7 Tips yang Perlu Kamu Lakukan Agar Bisa Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

4 menit
Mendapatkan tiket pesawat murah sudah menjadi impian banyak orang (Shutterstock).
Mendapatkan tiket pesawat murah sudah menjadi impian banyak orang (Shutterstock).

Harga tiket pesawat murah sudah menjadi impian sebagian orang yang ingin mudik atau pulang kampung saat Lebaran. Tetapi yang ada saat ini malah harga-harga sudah melonjak tinggi bahkan sebelum bulan puasa tiba.

Tetapi guys, kamu jangan berkecil hati dulu. Masih ada beberapa cara kok supaya kamu bisa pulang kampung dengan harga tiket yang masih terjangkau. Mengutip dari laman Kompas.com, kamu bisa mendapatkan harga tiket diskon atau promo yang diberikan maskapai.

Juga ada beberapa tips untuk mendapatkan tiket pesawat murah tersebut. Apa aja sih? kita simak yuk ulasannya berikut ini:

Baca juga: Mudik Irit Tanpa Bikin Kantong Bolong, Begini Panduan yang Perlu Kamu Ketahui

1. Mendapatkan tiket pesawat murah dengan memanfaatkan media sosial dengan baik

Tiket pesawat murah
Manfaatkan media sosial dengan baik (Pexels).

Media sosial jangan hanya kamu jadikan ajang pamer kegiatan sehari-hari saja. Gunakan juga untuk mencari promo tiket pesawat dong. Sudah saatnya kamu mengikuti beberapa akun atau website maskapai penerbangan.

Sebab beberapa maskapai penerbangan ternyata kerap memberikan informasi promo di awal pekan. Head of Communication AirAsia Indonesia, Baskoro Adiwiyono mengatakan, pihaknya kerap menggelar promo dan biasanya diumumkan setiap hari Senin.

“Jadi setiap Senin pagi merupakan salah satu waktu yang tepat untuk mengecek promo,” kata Baskoro, kepada Kompas.com belum lama ini.

2. Hindari libur panjang

Tiket pesawat murah
Cek kalendar, hindari libur panjang (Pexels).

Kalau kamu sekedar ingin jalan-jalan saja dengan menggunakan transportasi udara, coba jangan pilih di musim libur panjang seperti momen Lebaran saat ini. Pasalnya, kamu bakalan bersaing dengan mereka yang ingin mudik ke kampung halaman.

Niat kamu jalan-jalan di momen tersebut lebih baik diurungkan saja. Pilih hari lain atau jangan yang ada momen libur panjang seperti Lebaran nanti.

Kenapa? hal ini wajib kamu hindari kalau ingin mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah. Di momen Lebaran nanti yang juga merupakan libur panjang, pihak maskapai penerbangan pasti sudah menaikkan harga tiket.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Persiapkan Mudik Lebaran? Ini Jawabannya

3. Cari low season

Tiket pesawat murah
Saat low season sepi pelancong (Pexels).

Kamu merencanakan traveling menggunakan moda transportasi udara di saat long wiken atau peak season, ya siap-siap mendapatkan harga tinggi. Tunda dulu sampai low season, dengan begitu kamu bisa mendapatkan harga tiket pesawat lebih murah. Sebab di saat itulah maskapai menurunkan harga tiketnya

4. Jadilah member maskapai penerbangan

Tiket pesawat murah
Jadilah member maskapai penerbangan (Pexels)

Cara lain untuk mendapatkan potongan harga atau promo tiket pesawat adalah dengan menjadi member di maskapai penerbangan tersebut. Cobalah untuk ikut program rewards atau benefit maskapai.

Pasalnya, dengan itu kamu bisa memiliki kesempatan khusus mengakses promosi harga tiket yang murah dan lebih dahulu sebelum dibuka untuk publik. Lebih menarik bukan?

Baca juga: Alhamdulilah, Harga Tiket Pesawat Akhirnya Turun! Ini Besarannya

5. Beli tiket jauh hari

Tiket pesawat murah
Beli tiket pesawat dari jauh hari (Pexels).

Cara ini masih dianggap efektif oleh sebagian besar orang untuk mencari tiket murah. Waktu pemesanan tiket penerbangan memengaruhi harga tiket lho.

Coba deh kamu beli tiket baik itu untuk mudik maupun traveling biasa jauh hari keberangkatan. Minimal 3-6 bulan sebelumnya. Karena semakin dekat hari keberangkatan, harga tiket akan semakin mahal.

6. Coba destinasi yang belum populer

Tiket pesawat murah
Mencoba ke destinasi belum populer (Pexels).

Jika libur Lebaran ini akan kamu habiskan untuk pelesiran ke rute tertentu dan harga tiket mahal banget, coba cara lain. Yakni dengan mengubah rute destinasi kamu tersebut ke yang belum populer. Biasanya maskapai menawarkan tiket murah untuk destinasi yang belum populer tersebut.

7. Jajal rute baru

Tiket pesawat murah
Menjajal rute baru dari suatu maskapai penerbangan (Pexels).

Bisa juga kamu mencoba opsi yang satu ini. Sejumlah maskapai kerap kali membuka rute-rute penerbangan baru setiap tahunnya. Nah kalau kamu seorang traveler sejati, bisa dong mencoba terbang ke rute baru tersebut. Maskapai akan memberikan harga tiket yang lebih murah ketimbang rute yang sudah mainstream.

Nah itu tadi beberapa cara jitu untuk mendapatkan tiket pesawat murah baik untuk mudik atau sekedar jalan-jalan saja. Kalau memang punya cukup uang ya gak ada salahnya beli mendadak, tapi sayang aja sih karena uangnya bisa dipakai saat pelesiran tersebut atau untuk membeli oleh-oleh di kampung halaman kan? Semoga informasi ini bermanfaat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!