Sudah Dapat Uang THR? Begini Cara Mengalokasikan dengan Bijak untuk Libur Lebaran

3 menit
Mengalokasikan Uang THR dengan Bijak untuk Libur Lebaran (Shutterstock).
Mengalokasikan Uang THR dengan Bijak untuk Libur Lebaran (Shutterstock).

Momen menyenangkan jelang Lebaran gak hanya soal mudik, tapi juga THR (Tunjangan Hari Raya). Apalagi bagi kamu yang sudah bekerja selama satu tahun lebih di sebuah perusahaan. Besaran THR yang akan didapat bisa mencapai gaji satu bulan.

Meski kehadirannya sangat ditunggu-tunggu, uang THR juga bikin khawatir. Karena kalau tidak bisa memanfaatkannya dengan bijak, uang bonus tersebut bisa datang dan langsung habis.

Akibatnya, rencana liburan saat Lebaran pun bisa terbengkalai. Nah, biar gak sampai kejadian, ikuti tips berikut ini, biar kamu makin cermat dalam mengalokasikan dana THR untuk libur Lebaran!

1. Alokasikan 10-20 persen untuk tabungan

Uang THR
Alokasikan untuk tabungan (Shutterstock).

Sama halnya seperti mengatur gaji bulanan, uang THR pun harus disisihkan untuk tabungan. Besarannya cukup 10-20 persen saja.

Dengan menyisihkan uang, kamu gak akan tergoda untuk keperluan lain, kecuali untuk alasan yang sangat darurat.

2. Hindari belanja sesuatu yang gak perlu

Uang THR
Hindari belanja yang gak perlu (Unsplash).

Menjelang Lebaran, biasanya nafsu berbelanja semakin bertambah. Apalagi jika kamu adalah seorang perantau yang akan melakukan perjalanan mudik 2019. Akan ada banyak barang-barang gak penting yang akan kamu beli, dengan alasan untuk oleh-oleh orang rumah.

Nah, untuk menyiasati hal ini sebaiknya tentukan barang apa saja yang wajib di beli. Jika memang gak butuh-butuh banget, lebih baik tidak usah beli. Sayang uangnya, mendingan dipakai liburan bersama keluarga saat Lebaran, bukan?

3. Jangan lupa untuk melunasi semua tanggungan

Uang THR
Dapat THR jangan lupa bayar tanggungan atau cicilan (Shutterstock).

Membayar cicilan dan hutang adalah sebuah kewajiban. Agar tenang selama libur lebaran, maka alokasikan dana THR-mu sebesar 30 persen untuk melunasi semua tanggunganmu.

Jika ternyata jumlahnya lebih besar daripada dana yang sudah ditentukan, maka lunasi di bulan berikutnya.

4. Untuk liburan, pesan tiket dan akomodasi secara online

Uang THR
Situs pemesanan tiket online, Traveloka (Shutterstock).

Sebagian besar dari kamu pasti memanfaatkan dana THR untuk tiket mudik atau liburan. Sisa uang yang kamu miliki sekarang setelah dipotong tabungan dan tanggungan, bisa kamu gunakan untuk kebutuhan tersebut. Agar makin hemat, sebaiknya pesan tiket dan akomodasi secara online.

 

Selain praktis, aplikasi travel online biasanya menawarkan promo menarik menjelang Lebaran. Seperti halnya promo spesial diskon dari Traveloka yang akan diselenggarakan pada tanggal 22-26 Mei 2019. Kamu akan berkesempatan untuk menikmati diskon hingga 5 juta rupiah  untuk pemesanan akomodasi dan hotel. Jadi makin hemat, bukan? Dana THR pun masih dapat bersisa.

Nah, sekarang sudah tahu  kan, apa saja yang harus kamu lakukan untuk mengalokasikan dana THR biar gak boros? Makin cermat kamu mengaturnya, makin hemat pula budget liburanmu saat momen Lebaran nanti.

Nah itu tadi beberapa cara bijak mengalokasikan uang THR kamu untuk berlibur. Jangan lupa cek terus Traveloka supaya gak ketinggalan promo-promo menarik lain demi menyempurnakan liburanmu tahun ini. Semoga bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan