Biar Hubungan Langgeng, Begini Etika Membayar Saat Kencan!

3 menit
Kencan
Siapa sih yang harus bayar saat kencan? Kamu, dia atau bagi dua? Ini etikanya (Shutterstock0

Saat kencan, banyak pasangan yang masih bingung etika bayar membayar. Pasalnya tak bisa dipungkiri uang menjadi salah satu hal yang sangat sensitif, sekalipun untuk orang tersayang.

Meski begitu, umumnya sang pria lah yang harus mengeluarkan uang saat nge-date. Namun, seiring waktu hal tersebut mulai berubah. Kini, para wanita sudah tak sungkan menggelontorkan uang demi menikmati momen indah bersama pacar.

Padahal, saat menikah nanti, kewajiban pria yang mencari nafkah karena tugasnya sebagai kepala rumah tangga.

Tapi, kondisi tersebut tentu berbeda saat masih pacaran. Karena gak ada pernyataan yang mengharuskan seorang pria bertanggung jawab membayar semua saat kencan. Itu hanya soal etika saja.

Namun, apakah harus selalu begitu? Bagaimana jika si pria sedang dalam kondisi keuangan yang tidak baik? Apakah harus memaksakan tetap dia yang mengeluarkan uang?

Kali ini MoneySmart ingin memberikan beberapa informasi terkait etika bayar membayar saat kencan. Tujuannya, biar gak ada rasa tak enak hati dan bisa menjaga hubungan agar tetap langgeng. Apa saja? Simak di bawah ini:

Saat kencan pertama, pria lah yang harus bayar

Kencan
Saat kencan pertama pria yang bayar (Shutterstock)

Kencan pertama menjadi salah satu momen paling membahagiakan dan sangat ditunggu-tunggu setiap pasangan yang tengah kasmaran.

Agar acara kencan pertama kalian berkesan dan gak meninggalkan kejadian tak mengenakkan, sang pria lah yang bertanggung jawab membayar biaya saat kencan pertama. Mulai dari nonton, hingga makan.

Coba bayangkan kalau tiba-tiba si cewek hilang feeling alias illfeel sama kamu, saat kamu meminta dia ikut membayar biaya kencan. Padahal sebelumnya, si wanita sudah ingin menerimamu sebagai pacarnya.

Perkara uang Rp 100 ribu, Rp 200 ribu, kamu jadi kehilangan wanita idaman deh. Kalau udah kayak gitu sih, siap-siap aja menyesal!

Baca juga: Bisnis Bareng Pacar Bisa Cuan, Asalkan…

Saat udah pacaran, yang mengajak pergi yang harus membayar

Malam minggu selalu identik dengan malamnya orang pacaran. Meski gak semua pasangan menerapkan hal tersebut, sebagian orang biasanya kerap menghabiskan malam minggunya bersama orang terkasih.

Apalagi, untuk mereka yang gak punya banyak waktu di hari Senin hingga Jumat karena kerja. Jadi, umumnya memanfaatkan hari Sabtu untuk kencan dan minggu untuk istirahat di rumah.

Nah, kalau kamu punya jadwal kencan reguler setiap hari Sabtu. Urusan bayar membayar bisa dilakukan seperti biasa atau sesuai kesepakatan.

Namun, jika tiba-tiba kamu berencana kencan di luar jadwal biasa. Maka, yang mengajaklah yang memiliki kewajiban untuk membayar.

Baca juga: 6 Tips Keuangan Ini Bikin Hubungan Kamu dan Pacar Lebih Awet

Yang ulang tahun, yang wajib traktir

Kencan
Yang ulang tahun yang bayar kencan (Shutterstock)

Sudah menjadi tradisi di Indonesia, bahwa yang ulang tahun lah yang wajib traktir. Tak hanya berlaku untuk teman-teman tapi juga untuk pacar lho.

Kalau kamu rela menggelontorkan uang demi mentraktir sahabat-sahabatmu, masa iya gak mau traktir pacar sendiri.

Jadi, rasanya gak ada salahnya kok kalau kamu harus membayar biaya kencan saat ulang tahun sendiri. Si pacar mungkin sudah menghabiskan banyak uang untuk membeli kue dan hadiah buat kamu.

Bayar berdua

Kencan
Bayar kencan berdua (Shutterstock)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalau tak ada salahnya wanita mengeluarkan uang saat kencan. Terlebih jika kondisi keuangan si pria sedang tak baik. Masa iya kamu tega melihat si pacar pusing mikirin duit cuma buat kencan.

Namun, umumnya pria itu memiliki gengsi yang sangat tinggi alias gak mau dibayarin oleh pacarnya. Nah, kamu bisa menyiasatinya dengan bayar berdua. Misalnya, si pria bayar biaya nonton, sedangkan kamu bisa traktir makannya. Jadi sama-sama enak bukan?

Itulah etika membayar biaya kencan yang perlu kamu lakukan agar hubungan tetap langgeng dan awet.

Karena uang menjadi salah satu hal sensitif, gak ada salahnya membahasnya dengan sang kekasih untuk mencegah kesalahpahaman. Setuju? (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!