Melongok Rumah Orang Terkaya di Dunia ke 5 yang Terlihat ‘Sederhana’

4 menit
Rumah bos Facebook Mark Zuckerberg (Shutterstock).

Butuh inspirasi membangun rumah? Rumah Mark Zuckerberg, pendiri Facebook yang merupakan orang terkaya kelima di dunia sepertinya bisa menjadi inspirasi.

Bukan rahasia lagi bahwa pria yang kerap disapa Zuck ini punya rumah di Palo Alto, yang juga jadi tempat resepsi pernikahannya dengan Priscila Chan. Rumah pria yang terkenal dengan sikap low profilenya ini kental dengan gaya Amerika.

Bila dibilang mewah, kayaknya sih gak semewah rumah-rumah artis Hollywood. Dan memang tergolong sederhana.

Tentu saja, desain eksterior, interior, maupun tata letak perabotan di rumah milik Zuck bisa kamu jadikan inspirasi untuk membangun rumah di kemudian hari.

Penasaran rumah Mark Zuckerberg yang katanya sederhana? Yuk simak bahasannya di bawah ini.

Baca juga: 4 Cara Cerdas Ajarkan Keuangan pada Anak, Sederhana Kok!

1. Desain jadul tapi homey

Desain jadul tapi homey (http://media.rooang.com).

Rumah ini memang bergaya Amerika jadul, namun jangan salah lho desain ini gak bakalan kuno dan tetap jadi pilihan karena sifatnya homey alias bikin betah. Gaya ini kerap menggunakan warna dasar putih atau soft, serta memiliki unsur batu bata di depannya.

Sejatinya gak cuma klasik ya, melainkan juga terlihat lebih kokoh. Desain jadul ini sejatinya diadopsi dari rumah-rumah era kolonial.

Akan tetapi, rumah-rumah seperti ini punya pekarangan luas. Zuck juga membangun kolam renang di halamannya yang disertai dengan gazebo.

Seandainya pekarangan rumahmu gak besar, mungkin cara lain untuk menatanya adalah dengan merapihkan tanaman di sekitarnya. Gak perlu menaruh hiasan taman seperti patung dan sebagainya, itu justru bakal membuat rumahmu terlihat berlebihan.

Usahakan agar taman juga terlihat minimalis. Taruh saja kursi untuk duduk santai di belakang, itu sudah cukup kok.

2.  Interior menggunakan lantai kayu

Interior menggunakan lantai kayu (http://media.rooang.com).

Lantai kayu dipilih untuk menjadikan interior ini terasa jadi lebih hangat. Kamu tentu bisa meniru cara ini ketika membangun rumah. Akan tetapi, lantai kayu juga butuh perawatan yang intensif ya dan pemasangannya memang cukup mahal.

Tapi efeknya adalah, rumahmu bakal terlihat elegan. Terlepas dari banyaknya perabotan atau tidak.

Namun ada baiknya untuk memilih desain minimalis saja seperti rumah Zuck. Tujuannya biar ruangan itu gak terlihat makin sempit.

Penggunaan lantai kayu juga membuat unsur rustic di sebuah rumah jadi makin kuat.

Baca juga: Mulai Sekarang, Jangan Buang Slip Gaji Kamu, Ini Alasan dan Keuntungannya

3. Ada perapian

Salah satu unsur yang gak boleh dilupakan dalam sebuah rumah bergaya Amerika adalah adanya perapian di ruang keluarga (http://media.rooang.com).

Salah satu unsur yang gak boleh dilupakan dalam sebuah rumah bergaya Amerika adalah adanya perapian di ruang keluarga.

Perapian mungkin identik banget dengan tempat munculnya Santa Klaus saat natal. Dan obyek ini jelas gak umum ada di rumah-rumah orang Indonesia, di sini gak pernah ada musim salju.

Tapi gak ada salahnya kan untuk membuat perapian saat membangun rumah barumu. Perapian kadang bisa menambah estetika tersendiri lho.

Zuck menempatkan perapian itu di ruang keluarganya yang jadi satu dengan rak buku. Alhasil, ruangannya pun terlihat cozy.

Di samping itu, gak ditemukan televisi sama sekali di ruangan ini. Otomatis tampilan klasiknya jadi makin keluar.

4. Ada 2 ruang makan

Ruang makan (http://media.rooang.com).

Nah kalau konsep yang satu ini memang cuma bisa diaplikasikan di rumah berukuran besar. Kalau ukurannya kecil ya tentunya bakal makan tempat.

Sejatinya, bukan cuma Zuck yang menerapkan konsep ini. Dave Mustaine juga rumahnya punya dua ruang makan lho.

Ruang makan pertama menyatu dengan dapur, sementara itu ruang makan yang kedua adalah ruang makan formal.

Ruang makan formal pastinya digunakan untuk makan besar dan menyambut tamu-tamu yang datang ke rumah. So, tertarik bikin dua ruang makan saat membangun rumah barumu? Atau mending satu saja nih biar praktis?

Baca juga: Biar Gak Kalah Sama Ibu Rumah Tangga, Ini Trik Jitu Tawar Menawar di Pasar

5. Minim hiasan dinding

Minim hiasan dinding (http://media.rooang.com).

Hiasan dinding berupa lukisan, foto, dan sebagainya memang jarang terlihat di rumah Mark Zuckerberg. Namun itulah yang dinamakan konsep minimalis sejati.

Dengan minimnya hiasan dinding itu, tata interior jadi terlihat lebih bersih. Otomatis, rumah ini gak bakal terlihat membosankan bukan?

6. Warna muda di kamar mandi

Kamar mandi rumah Zuck juga masih kental dengan nuansa Amerika (http://media.rooang.com).

Kamar mandi rumah Zuck juga masih kental dengan nuansa Amerika. Rumah-rumah di sana, rata-rata memadukan warna yang muda dan pastel di dindingnya.

Zuck pun memilih perpaduan warna biru muda dan putih. Alhasil, kamar mandi itu jadi terlihat makin luas.

Terdapat bathub, ruang shower, dan meja counter yang panjang di kamar mandi Zuck. Boleh juga sih untuk memilih kombinasi dua warna ini di kamar mandimu.

Cocok gak ya membangun rumah ala Mark Zuckerberg di Indonesia?

Begitulah rumah Mark Zuckerberg yang sederhana dan bisa dijadikan inspirasi buatmu yang sedang membangun rumah. Sederhana, bergaya Amerika, dan memiliki sedikit unsur rustic. Berminat untuk menjadikan rumahmu seperti ini? Eits tunggu dulu.

Tanyakan dulu pada dirimu, apakah ide ini cocok diterapkan untuk rumah Indonesia? Well, tergantung selera sih. Kalau menurutmu sendiri gimana?

Untuk minimalisnya, mungkin kamu bisa meniru rumah ini lantaran lebih minim biaya dalam dekorasi.

Tapi perhatikan dulu deh rumah milik Zuck punya perapian dan dua ruang tamu. Dan pastikan saja, apakah ruang makan sebanyak itu memang dibutuhkan? (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Pensiunan jurnalis, praktisi humas, dan seseorang sempat aktif di dunia beladiri campuran. Sekarang telah menjadi perencana keuangan yang sangat antusias dengan hal-hal yang berkaitan dengan pasar modal.