Banner ImageBanner Image

Bukan Mimpi, Siapin Duit Segini Buat Liburan ke Luar Angkasa!

2 menit

Pernah gak sih mimpi wisata ke luar angkasa? Melakukan ekspedisi di luar angkasa kayak yang terjadi di film “Interstellar” pasti seru banget.  Bisa juga jalan-jalan keliling galaksi dengan kereta api kayak di cerita Doraemon.

Tahu gak bahwa wisata ke luar angkasa bukan cuma ada di cerita fantasi. Bukan cuma NASA, bahkan kamu pun bisa bikin agenda liburan ke sana. Iya, liburan!

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menawarkan paket penjelajahan antariksa. Meskipun kamu bukan astronot, beberapa tahun ke depan, wisata keliling galaksi gak cuma jadi mimpi.

7 Perusahaan ini tawarkan wisata luar ke angkasa

Space Exploration Technologies (SpaceX) dibangun Elon Musk pada tahun 2002. Dengan SpaceX, Musk memiliki misi membawa manusia tinggal dan hidup di Mars. SpaceX sudah sering meluncurkan roketnya ke luar angkasa, dan bahkan berhasil membawa mobil sport Tesla milik Musk.  

Selanjutnya ada Orbital ATK, perusahaan yang mendesain dan membangun roket untuk keperluan komersial, militer, dan pemerintah. Pada 2013 lalu, perusahaan ini berhasil menerbangkan kargo untuk penghuni ISS (International Space Station) dengan roket tanpa awak.

Gak mau kalah, Jeff Bezos, pendiri Amazon, juga mendirikan Blue Origin. Perusahaan pembuat roket yang telah berhasil menerbangkan roket bernama New Shepard ke luar angkasa beberapa kali.

Kabarnya, Blue Origin sedang melakukan uji coba untuk memberangkatkan manusia ke luar angkasa di tahun ini. Roket New Shepard diramalkan mampu membawa 6 orang pada ketinggian melebihi garis Von Karman atau 100 kilometer dari permukaan laut bumi.

Sebelum mulai terbang, Blue Origin akan memberikan pelatihan seperti sekolah diving. Kamu akan mendapatkan pelatihan seperti calon astronot agar bisa aman berada di atas bumi nanti.

Sementara perusahaan pesawat luar angkasa Rusia, KosmoKurs telah membuat desain roket yang bisa angkut turis hingga hampir 200 kilometer di atas permukaan laut bumi. KosmoKurs sudah menyiapkan armada untuk terbang di 2020 nanti. Penerbangan ini akan berlangsung selama 15 menit.

Ada pula Virgin Galactic, perusahaan luar angkasa komersial Britania Raya. Anak perusahaan dari Virgin Group ini sengaja didirikan Richard Branson memang untuk membawa wisatawan ke luar angkasa. Selain itu, masih ada Bigelow Aerospace dan SpaceDev.

Ini biaya yang harus disiapkan

Happy #EarthDay

A post shared by SpaceX (@spacex) on

Dilansir dari berita Rusia, TASS, KosmoKurs memasang tarif sekitar USD 200-250 ribu atau sekitar Rp 3-3,5 miliar per tiket wisata. Tarif ini gak jauh berbeda dengan yang dibanderol Virgin Galactic, yaitu sekitar Rp 3,3 miliar. Wisata yang ditawarkan oleh Virgin Galactic bahkan telah dipesan hingga 700 orang, lho.

Ternyata, banyak dari pemesannya yang berasal dari kalangan selebriti, seperti Angelina Jolie, Paris Hilton, Tom Hanks, dan Ashton Kutcher.

 

Gimana, tertarik gak wisata ke luar angkasa?

Kalau menurumu harga tiketnya kelewat mahal, mungkin kamu bisa pilih alternatif lain kayak jalan-jalan ke bulan.

Perusahaan Moon Express menawarkan liburan ke bulan dengan harga sekitar Rp 1,4 miliar per orang. Liburan perjalanan ke bulan ini baru akan dimulai pada tahun 2026. Jadi, kalau kamu benar-benar tertarik, masih ada banyak waktu buat mengumpulkan duitnya.

 

Ayo nabung!

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong