Banner ImageBanner Image

Mau Traveling Buat Menikmati Musim Gugur yang Seru? Kunjungi 6 Destinasi Ini

5 menit
menikmati musim gugur

Punya rencana traveling buat menikmati musim gugur? Jelas destinasinya bukan di Indonesia, karena kita cuma punya dua musim.

Kecuali mau piknik ke Taman Buah Mekarsari melihat daun-daun mangga, jeruk, atau sawo berguguran. Murah sih ke Mekarsari, tapi ada sederet tempat wisata di luar negeri yang enak dijadikan lokasi berlibur tapi juga tetap ramah kantong.

Dari berjalan-jalan di tengah suasana romantis di Paris, sampai berwisata kuliner menikmati makanan Jepang di Kyoto. Semua bisa dilakukan dengan mudah dan terjangkau.

Berikut ini enam destinasi yang bisa dikunjungi untuk wisata musim gugur yang seru:

1. Paris

Kota ini identik dengan keromantisan, seni, dan mode. Ini rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi di Paris:

– Taman kota

Ada buanyaak taman kota di Paris yang nyaman dan enak buat menikmati suasana musim gugur. Di antaranya adalah Bois de Vincennes yang luas dan dilengkapi danau, The Tuileries yang punya patung-patung menarik, Jardin des Plantes yang dipenuhi bunga, serta The Parc Buttes-Chaumont yang romantis dan tersembunyi dari kebanyakan turis.

– Katedral dan museum

Bicara Paris, tentu gak lepas dari banyaknya bangunan tempo dulu, termasuk katedral. Arsitektur dan sejarah katedral di Paris layak dinikmati dan dipelajari sebagai atraksi wisata. Antara lain Notre-Dame yang bergaya gothic menarik, Sainte-Chapelle yang kerap bermandikan cahaya, Basilica of St Denis tempat kuburan keluarga kerajaan, serta St-Gervais-St-Protais yang menjadi saksi tragedi Perang Dunia I. Gak lengkap rasanya kalau ke Paris tanpa berkunjung ke museum. Coba saja ke Louvre yang amat populer atau Musée Rodin untuk melihat karya seni patung.

menikmati musim gugur
Pemandangan Paris saat musim gugur memang benar-benar cantik deh (Paris/Mama Loves Paris)
–  Hangout malam hari

Saat malam tiba, jangan langsung tidur. Nikmati dulu suasana malam Paris di Oberkampf yang populer sebagai destinasi wisata malam. Bisa juga ke Bastille untuk cari nuansa gemerlap ala anak muda. Atau mau yang lebih ramah di kantong, bisa ke Ménilmontant dan Gambetta yang punya banyak kafe serta bar untuk hangout.

2. Berlin

Ibu kota Jerman ini punya tempat tersendiri dalam sejarah dunia. Menikmati musim gugur di Berlin pun bisa sekalian mempelajari sejarah di sana.

– Taman dan kanal

Landwehrkanal sangat oke buat menikmati sore. Berjalan di samping kanal sambil lihat daun kuning berguguran. Pemandangan ini gak bakal ditemui di tepi Ciliwung tentunya. Kalau mau yang lebih menantang, bisa ke Grunewald. Hutan ini sangat luas dan di desa setempat terdapat sejarah yang berkaitan dengan Holocaust pada zaman Hitler.

– Layang-layang dan sepeda

Musim gugur di Berlin adalah musim layang-layang. Kita bisa menikmati suasana alam sembari menerbangkan layang-layang di Tempelhof Field. Bila ingin menikmati sekelumit sejarah Jerman, bersepedalah menyusuri Tembok Berlin. Ada jalur sepeda khusus di sana yang nyaman.

– Film anti-mainstream

Bila hobi menonton film, jangan lewatkan nonton beragam film keren di Berlin. Di sini terdapat sejumlah bioskop kecil dan besar yang kerap memutar film-film indie. Tapi harus dilihat dulu ya apakah ada subtitle bahasa Inggris yang ditampilkan. Kalau bahasa Indonesia jelas ndak ada.

3. London

London bisa dibilang mirip dengan Paris, terutama soal taman-tamannya. Jadi, gak lengkap rasanya kalau musim gugur tanpa piknik di taman London.

– Taman

Taman yang menarik dikunjungi saat musim gugur antara lain Hyde Park. Inilah taman paling terkenal di sini. Lalu ada Postman’s Park yang sunyi. Juga Richmond Park yang direkomendasikan buat yang suka bersepeda.

– Festival

Saat musim gugur, banyak festival digelar di London. Di antaranya Jazz Festival, Design Festival, Film Festival, Literature Festival, hingga Restaurant Festival.

menikmati musim gugur
Wah kalau sudah terdampar di London pasti mau pulang pun males (London/London Walk Blog)
– Jembatan

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sekitar Jembatan London. Dari piknik menikmati Sungai Thames yang begitu besar hingga menyeruput secangkir kopi di kafe pinggir sungai.

4. Montreal

Dibanding sederet destinasi wisata di atas, mungkin Montreal paling asing. Tapi kota di Kanada ini menyimpan potensi sebagai lokasi wisata yang keren saat musim gugur.

– Garden of Lights

Taman Botani di Montreal rutin menggelar acara Garden of Lights setiap kali menjelang musim dingin. Dalam acara yang mengikuti festival lentera di Cina ini, taman menjadi penuh dengan cahaya sehingga indah dinikmati kala malam hari.

– Nikmati kota dari bukit

Ada Mount Royal di Montreal yang bisa didaki untuk menikmati pesona kota, baik malam maupun pagi. Bukit ini gak terlalu tinggi, jadi gak perlu bawa perlengkapan seperti hendak mendaki Merapi.

– Hoki

Bukan hoki yang berarti beruntung, melainkan pertandingan hoki. Kanada terkenal akan permainan hokinya, yang kadang diwarnai perkelahian antar-pemain yang seru. Lihat langsung betapa serunya hoki di sini, sesuatu yang gak bisa ditemui tiap hari di negeri sendiri.

5. New York

Musim gugur di New York bakal lebih istimewa kalau dinikmati bareng kawan-kawan, kalau gak punya pasangan. Taman, seni, dan budaya adalah tema utama wisata di kota ini.

– Taman

Central Park yang terkenal wajib masuk daftar pilihan. Tamannya luas dan cantik, bahkan ada kebun binatangnya. Di New York Botanical Garden, ada festival labu raksasa yang juga menarik dalam suasana Halloween.

– Museum

Sembilan jenis museum terdapat di Metropolitan Museum of Art. Ada museum zaman Romawi sampai khas Asia-Afrika, juga seni modern. Kalau mau lebih mengenal alam, bisa datang ke American Museum of Natural History.

menikmati musim gugur
Sesampainya di New York langsung puter lagunya Frank Sinatra New York New York, makin seru deh suasananya (New York/Flickr)
– Festival

Kota ini juga kaya akan festival yang sering diadakan. Pada musim gugur, festival yang kerap digelar antara lain Oktoberfest yang serupa dengan yang ada di Jerman.

6. Kyoto

Jepang bukan hanya soal Tokyo. Kyoto, ibu kota lama Negeri Sakura, juga menyimpan banyak tempat wisata yang menarik, terutama saat musim gugur.

– Taman dan kuil

Bila hendak menikmati pemandangan daun merah kekuningan, banyak sekali pilihan di Kyoto. Lokasi kuil yang dikelilingi taman menjadi tempat yang populer untuk wisata ini. Di antaranya di Sanzenin, Yoshiminedera, Kodaiji, dan Tofukuji. Kenyataannya, banyak kuil yang memang memberi kesempatan wisatawan untuk memanjakan mata melihat daun beraneka rupa.

– Kuliner

Kyoto adalah surganya kuliner. Bila bujet ketat, coba kafe atau resto yang murah meriah aja. Misalnya Nishijin Inokuma Café yang menyajikan masakan rumahan. Atau Tomi Sushi yang punya sajian khas sushi. Selain itu, di Sukemasa, ada gyoza yang terkenal enak namun murah.

Traveling ke luar negeri gak harus selalu mahal. Cara paling simpel agar liburan murah tentunya merencanakannya sejak jauh hari. Beli tiket setidaknya enam bulan hingga setahun sebelumnya. Cari yang lagi ada diskon, misalnya dengan membayar pakai kartu kredit.

Ketika di luar negeri pun kita masih bisa melakukan penghematan bila punya kartu kredit. Bila bertransaksi pakai kartu kredit Citi Premiere Miles, contohnya, ada reward berupa miles setiap kali transaksi.

Kalau transaksi di luar negeri, kamu bakal dapet satu mile untuk tiap transaksi Rp 5.000 dengan mata uang asing. Nantinya, miles ini bisa dikumpulkan dan ditukar dengan tiket pesawat gratis. Lumayan kan buat menghemat biaya traveling selanjutnya.

Satu hal yang perlu diingat, traveling adalah kebutuhan yang sebaiknya dipenuhi agar kehidupan jadi seimbang. Kerja terus nanti bisa stres, malah berpengaruh ke kehidupan dan karier lho. Kalau bahasa kerennya, “Work hard, play hard!”.

 

 

-insert: http://get.duitpintar.com/citi-premiermiles-kartu-kredit-content/?ref=CTAMauTravelBuatMenikmatiMusimGugur

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Pilih 4 Kartu Kredit Terbaik untuk Travel Ini Biar Liburan Lebih Hemat]

[Baca: Buat yang Doyan Traveling, Pilih Kartu Kredit yang Kayak Gini]

[Baca: Ternyata Ini 7 Alasan yang Bikin Kita Gagal Traveling dan Harus Dibenerin]

[Baca: Pilih 1 Minggu Travel Mewah atau 1 Bulan Travel Merakyat?]

Hardian
Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan