Melunasi Utang Sering Jadi Kesulitan, Ini 5 Alasan Utamanya

3 menit

Berhasil melunasi utang yang menumpuk mungkin bisa bikin hidup seseorang lebih tentram. Gak perlu lagi deh ada istilah punya utang itu kayak dikejar-kejar setan.

Ya itu sih buat mereka yang bisa bayar utang. Tapi kalau buat orang lain yang gak sanggup bayar gimana? Tetap aja kan mereka terus dikejar-kejar setan?

Memangnya kenapa sih kok banyak orang yang gak bisa melunasi utang? Nah, berikut dibahas alasan kenapa utang-utang mereka sering banget gak bisa kebayar. Yuk simak.

1. Gak punya cukup uang

Melunasi Utang
Ya gimana gak ada uang (bplans)

Alasan mengapa banyak orang gak bisa melunasi utang tentu saja karena gak punya cukup uang buat membayarnya. Boro-boro buat bayar utang, buat mencukupi kebutuhan sehari-hari aja mungkin sulit bagi mereka.

Nah, kalau kondisinya udah kayak gini kan sulit jadinya buat bayar utang. Solusinya adalah mereka yang punya utang harus menambah penghasilan dan berhemat agar bisa melunasi utang mereka biar gak terus numpuk.

[Baca: Stress Terlilit Utang Bank? Jangan Panik, Begini Opsi Penyelesaiannya]

2. Gak berniat bayar utang

Gak berniat bayar utang
Ada uang tapi gak niat bayar (sedanghangat)

Suka kesel gak sih kalau ada orang yang punya utang tapi gak pernah inisiatif buat membayarnya? Tipe-tipe orang kayak gini nih yang biasanya bayar utang kalau udah ditagih sama yang yang punya piutang.

Mending kalau pas ditagih langsung bayar. Lah ini banyak banget tipe orang yang punya utang yang harus ditagih berkali-kali dulu baru bisa bayar.

Kalau istilah dalam bahasa Sundanya “Lagu Nginjem Gampang, Lagu Mayar Hararese” atau pas pinjem gampang, pas bayarnya susah.

Solusinya kalau sama orang-orang kayak gini, mesti coba minta tolong sama kerabat dekatnya. Mungkin mereka bisa coba ajak omong baik-baik dan membujuk kerabat pengutang untuk “jadi niat”.

3. Ngutang terus

Ngutang terus
Ngutang terusss (moneygossips)

Yang namanya utang itu gak pernah memandang bulu. Mau warga biasa, mau artis hingga pengusaha pun banyak yang suka ngutang. Pastinya utang mereka gunakan buat berbagai kebutuhan masing-masing.

Masih ingat kan presenter dan selebgram Angela Lee yang berutang sampai Rp 25 miliar dan jadi trending topic tahun lalu. Nah, alasan Angela gak bisa melunasi utang puluhan miliar ini karena dia doyan banget gali lubang tutup lubang atau ngutang buat bayar utang.

[Baca: 7 Kesalahan Angela Lee yang Bikin Utangnya Numpuk Sampai Rp 25 Miliar]

Selain kasus Angela, mungkin kasus-kasus lain juga banyak terjadi. Perilaku terus ngutang sebelum utang lain lunas mungkin sering dilakukan oleh orang-orang.

Kalau sudah kayak gitu ya pasti susah dong bisa melunasi utang. Bukannya terbayar, yang ada malah terus menggunung tuh utang.

4. Merasa utang bukan beban

Merasa utang bukan beban
Seperti gak punya utang (orbitz)

Punya kenalan orang yang punya utang tapi hidupnya merasa gak punya beban? Mungkin ada sih ya. Atau malah banyak tipe orang kayak gitu berkeliaran di luaran sana.

Parahnya lagi, orang-orang kayak gini tuh bukannya melunasi utang sedikit-sedikit dengan cara dicicil, tapi mereka malah merasa gak punya beban utang dan asik belanja ini dan itu.

Harusnya sih orang-orang kayak gini tuh sadar kalau mereka punya utang ke orang lain atau ke pemberi pinjaman. Kalau sikap mereka kayak gini terus ya mana bisa mereka melunasi utang, ya kan?

5. Utang lebih besar dari pendapatan

Utang lebih besar dari pendapatan
Tabungannya sampe minus gitu (Google)

Mau berutang silahkan aja, gak ada yang ngelarang kok. Tapi besaran utang harus diperhitungkan juga. Jangan sampai nominal utang yang kamu ambil melebihi kapasitas kemampuan kamu.

Sebagai contoh, kalau mau ambil kredit mobil atau rumah, besaran cicilannya gak boleh melebihi 30 persen dari penghasilan kamu. Karena kalau udah melebihi batas nominal tersebut, dikhawatirkan kamu gak bakal bisa membayar cicilan.

Malah mungkin di luaran sana banyak orang yang punya utang melebihi penghasilan bulananannya berkali lipat. Bisa saja mereka punya cicilan mobil ke bank, punya pinjaman uang ke koperasi, punya pinjaman uang ke saudara atau teman sehingga utang mereka terus numpuk.

Kalau udah banyak utang di mana-mana kan repot juga. Mau bagaimana coba cara melunasinya kalau penghasilannya saja pas-pasan.

Makanya, sebaiknya sih berutanglah dengan bijak. Ukur dulu kemampuan sebelum memutuskan untuk punya utang. Karena kalau utang lebih besar dari penghasilan, ya itu tadi, susah untuk melunasinya, ya kan?

[Baca: 6 Tips agar Gak Terlilit Utang Berkali-Kali dan Berujung Bangkrut]

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.