5 Cara Memulai Bisnis untuk Anak Kuliahan dari Nol Hingga Sukses, Yuk Buktikan!

4 menit

Memulai bisnis bisa dilakukan kapan saja. Gak harus mesti menunggu punya modal banyak, tapi kamu juga bisa memulianya pas kuliah. Banyak kok contoh-contoh pengusaha yang berhasil sukses meniti bisnis sejak kuliah.

Sebut saja Mark Zuckerberg, yang bisa membuat situs media sosial terbesar di dunia Facebook ketika masih kuliah di Harvard.

Saat itu, dia masih tercatat sebagai mahasiswa. Dan dari kamar asramanya, dia bersama teman-temannya merancang situs Facebook. Berkat bisnisnya itu, Mark kini tercatat di daftar orang terkaya di dunia bersama dengan Bill Gates, dan Jeff Bezos.

Banyak peluang bisnis yang bisa diambil mahasiswa. Bahkan, dengan modal yang sedikit. Seperti membuka les privat untuk anak sekolahan, jasa translator, dan bisnis online.

Tapi, ingat menjalankan bisnis saat kuliah bukanlah hal yang mudah. Ada banyak pertimbangan yang perlu kamu pikirkan sebelum terjun ke dalamnya.

Sebagai mahasiswa, kewajiban yang harus kamu penuhi adalah belajar. Jangan sampai kewajiban tersebut terganggu karena kesibukan bisnis.

Kalau kuliahnya terganggu dan mendapatkan nilai jelek, kan kasihan orangtuamu yang sudah membiayainya. Seandainya bisnismu sukses sih gak masalah, tapi kalau gak sukses juga kan apes banget.

Nah, kalau kamu memang berniat banget untuk memulai bisnis saat masih kuliah, inilah hal-hal yang perlu dilakukan agar bisa sukses.

Jadi, meski kamu mengorbankan tenaga, tapi paling gak usahamu bisa sukses ke depannya.

1. Sebelum memulai bisnis, buatlah proposal terlebih dahulu

Buat proposal memulai bisnis
Buat proposal memulai bisnis

Ide adalah komponen terpenting sebelum memulai bisnis. Tapi, bukan hanya soal ide bisnis apa, tetapi juga ide bagaimana langkah-langkahmu ke depannya untuk membesarkan bisnis itu.

Para ahli menilai agar kamu bisa sukses, cobalah untuk memilih ide bisnis yang berkaitan dengan hal-hal yang kamu sukai, atau paling gak kamu mengerti tentang dunia itu.

Tujuaanya adalah, agar kamu menjalankannya penuh dengan gairah dan mudah menghadapi tantangan ke depannya.

Coba ubah apa yang kamu senangi menjadi ladang uang. Setelah menemukan idenya, tulislah rencana bisnismu ke depannya.

Cantumkan pula tujuan, anggaran yang kamu punya, kemudian target pasar yang kamu inginkan. Dengan melakukan pemetaan seperti ini, kamu jadi lebih mudah untuk menjalankannya.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Menguntungkan Cocok Buat Kamu yang Hobi Berkebun

2. Cari guru atau mentor terbaik

Guru terbaik untuk memulai bisnis
Guru terbaik untuk memulai bisnis

Buat kamu yang masih kuliah dan baru memulai bisnis, mungkin akan kebingungan untuk menjalankannya.

Misalnya kamu bingung, bagaimana cara jualannya, kemudian target pasar yang pas siapa, atau berapa kamu harus mematok harga untuk jasa atau produk yang kamu tawarkan.

Nah, semua kegundahan itu bisa kamu atasi dengan mencari seorang mentor. Cari seseorang di lingkungan kampus saja, yang bisa mendorong kreativitasmu dan membimbingmu menuju kesuksesan. Semua itu bisa dari teman atau dosen sekalipun.

Mintalah dari mereka masukan-masukan yang membangun, dan bersedia dengan ikhlas memberikan dukungan untukmu. Di perguruan tinggi ada banyak orang-orang hebat dari berbagai macam latar belakang, jadi manfaatkanlah relasi yang kamu miliki.

Baca juga: Pas Buat Karyawan, Ini 6 Bisnis Sampingan yang Modalnya Cuma Rp 2 Jutaan

3. Ikut seminar-seminar tentang kewirausahaan

Ikut seminar kewirausahaan untuk memulai bisnis
Ikut seminar kewirausahaan untuk memulai bisnis

Masa-masa kuliah adalah waktu yang paling tepat untuk mengembangkan potensimu. Berbagai macam keterampilan bisa kamu dapatkan dan kamu asah di sini.

Kalau kamu tertarik memulai bisnis, cobalah ikuti perkumpulan-perkumpulan wirausahawan di sekitar kampusmu, atau mendatangi acara seminar.

Seminar tentang wirausaha atau bisnis biasanya paling sering digelar. Nah dari situ, kamu bisa mempelajari tentang seluk-beluk bisnis dari para ahlinya dan tentunya dengan waktu yang singkat.

Ambil seminar yang dilakukan setiap weekend, biar kamu bisa mendapatkan ilmu dalam waktu singkat, tanpa mengganggu jam kuliahmu.

Ikuti materi-materi seminar yang mencakup tentang studi manajemen keuangan, keterampilan komunikasi, riset pasar, tips dan trik sukses berusaha, dan sebagainya yang berkaitan dengan bisnis yang sedang kamu jalani.

4. Magang

Magang untuk memulai bisnis
Magang untuk memulai bisnis

Coba magang di perusahaan atau industri kecil-kecilan yang sesuai dengan bisnismu. Sebagai mahasiswa, pemahamanmu terhadap dunia bisnis mungkin masih terbatas, kecuali, kamu memang lahir dari keluarga pengusaha.

Kalau bukan, kamu sebaiknya ambil kesempatan magang. Serap ilmu-ilmu tentang keorganisasian, atau cara menjual yang baik dari tempat magangmu. Biar gak sia-sia, carilah tempat magang yang memiliki ide bisnis yang sama dengan bisnismu.

5. Gunakan media sosial sebagai marketing

Manfaatkan medsos untuk memulai bisnis
Manfaatkan medsos untuk memulai bisnis

Sebagai mahasiswa, kamu pasti memiliki masalah dalam hal permodalan. Tapi, jangan jadikan masalah itu sebagai penghambat kamu untuk memulai bisnis. Ketika modalmu terbatas, cobalah untuk berpikir secara cermat.

Dalam teknik pemasaran, kamu bisa menggunakan media sosial sebagai sarana memperkenalkan produk atau jasamu. Saat ini, hampir semua orang memegang gadget dan memiliki akun media sosial.

Jadi, kalau kamu punya produk dan jasa yang menarik, tawarkan via media sosial. Buat akun, gunakan fitur iklan yang murah. Sambil berjejaring, sambil menawarkan produk!

Itu tadi lima hal yang bisa kamu lakukan untuk memulai bisnis di saat kuliah. Selain cara di atas, ada beberapa tips tambahan yang mungkin berguna. Seperti misalnya membaca kisah-kisah inspiratif para pengusaha muda, dan menghadiri seminar-seminar motivasi.

Tujuanya adalah, untuk menumbukan sikap positif di pikiran kamu. Karena bagaimanapun juga, sikap positif bisa membantu kamu untuk meraih kesuksesan kelak! (Editor: Chaerunnisa)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan