Sebagai reviewers, Ryan juga banyak belajar (Instagram).

Hebat! Walaupun masih kecil, Ryan ternyata selalu belajar untuk menjadi reviewers Youtube yang baik. Gak heran kan kalau tiba-tiba konten-konten dari Ryan ToysReview jadi viral semua dan disukai banyak orang.

Beberapa channel Youtube yang sering dilihat Ryan antara lain adalah EvanTubeHD dan Hulyan Maya. Kedua akun ini sering memuat konten soal Thomas The Tank Engine, dan Ryan memang menyukai Thomas.

Kecil-kecil saja sudah mau belajar ngereview ya. So, buat kamu yang memang pengen jadi Youtubers, kira-kira kamu sering nonton video siapa nih buat jadi inspirasi review-review?

Baca juga: Liburan ke Luar Negeri, Lebih Baik Pakai Kartu Kredit Atau Bawa Uang Tunai?

3. Konten yang disediakan benar-benar jujur

Konten yang disediakan benar-benar jujur (Instagram).

Kalau kamu melihat video di Ryan ToysReview, dari video itu kamu bisa tahu seberapa asyik sebuah mainan untuk dimainkan oleh anak-anak. Konten-konten di channel itu bisa dibilang natural alias gak dibuat-buat dengan kepentingan promosi merek mainan tertentu.

Ketika pertama kali membuat video, bisa dibilang video Ryan ToysReview agak membosankan. Video itu hanyalah video single shot yang menampilkan rekaman Ryan membuka mainan barunya dan memainkannya selama 10 menit.

Akan tetapi di video keduanya, Ryan diberikan mainan dalam jumlah yang banyak. Ryan pun memainkan seluruh mainan itu, setiap beberapa detik video itu berubah ke review mainan selanjutnya.

Pada dasarnya, review yang diajari Ryan jelas jujur wong dia adalah anak kecil yang disuruh mereview mainan. Ketika mainan itu memang asyik dimainkan, pasti Ryan bakal kelihatan betah.

Video-video mereka tentunya bisa jadi semacam guide bagi orangtua yang mau membeli mainan buat anaknya. Setidaknya mereka jadi punya gambaran soal seseru apakah mainan yang bakal dia belikan buat sang anak.

4. Jangan cuma review saja, bikin video yang lebih kreatif

Ketika Ryan tenar di dunia maya, keluarganya memutuskan untuk membuat konten lain selain review mainan (Instagram).

Ketika Ryan tenar di dunia maya, keluarganya memutuskan untuk membuat konten lain selain review mainan. Mereka membuat video tentang vending machine permen dari kardus yang mereka buat sendiri.

Tentu saja, video seperti itu bernilai edukasi dan pasti disukai oleh anak-anak. Di samping itu, mereka juga menempel logo-logo permen dan cokelat di sana, tentu saja brand permen muncul di video Ryan bakal senang lantaran logo mereka bisa dilihat banyak subscribers dari channel Youtube Ryan!

Dan gak heran, Youtuber memang sangat berpengaruh pada penjualan produk ritel. Kalau memang permen-permen itu jadi laku setelah munculnya video ini, gak menutup kemungkinan mereka bakal dapat endorsement dari produk-produk itu.

Baca juga: Terbentur Biaya Kuliah, 5 Cara Ini Bisa Membantu Kamu Tetap Sekolah Setinggi Mungkin

Seperti itulah cara membuat video Youtube yang menarik ala Ryan ToysReview. Asal kamu tahu, sekarang Ryan juga sudah menjalin kerjasama dengan Walmart lho untuk penjualan mainan.

Pada intinya, ketika jumlah subscriber semakin banyak, maka brand-brand besar pun gak akan ragu untuk merangkul kita.

Tapi untuk menjadi tenar di Youtube tentu gak instan. Ryan saja butuh perjuangan untuk bisa seperti sekarang.

Tertarik jadi tenar dan kaya seperti Ryan? Monggo dicoba empat cara di atas. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong