Mulai Dari Rp 900 Juta, 7 Kota Ini Jadi Tempat Termahal untuk Memulai Startup

3 menit
bisnis startup
Bisnis startup. (Shutterstock)

Bisnis startup masih menjadi primadona dalam dunia usaha hari ini. Perkembangan teknologi yang cepat dan modal yang relatif kecil menjadi beberapa alasan banyak pengusaha di dunia tertarik mencobanya. Tapi dari sekian banyak kota yang ada di dunia, kira-kira di mana yang membutuhkan modal usaha paling mahal ketika ingin mendirikan startup?

Baru-baru ini Indonesia telah mencatatkan dirinya dalam negara yang memiliki usaha rintisan dengan status Decacorn melalui Go-Jek. Kabar gembira ini menyusul Malaysia lewat Grab yang sebelumnya udah menyandang gelar tersebut di awal tahun ini.

Untuk mewujudkan status Decacorn atau usaha rintisan yang mempunyai nilai valuasi lebih dari US$ 10 miliar atau sekitar Rp 141 triliun gak bisa serba instan. Perlu proses yang cukup panjang. Belum lagi kalau punya modal yang terbatas.

Gak semua startup membutuhkan modal yang sama untuk didirikan. Selain bergantung pada jenis usahanya, besaran modal akan berbeda pula jika didirikan di kota yang berbeda.

Nah kira-kira di kota-kota mana aja sih sebuah startup bakal membutuhkan modal paling besar untuk dibangun dan dioperasikan? Langsung aja kita simak daftarnya berikut ini.

Baca juga: Jajaran Investor Ini Bikin Go-Jek jadi Decacorn dengan Nilai Rp 141 Triliun

1. New York, Amerika Serikat – Rp 1,6 miliaran

bisnis startup
Kota New York. (Shutterstock)

Dikutip dari Business Insider, dengan segala macam hiruk-pikuknya kota metropolitan yang satu ini, paling gak kamu harus menyiapkan modal usaha Rp Rp 1,6 miliar untuk membuat bisnis startup. Hal ini memperhitungkan berbagai macam hal seperti pajak, biaya operasional dan hal yang terkait dengan perizinan daerah setempat mengenai pembentukan usaha.

Baca juga: Kaum Difabel Gak Perlu Minder, Startup Ini Bakan Bantuin Cari Kerjaan

2. Hong Kong, Hong Kong – Rp 1,4 miliaran

bisnis startup
Kota Hong Kong. (Shutterstock)

Di salah satu kota penghasil konglomerat terbanyak di dunia ini, kamu membutuhkan modal usaha minimal sebanyak Rp 1,4 miliar guna membangun bisnis startup baru. Salah satu usaha rintisan yang cukup berhasil asal Hong Kong adalah Lalamove yang bergerak di bidang logistik.

Baca juga: 5 Posisi Pekerjaan yang Gak Terlalu Dibutuhkan di Kantor Startup

3. London, Inggris – Rp 1,4 miliaran

bisnis startup
Kota London. (Shutterstock)

Selain biaya hidupnya yang lumayan mahal, untuk membuat usaha rintisan di sini juga terbilang mahal. Biaya yang harus disiapkan mencapai Rp 1,4 miliar. Hampir sama dengan Hong Kong.

4. Tokyo, Jepang – Rp 1,2 miliaran

bisnis startup
Kota Tokyo. (Shutterstock)

Tokyo menjadi kota dengan biaya membangun bisnis startup termahal nomor 4 dengan minimal dana sekitar Rp 1,2 miliar, kurang lebih seharga 1 unit mobil Alphard.

5. Paris, Perancis – Rp 1,2 miliaran

bisnis startup
Kota Paris. (Shutterstock)

Kamu harus menguras isi dompet kamu lumayan banyak kalau ingin mendirikan startup di kota yang identik dengan kasih sayang ini. Modal usahanya mencapai  Rp 1,2 miliaran. Salah satu contoh usaha rintisan yang berhasil berdiri adalah Thebault yang bergerak di bidang transportasi.

6. San Fransisco, Amerika Serikat – Rp 900 jutaan

bisnis startup
Kota San Francisco. (Shutterstock)

Pernah mendengar daerah Silicon Valley? Nah di sinilah daerah tersebut berada. Kawasan ini jadi tempat bermarkasnya startup-startup terkenal di dunia.  Dana yang dibutuhkan untuk membangun usaha rintisan di sini paling gak sekitar Rp 900 jutaan.

7. Singapura, Singapura – Rp 900 jutaan

bisnis startup
Kota Singapura. (Shutterstock)

Tidak terlalu beda jauh dengan San Fransisco, di negara tetangga kita ini biaya yang diperlukan membangun usaha rintisan mencapai Rp 900 jutaan.

Nah sekarang udah tau kan di kota mana aja kamu bakal memerlukan modal usaha paling banyak untuk membangun bisnis startup. Jadi bersyukurlah kota-kota di Indonesia gak termasuk dalam deretan kota tersebut ya! (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan