Mendapatkan Uang dari YouTube? Mendapatkan Ilmu juga Bisa!

4 menit

Gak diragukan lagi deh kalau YouTube udah jadi situs tujuan buat mereka yang mau nonton video. Gak sekadar jadi ajang eksistensi semata, YouTube kini juga terbukti jadi sumber penghasilan yang bisa diandalkan bagi mereka yang kreatif bikin video pendek.

Mendapatkan uang dari YouTube mungkin sekarang jadi incaran banyak orang. Tapi sadar gak sih kalau gak cuma uang, kamu juga bisa mendapatkan ilmu dari situs video yang satu ini?

Simak nih delapan channel YouTube yang bisa kamu subscribe sebagai sarana belajar:

1. VOA Learning English

mendapatkan uang dari youtube
Biar makin cas, cis, cus berbahasa Inggris, cek channel yang ini yuk! (VOA Learning English / youtube)

Gak harus selalu keluar uang buat belajar bahasa internasional yang satu ini. Zaman serba Internet, channel YouTube pun bisa jadi “guru” Bahasa Inggris kamu. Contohnya channel YouTube VOA Learning English yang sudah dimulai sejak 19 Agustus 2009.

Channel khusus pembelajaran Bahasa Inggris Amerika ini mudah banget buat diikuti sama siapa saja, termasuk yang baru mulai belajar. Dikemas dengan cerita dan pengucapan yang gak terlalu cepat, bikin penonton jadi gampang ngikutin.

Gak heran kalau VOA Learning English meraup 486.659 subscribers dan 67.885.900 views hingga sekarang. Yuk belajar cas-cis-cus Bahasa Inggris!

[Baca: Siap-Siap Mengalami 4 Kerugian Karier Ini Kalau Gak Bisa Bahasa Inggris]

2. Kok Bisa?

mendapatkan uang dari youtube
Channel YouTube yang satu ini karya anak bangsa lho! (Kok Bisa? / youtube)

Ada yang sudah kenal atau nonton channel YouTube karya anak bangsa yang satu ini? Dengan 635.027 subscribers and 58.084.535 views, Kok Bisa? berhasil mengemas beragam info terkait ilmu pengetahuan dengan menarik. Lewat video-video animasi edukatif sederhana, channel ini mencoba menjawab pertanyaan sehari-hari.

Penonton bakal menikmati dan mudah memahami channel yang sudah dimulai sejak 15 Juni 2015 lalu ini. Kamu juga bisa mengajukan pertanyaan apapun lewat diskusi di channel ini. Kalau channel-nya seinformatif ini, wajar kalau bisa mendapatkan uang dari YouTube ya.

3. Cinematography Database

mendapatakan uang dari youtube
Ini nih masternya cinematography biar kamu makin jago lagi belajarnya. (Cinematography Database / diyphotography)

Buat yang tertarik sama dunia sinematografi atau mungkin memang sedang berkecimpung di industri ini, pas banget buat subscribe channel Cinematography Database.

Dimulai sejak 29 May 2014, pemilik channel ini mengulas banyak hal yang berhubungan dengan pembuatan film, dari mulai storyboard sampai lighting. Ada review sinematografi untuk beberapa film layar lebar juga di channel ini.

Gak heran kalau channel ini bisa menarik perhatian sebanyak 5.280.860 views dan 157.351 subscribers.

4. CrashCourse

mendapatkan uang dari youtube
Belajar apa saja dengan cara yang seru di sini aja! (Crashcourse / theplaidzebra)

Video di channel ini rata-rata berdurasi 10-15 menit setiap episodenya, dan emang sengaja fokus kepada ilmu pengetahuan. Mulai dari ilmu sosiologi, sejarah, hingga mitologi. Kamu juga bisa mengikuti diskusi di channel ini dan berbagi banyak pengetahuan di seluruh dunia.

Channel yang sudah dimulai sejak 19 May 2006 ini memiliki 6.640.153 subscribers dan 696.540.558 views. Wih, banyak banget ya. Pasti udah sukses mendapatkan uang dari YouTube nih. Nah, kamu juga bisa belajar soal itu dengan cek channel-nya langsung ya.

5. Video Influencers

mendapatkan uang dari youtube
Kamu mau jadi video influencer yang sukses? Tonton channel yang ini ya! (Video Influencers / youtube)

Zaman serba Internet jangan cuma dimanfaatin buat eksis aja. Kenapa gak mulai berpikir buat bisa nambah penghasilan? Salah satunya adalah dengan jadi video influencer. Nah, kalau kamu tertarik buat mendapatkan uang dari YouTube misalnya, channel ini udah paling tepat.

[Baca: Gimana Caranya Jadi Influencer Instagram Sukses Lakukan Saja 7 Langkah Ini]

Kamu bisa belajar konten digital yang bisa mendatangkan uang. Channel YouTube yang dimulai sejak 11 September 2014 ini digawangi oleh Benji Travis (Benjiman TV) dan Sean Cannell (seanTHiNKs).

Lewat video-video di channel ini, kamu bisa tahu rahasia orang-orang yang sukses dengan channel YouTube-nya dan para pembuat video kreatif. Video Influencers sendiri punya 191.850 subscribers dan 8.470.626 views.

6. Kokiku TV

mendapatkan uang dari youtube
Mau jago masak menu enak-enak sendiri? Bisa kok, coba cek channel yang ini. (Kokiku TV / youtube)

Dari judul channel-nya udah jelas dong kalau Kokiku TV adalah channel kuliner. Video-video resep masakan rumah, keunikan street food, fine-dining cuisine, hingga kisah-kisah para chef profesional ada di sini. Lengkap deh, pas banget buat yang cinta sama dunia masak-memasak.

Kokiku TV sudah dimulai sejak 23 Juni 2012 dengan 43,004,239 views dan 271,461 subscribers. Jangan khawatir, video tutorial memasaknya mudah diikuti kok, plus ada juga trik buat bisa menghias makanan jadi cantik layaknya seorang chef ahli.

7. Vsauce

mendapatkan uang dari youtube
Kalau suka ilmu pengetahuan dan kekuatan pikiran manusia, pas banget nih! (Vsauce / youtube)

Dimulai sejak 30 Juli 2007, gak heran kalau channel Vsauce sudah punya 12,548,383 subscribers dan 1,296,792,155 views. Buat kamu yang selalu ingin mengulas tentang ilmu pengetahuan, hingga sudut pandang manusia tentang banyak hal, ya di sini tempatnya.

Video-videonya dikemas dengan jelas dan cerdas. Yakin deh bakal bikin kita juga tambah cerdas.

8. Belajar Berbisnis

mendapatkan uang dari youtube
Mau sukses berbisnis? Belajar aja dulu di sini. (Belajar Berbisnis / youtube)

Channel lokal Belajar Berbisnis ini memang baru dimulai pada 3 Februari 2016 lalu. Namun subscribers-nya sudah mencapai 29.973 dan 2.146.651 views lho! Ini membuktikan bahwa orang Indonesia memang sangat antusias dengan bisnis.

Channel ini akan berbagi pengetahuan seputar tips-tips dalam berbisnis dan juga beberapa peluang usaha. Mulai dari peluang usaha rumahan, mahasiswa, ibu rumah tangga, hingga karyawan.

Channel ini juga akan mengulas strategi-strategi marketing biar bisnismu sukses. Ini baru definisi sesungguhnya bisa mendapatkan uang dari YouTube.

Nah, percaya kan sekarang kalau buat menambah wawasan dan jadi pinter itu gak melulu lewat pendidikan formal. Tinggal modal akses Internet, yang namanya ilmu sekarang gak perlu diraih sampai jauh-jauh ke Negeri Cina!

[Baca: 8 Channel YouTube Video Jadi Solusi Buat Lebih Hemat]

Kamu juga udah gak perlu galau soal uang, karena belajar lewat channel YouTube itu gratis alias gak ngeluarin duit. Enak banget kan?

Tifanny
Tifanny

Menjadi Public Relation Officer adalah cita-cita saya beberapa tahun lalu. Ternyata pasion saya yang sebenarnya adalah menjadi penulis profesional. Keuangan adalah hal yang selama ini sering saya abaikan. Kini saya sadar bahwa keuangan memegang peran penting dalam kehidupan semua orang. Dan hal itulah yang ingin saya bagikan ke semua orang.