Mau Sukses Ala Chairul Tanjung? Ini Rahasianya

3 menit

Siapa yang nggak kenal Chairul Tanjung? Bos Trans TV yang kekayaannya mencapai Rp 63,7-triliun punya bisnis beragam. Mulai dari perbankan, media, hiburan, makanan, gaya hidup sampai perkebunan.

Sukses yang dialami Chairul Tanjung tidak datang dari warisan. Itu justru datang dari proses melelahkan selama bertahun-tahun.

Bayangin, lulusan Kedokteran Gigi UI mutusin nggak buka praktek. Tapi jadi konglomerat dan sempat juga jadi menteri.

sukses ala Chairul Tanjung
Seringkali lulus kuliah kedokteran gak harus jadi dokter kan (Chairul Tanjung / Tempo)

Apa saja rahasia sukses dari pemilik CT Corp ini? Yuk simak lebih lanjut!

1. Harus bisa meramal jika mau sukses

Meramal bukan berarti harus jadi paranormal nebak-nebak tim bola mana yang bakal menang di Piala Dunia atau apalah itu. Meramal yang dimaksud Chairul Tanjung adalah memprediksi tren masa depan.

Dalam event Global Entrepreneurship Week di Bank Indonesia, ia bercerita tentang brand Aqua. Di tahun 70-an, menciptakan merek air minum dengan merek Aqua dianggap gila. Apa yang terjadi saat ini?

Orang-orang justru menyebut air mineral dengan nama Aqua. Meski mereknya bukan Aqua.

“Anda bisa sukses, kalau bisa membeli masa depan dengan harga sekarang,” ujar pria yang menduduki peringkat 286 di Forbes.

2.Fokus

Sukses ala Chairul Tanjung
Fokus untuk hasil yang terbaik, konsentrasi sama target kamu. Jangan mikirin yang lain (kaca pembesar/icoachrealcoach)

Chairul Tanjung pernah berpesan pada para pelajar Indonesia bahwa jangan merasa tidak suka, dan tidak sesuai dengan pekerjaan kita. “Fokuslah ke sana! Ke apa yang kamu lakukan.”

Mengapa fokus? Karena demi hasil maksimal seseorang harus fokus dalam bekerja. Mereka yang fokus bisa menjadi expert (ahli) dalam bidang tertentu dan menghasilkan terobosan besar.

Kalau kamu nggak fokus, pekerjaan kamu nggak akan terarah. Kamu pun susah buat mencapai tujuanmu. Gimana mau jadi kayak Chairul Tanjung.

3.Kerja keras

Nggak ada yang instan di dunia ini dan jangan berharap sukses dengan cara instan. Chairul Tanjung pernah bilang kalau kesuksesannya dia dapat setelah 32 tahun.

“Anda tidak mungkin sukses kalau tidak bekerja keras. Saya ini bekerja keras sekali. Setiap hari pulang paling malam kecuali office boy menjaga saya,” ujarnya pada saat bertemu pemuda GP Ansor.

Chairul Tanjung mengaku bekerja 18 jam sehari saat masih muda, saat weekend pun ia masih bekerja. Namun saat ini, terkadang ia bekerja 14 jam sehari. Sabtu dan Minggu kadang dimanfaatkan untuk keluarga.

Sukses ala Chairul Tanjung
Kerja lama-lama boleh asal kamu juga harus fun dalam kerja. Jangan sampai kelamaan kerja terus kurang piknik (melihat ke arah jam/Krona)

Kamu pasti bingung kan 18 jam itu kerja ngapain aja? Coba pikirkan, misalkan kerja di kantor 10 jam, 8 jam bisa dimanfaatkan untuk riset atau belajar. Dengan ini kamu kerja 18 jam.

Atau 10 jam kerja kantoran dan 8 jam kerja sambilan. Itu juga bisa kan dibilang 18 jam. Intinya dalam satu hari kamu bisa menghasilkan sesuatu.

4.Harus berperilaku seperti orang sukses

“Sukses itu hak semua orang. Semua orang punya hak, dan bisa sukses. Camkan dalam hati dan kepala.”

Chairul Tanjung menegaskan, jika mau sukses harus berperilaku layaknya orang sukses. Selain kerja keras, harus pandai networking (bergaul) dengan siapa saja.

Sukses ala Chairul Tanjung
Sebar kartu nama kamu dan membaurlah bersama orang-orang sukses untuk nambah relasi. Jangan dandan rapih kayak bos-bos taunya banyak utang hehe (tukar kartu nama/Defymedia)

Sudah jelas kan rahasia sukses ala Chairul Tanjung. Jangan salah, konglomerat ini dulunya tinggal di rumah petak yang WCnya terpisah dari rumah.

Ketika kuliah, ia mulai belajar bisnis dengan jual fotokopian. Dan setelah lulus, ia memilih jadi pengusaha.

Yakin deh sama perkataan pak CT. Kamu pun punya hak untuk sukses!  

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca : Punya Mimpi Jangan Nanggung Dong! Ikuti Cara Sukses ala Habibie Ini]

[Baca: Sukses Itu Milik Siapa Saja, Lihat Tuh Bu Susi Pudjiastuti, Asalkan…]

[Baca: Semua Orang Bisa Sukses Berbisnis Kok, Asal Bisa Hindari Jebakan Betmen Ini]

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!