Banner ImageBanner Image

Kenali 7 Tanda-tanda kalau Kamu Belum Siap buat Memulai Berbisnis

3 menit
Kenali 7 Tanda-tanda kalau Kamu Belum Siap buat Memulai Berbisnis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Memulai usaha itu memang butuh mental yang cukup kuat. Dan asal kamu tahu gak semua orang dinyatakan siap memulai usaha walaupun secara modal mereka udah kuat banget.

Mendirikan bisnis tentu gak sama seperti hari pertama bekerja di perusahaan baru. Karyawan baru PR-nya cuma adaptasi, tapi kalau pengusaha PR-nya berlipat ganda.

Selain menghitung laba rugi, mereka juga mesti berpikir tentang gimana kelangsungan bisnisnya di masa yang akan datang. Belum lagi kalau punya rencana mempekerjakan karyawan, tentu PR-nya bertambah lagi.

Bagi mereka yang gak punya konsep pemikiran kewirausahaan, tentu memulai usaha bakal jadi hal terberat dalam hidup. Dan memang gak bisa dipungkiri bahwa gak semua orang di dunia ini punya pemikiran mengenai hal tersebut.

Baca juga: Bisa Dapat Kucuran Rp 10 Miliar, Ini Pilihan Pinjaman Bank BJB buat Modal Usaha

Meski demikian, gak sedikit lho orang-orang yang punya cita-cita kalau di masa depan mereka mau berbisnis.

Buat kamu yang memang punya cita-cita serupa, kira-kira satu hal yang harus kamu lakukan adalah introspeksi dulu deh. Dan pastikan kalau xx sifat ini gak ada di dirimu. Yuk, cari tahu lebih lanjut.

 

Ini lho yang bikin pemikiran mu dalam memulai usaha ragu, (Indri Solihin/MoneySmart.id).

1. Takut sama kerugian

Gak sedikit perusahaan start-up yang mesti gulung tikar karena kehabisan modal. Dan gak sedikit juga cerita tentang seseorang pengusaha sukses yang dulu pernah rugi besar-besaran, hingga akhirnya hidup susah.

Travis Kalanick, pendiri Uber pernah merasakan empat tahun hidup gak digaji. Alhasil dia terpaksa pulang ke rumah orangtuanya dan makan mie setiap hari. Tapi dari situlah dirinya merintis proyek Red Swoosh hingga akhirnya sukses hingga valuasinnya melejit jadi US$ 23 juta.

2. Pikiran selalu negatif

Mereka yang sering berpikiran negatif gak bakalan bisa memulai usaha. Negatif di sini maksudnya bukan negatif dalam hal kejahatan ya, melainkan negatif dalam artian banyak menyalahkan situasi.

Baca juga: Ramalan Kondisi Keuangan di 2019, Ini Zodiak yang Akan Kaya Raya dan Kesusahan

Sebut saja seperti, ngerasa modalnya selalu kurang, ngerasa gak punya investor, atau ngerasa gak punya tim yang mumpuni buat mendirikan bisnis. Percaya gak percaya deh, ketika mereka mendapatkan itu semua, mereka juga akan muncul dengan keluhan lain.

3. Selalu mikir ada keuntungan yang cepat

Apapun yang kamu jual, apakah itu adalah produk kuliner yang katanya cepat dalam perputaran sekalipun, keuntungan itu gak bisa secepat kilat. Kecuali kamu investasi saham, itu pun masih ada risikonya.

Baca juga: Mau Buka Usaha di China, Ikuti 4 Tips Ini Jika Ingin Sukses

Ketika kamu berpikir seperti ini, maka kamu bakal merasa tertekan. Bisnis yang kamu jalani bisa jadi malah gak berkembang seperti yang udah direncanakan.

4. Belum paham soal kas usaha

Sangat wajib hukumnya buat memahami hal-hal seputar keuangan jika ingin memulai usaha. Karena tanpa kemampuan ini, segala bentuk keputusan yang kamu buat bisa berakibat fatal.

Yang ada, semuanya berantakan. Dan jangan salahkan siapa-siapa kalau akhirnya kamu gulung tikar dalam waktu singkat.

5. Gak punya perencanaan usaha yang matang

Apapun usahanya bisa jadi duit asal pendirinya memang mau membuat perencanaan yang matang. Terlepas dari apakah bisnis yang dia jalani adalah bisnis baru atau bisnis jadul sekalipun.

Ketika bisnis itu akan kamu garap, kamu sudah harus siap dengan perencanaan jangka pendek dan panjang. Tujuannya ya buat meminimalisir kerugian dan mempercepat balik modal.

Yang punya perencanaan aja kadang masih rugi, apalagi yang gak punya.

6. Gak tertarik melakukan riset pelanggan

Darimana kamu tahu bahwa dengan membuka bisnis di sektor A pasti banyak pelanggannya? Apakah dari artikel di MoneySmart? Atau di situs lain?

Siapapun yang ingin memulai usaha wajib melakukan riset buat menentukan seberapa laris usahanya di kemudian hari. Mulai dari survei lewat internet bisa atau kamu terjun ke lapangan langsung dan cek kompetitor-kompetitor terdekat.

7. Memilih bootstraping aja

Apa sih artinya bootstrap? Hal ini bisa diartikan sebagai mendanai dan menjalankan bisnis seorang diri dengan modal terbatas. Tanpa disadari hal ini bisa menghambat perkembangan usahamu.

Jika memang waktunya sudah tepat, gak ada salahnya kok buat mengajukan pinjaman modal usaha. Tujuannya ya biar bisnismu makin membesar. Siapa tahu ke depan bisa jadi raksasa.

Itulah tujuh tanda yang menunjukkan kalau seseorang belum siap memulai usaha. Apakah salah satunya ada di dirimu?

Kalau ketujuhnya gak ada ya selamat ya artinya mungkin kamu udah siap menjajaki dunia yang penuh tantangan ini. Selama memulai bisnis jangan pernah takut buat melangkah.

Buat memulai usaha juga gak mesti memiliki modal besar lho, dengan uang yang secukupnya asal kamu kreatif gimana bisa bikin usaha pasti bakal jalan kok. Peluang buat memulai usaha itu pasti ada gak mungkin kamu menemukan jalan buntu asalkan tadi, mesti perhatikan hal-hal di atas ya.

Kalau kamu sampai khawatir dan penuh kecemasan dalam melangkah sama aja nih gak bakal tahu di mana letak kesalahan mu dalam berbisnis. Jadi gak ada salahnya buat memulai bisnis dari sekarang. (Editor: Mahardian Prawira).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan