Mau Beli Saham Garudafood? Kenalan Dulu Sama Produknya Ini

3 menit
Produk dari PT Garudafood (Instagram).
Produk dari PT Garudafood (Instagram).

Sama seperti Mayora atau Indofood, PT Garudafood Putra Putri Jaya tbk (GOOD), adalah salah satu perusahaan consumer goods yang memproduksi banyak cemilan. Dan beberapa di antaranya tentu saja ada yang jadi favoritmu.

Beberapa di antara kamu mungkin ada yang belum tahu bahwa, perusahaan milik Sudhamek A.W.S, ini adalah perusahaan keluarga. Mereka melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2018 lalu.

Pemegang sahamnya ya gak lain adalah keluarga Soenjoto. Sebut saja seperti Kusumo Dewi Ningrum Soenjoto (8,268 persen), Pangayoman Adi Soenjoto (7,626 persen), Prodjo Handojo Sunjoto (6,392 persen), Rahajoe Dewiningroem Soenjoto (5,884 persen), dan Sudhamek sendiri memegang 7,441 persen.

Jika sudah melantai di bursa, tentunya kamu gak hanya bisa beli jajanan dari PT Garudafood. Beli perusahaannya pun bisa. 

Tapi sebelum membeli, ada baiknya juga untuk mengetahui merek-merek jajanan mereka yang laris di pasaran. 

1. Kacang Garuda

PT Garudafood
Kacang Garuda (Instagram).

Nah kacang kulit yang satu ini adalah produk pertama PT Garudafood. Selain kacang kulit, mereka juga punya kacang bersalut dan pilus. 

Sejarah Kacang Garuda sejatinya berawal saat Sudhamek melanjutkan usaha ayahnya yang saat itu baru saja wafat. 

PT Tudung yang didirikan ayahnya adalah produsen tepung tapioka, namun Sudhamek mengubahnya menjadi PT Tudung Putrajaya dan bisnis utamanya pun diubah dari menjual tepung jadi kacang garing.

Singkat cerita, PT Tudung Putrajaya pun berubah jadi PT Garuda Putra Putri Jaya dengan bisnis inti kacang kulit oven. Kacang inilah yang akhirnya diberi nama Kacang Garuda. 

2. Gery

PT Garudafood
Snack Gery (Instagram).

Biskuit yang satu ini adalah produk kedua PT Garudafood yang diluncurkan pada tahun 1997. Variannya memang cukup beragam. 

Ada biskuit malkist cracker, biskuit cokelat hingga sereal ringan. Pastinya, cemilan yang satu ini memang cukup diminati oleh bocah-bocah.

Riset dari Nielsen pada 2016 hingga 2018 juga menyebutkan bahwa, Garudafood dinobatkan sebagai salah satu perusahaan pionir memperkenalkan biskuit wafer dan malkist crackers bersalut dengan kualitas produk yang baik.

3. Chocolatos

PT Garudafood
Chocolatos (Instagram).

Merek yang satu ini diluncurkan pada tahun 2008. Bisa dibilang ini adalah sebuah inovasi lantaran Garudafood menghadirkan wafer stik yang lebih besar dan isi krim cokelat yang lebih padat.

Chocolatos sendiri juga punya minuman serbuk cokelat, cokelat putih, hingga green tea latte. Mereka pun menyediakan kemasan bottle drink juga buat minuman chocolatos.

4. Leo

PT Garudafood
Snack Leo (Instagram).

Kalau yang ini adalah keripik kentang. Leo diluncurkan oleh Garudafood pada tahun 2005 silam, dan memiliki dua rasa yaitu sapi panggang dan ayam original. Cukup pas tentunya buat jadi cemilan saat nonton film atau saat kerja. 

5. Clevo

PT Garudafood
Clevo (Instagram).

Lain dari yang lain, Clevo adalah produk minuman susu UHT yang diluncurkan tahun 2009. Ukurannya 125 ml dan pastinya pas banget buat anak-anak.

Berhubung produk ini pas buat anak, Clevo memilki kandungan kolin dan kalsium yang cukup tinggi. Tentu baik untuk kecerdasan otak dan pertumbuhan anak. 

Itulah deretan produk PT Garudafood yang laris di pasaran. Sejatinya perusahaan ini juga punya produk musiman lainnya yang jarang ditemukan, sebut saja seperti Warkop Toraja Latte yang baru meluncur. So, gimana nih tertarik beli produknya apa beli sahamnya aja? (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.