Minat Koleksi atau Membeli Berlian? Kamu Mesti Perhatikan Hal-hal Ini

4 menit
Minat Koleksi atau Membeli Berlian Kamu Mesti Perhatikan Hal-hal Ini Lho!, (Ilustrasi/Shutterstock).

Masih ingat dengan pepatah “Diamonds are girl’s best friend”? Ya, berlian emang banyak digemari nih oleh perempuan di luar sana. Nah, buat kamu yang emang pengin memiliki berlian sebaiknya mesti mengetahui beberapa hal ini.

Kalau mendengar kata berlian emang bisa dibilang salah satu perhiasan yang mahal banget harganya. Ya, gimana gak mahal, buat 1 carat berlian dengan jenis yang bagus atau superior aja bisa mencapai puluhan juta rupiah bahkan ratusan juta rupiah.

Terkadang orang awam buat mengetahui kualitas jenis perhiasan ini bagus atau gak susah-susah gampang. Biasanya kalau udah begini mereka bakal lari ke ahlinya yang paham dengan kualitas diamond nih.

Seperti dikutip dari Okezone.com, Rabu, (13/2/2019) Bagi orang awam bisa aja mengetahui kualitas diamond yang baik agar gak ketipu dengan si penjual. Apalagi, buat kamu yang kadang suka ikut arisan yang namanya memperjual belikan barang termasuk berlian ada ya kan?

Deputy Head of Institute Gemology Paramita, Leticia Paramita mengatakan ada beberapa hal ini yang mesti dipehatikan bagi calon pembeli diamond atau istilahnya “newbie”. Sebelum kamu membeli perhiasan ini ada baiknya memperhatikan kriteria 6 c, penasaran dengan hal ini? Yuk, kita simak bareng-bareng di bawah ini:

Baca juga: Investor Pemula Bisa Untung Banyak lewat Investasi Berlian, Begini 6 Caranya!

1. Carat

Semakin berat carat perhiasan diamond kamu bakal makin mahal harganya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, kamu pasti udah gak asing lagi dengan yang namanya carat? Pasti sering banget mendengar ketika seseorang membicarakan “berapa carat diamond yang kamu punya?”.

Carat itu menjelaskan makin berat diamond yang kamu miliki bakal semakin mahal banget harganya. Itu artinya, nilai perhiasan yang kamu beli harganya selangit dan kualitasnya udah superior.

Baca juga: Sama-sama Berkilau, Investasi Emas atau Berlian Ini Bisa Kasih Untung Besar

2. Color

Di setiap sisi berlian pasti memiliki warna atau yang biasa disebut dengan fancy color diamond, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bila kamu sering melihat batu perhiasan ini dengan warna putih atau jernih dan semakin bening artinya kualitas yang dimiliki semakin mahal. Apalagi buat fancy color diamond ,seperti pink, merah, biru di bagian tertentu si berlian.

Biasanya nih buat fancy color diamond sangat mahal banget harganya dan susah didapatkan. Jika ada juga dengan jenis tersebut bakal gak diketahui berapa harganya si diamond ini.

Baca juga: Aleta Molly, Cicit Pahlawan Asal Aceh yang Senang Bagi-Bagi Berlian

3. Clarity

Bagi kamu yang minat membeli atau mengkoleksi jenis perhiasan yang flawless sebaiknya dijaga dengan lebih seksama, (Ilustrasi/Shutterstock).

Clarity menjelaskan kemurnian si perhiasan ini sendiri. Bagi kamu yang minat membeli atau mengkoleksi jenis perhiasan yang flawless sebaiknya dijaga dengan lebih seksama.

Kalau kamu sampai ceroboh menyimpannya apalagi gak bisa merawatnya dan tergores si berlian maka kemurnian bakal berkurang nih nilainya. “Emang goresan bisa dihilangkan, namun gak semua. Sayang kalau tergores,” ucapnya.

4. Cutting

Cutting salah satu kriteria yang mesti kamu perhatikan saat membeli berlian, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat kamu menaksir salah satu perhiasan ini ada baiknya nih memperhatikan bentuk rangkaian dan desain si batu intan mu ini. Sebisa mungkin menanyakan hal ini ke ahlinya, proposional gak proses cutting berlian yang kamu taksir.

Jangan sampai kurang maksimal, “berlian yang gak proposional akan berkurang shiny-nya. Kilauan ini juga bisa berkurang karena tingkat kecacatan berlian,” ungkap Leticia.

5. Certificate

Ketika membeli perhiasan diamond ini kamu mesti juga memperhatikan hal ini yakni setifikat, (Ilustrasi/Shutterstock).

Diamond punya sertifikat? Ya, benar sekali kalau kamu membeli perhiasan jenis ini ada baiknya memiliki serfitikat atau “certificate”. Biasanya nih buat jenis perhiasan ini dengan ukuran tertentu bakal dilengkapi dengan sertifikat. Bahkan, kini di toko yang mengeluarkan sertifikat buat ukuran 0,2-0,3 karat.

“Kalau yang kecil, tergantung tempat jewelry-nya. Seperti di kalung banyak (berlian) yang kecil dan gak ada sertifikatnya,”. “Jadi pastikan membeli berlian di tempat yang terpercaya,” tambahnya.

6. Confidence

Percaya diri itu penting lho saat mengenakan perhiasan ini maka dari itu kriteria confidence sangat diperlukan ketika memilihnya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Buat poin yang terakhir dan mesti kamu perhatikan juga adalah confidence. Buat memilih jenis perhiasan ini pastikan kamu mendapatkan sesuaikan dengan selera dan menyukainya.

Hal ini bakal menambah kepercayaan diri bagi si pemakai ketika menyematkan perhiasan ini di tangan dalam bentuk cincin maupun leher karena udah dirangkai layaknya kalung nih.

Nah, di atas tadi merupakan hal-hal yang mesti diperhatikan bagi kamu yang pengin membeli perhiasan ini. Belum lama ini MoneySmart.id mengunjungi pameran perhiasan diamond di Senayan City, Jakarta Selatan.

Pameran yang bertajuk “Dazzling Jewelry Festival” tepatnya di Main Atrium Senayan City berlangsung sejak 5 Februari hingga 17 Februari mendatang. Di ini banyak banget aneka jenis perhiasan berlian yang diperjual belikan mulai dari harga yang ekonomis hingga dengan kualitas superior. Lantas gimana nih dengan orang awam yang pengin memiliki berlian dengan kualitas yang baik dan bagus? Simak terus artikelnya hanya di MoneySmart.id hari ini ya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...