Stres Mengurus Bisnis? Begini 3 Cara Mudah Mengembalikan Produktivitas

3 menit
Stres Mengurus Bisnis? Begini 3 Cara Mudah Mengembalikan Produktivitas, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tidak ada cara pasti dan terjitu menghilangkan stres usai menjalankan segudang aktivitas, apalagi buat kamu para pebisnis. Mengurusi dan menjalankan bisnis dengan segala printilannya emang bikin penat pikiran kamu nih. Tapi ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan buat mengurangi masalah psikologis ini muncul. 

Beberapa ahli menilai kalau stres merupakan gangguan psikologis bagi setiap orang. Penyebabnya beragam, mulai dari dipicu oleh adanya tekanan yang mengganggu fisik, mental, dan juga emosi seseorang. Tekanan itu sendiri bisa berasal dari luar atau dalam diri sendiri. 

Misalnya dari luar, kamu selalu mendapatkan tekanan oleh atasan buat ngerjain banyak tugas dengan deadline mepet. Sedangkan dari dalam diri, bisa karena ketidakmampuan mu buat mencapai tujuan-tujuan tertentu. 

Hal ini merupakan hal yang wajar bagi siapapun. Mulai dari pelajar, pekerja, ibu rumah tangga, pejabat, presiden hingga pengusaha pasti pernah mengalaminya. 

Dampak yang diakibatkan adalah penurunan produktivitas dalam melakukan setiap kerjaan. Yang lebih parahnya lagi, bisa menimbulkan kecenderungan mengakhiri hidup dengan cepat. Hal ini banyak dialami oleh orang-orang yang menetap di kota-kota besar dengan segudang jadwal pekerjaan padat. 

Contoh bagi seorang pengusaha misalnya, karena tekanan dari klien, ditambah omzet penjualan yang menurun drastis membuat dirinya mesti memutar otak buat mencari jalan keluar. Sayangnya ketika ia tidak berhasil mengatasinya, stres pun menghampiri, membuatnya menjadi lebih gundah, gak bisa berpikir dan bekerja secara jernih tanggung jawab terbengkalai, alhasil bangkrut.  

Nah, kalau kamu merupakan pebisnis yang tengah dilanda banyak tekanan. Berikut ini langkah mudah dan sangat umum untuk menghilangkan stres dikutip dari worktidaily

Baca juga: Lakukan Hal Ini Jika Ingin Menjadi Kaya Raya Saat Tua Nanti

1. Mengurutkan tugas-tugas dari yang terpenting dahulu 

menghilangkan stres
Merunutkan urusan pekerjaan emang sangat penting nih bagi pebisnis sukses agar terhindar stres, (Ilustrasi/Pixabay).

Salah satu penyebab stres terbesar adalah adanya beban kerja yang gak ada henti-hentinya datang. Belum lagi kalau tenggat waktu proyek dari klien datang bersamaan semuanya. 

Kalau udah kayak gitu pasti kamu bakal merasakan banyak tekanan di dalam diri. Bekerja jadi gak produktif, penginnya mengerjakan semuanya berbarengan sekaligus agar cepat selesai. 

Ternyata cara seperti itu justru bikin kamu tambah stres. Meski berada di bawah tekanan, kamu harus tetap menenangkan diri. Kerjakan semuanya satu per satu, dengan membuat tabel prioritas. 

Buat daftar pekerjaan-pekerjaan yang harus diselesaikan, diurutkan dari yang terpenting, lalu mulai kerjakan satu per satu. 

Baca juga: Ini Lho yang Jadi Sumber Motivasi Banyak Pebisnis Sukses agar Moncer Bisnisnya

2. Untuk menghilangkan stres, pastinya perlu istirahat 

menghilangkan stres
Mengambil rehat sejenak dengan liburan atau pergi bersama keluarga bisa menjadi salah satu cara menangkal stres, (Ilustrasi/Pixabay).

Sebagai pebisnis, yang menjalankan perusahaan sendiri, tentu beban stres mu bakalan lebih besar daripada pekerja lainnya. Dikejar deadline, klien menumpuk, belum lagi modal yang seret kadang bikin pebisnis pengin menutup usahanya saja. 

Eits! Jangan terburu-buru buat menutup usaha kamu nih. Menutup usaha cuma karena gara-gara tengah berada di bawah tekanan dan titik yang lemah merupakan hal sia-sia. Ada cara lain yang bisa kamu lakukan buat mengembalikkan kondisi psikis, salah satunya istirahat dengan mengambil liburan atau cuti buat beberapa hari.  

Istirahat artinya kamu bisa menghentikan aktivitas bisnis mu untuk waktu tertentu. Caranya adalah dengan tidak menerima klien untuk sementara. Mungkin terlihat bakal merugikanmu, tapi kalau kamu bekerja dengan kondisi psikis yang stres gak bagus juga untuk keberlangsungan bisnis. 

Baca juga: Dari Blogger ke Pebisnis, Ini Kisah Sukses Diana Rikasari Jadi Ikon Asia di Swiss

3. Luangkan waktu untuk liburan atau nongkrong bareng temen-temen

menghilangkan stres
Berkaitan dengan poin kedua, pergi liburan bisa dijadikan salah satu cara menghilangkan stres, (Ilustrasi/Pixabay).

Istirahat kalau cuma diisi dengan tidur-tiduran aja sih gak terlalu membantu buat menghilangkan stres bagi pebisnis. Lebih baik kamu luangkan waktu mu demi hal-hal yang menyenangkan dan bisa mengusir rasa kesal dari beban kerja.

Contohnya misal pergi makan siang atau malam bersama keluarga atau pergi liburan. Liburan menjadi opsi yang paling manjur buat menangkal perasaan stres. Hentikan kegiatan bisnis mu buat sementara waktu. 

Kalau kamu punya orang kepercayaan yang bisa diberikan beban dan tanggung jawab, serahkan saja kerjaan ke dia. Jadi kegiatan bisnis mu masih bisa tetap dijalankan meski kamu gak ada. Tapi ketika udah memutuskan buat kembali kerja, kamu bisa mempersilakannya gantian berlibur. 

Itulah tiga langkah mudah buat menghilangkan stres saat menjalankan bisnis. Selain itu kamu bisa juga melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat seperti olahraga misalnya. 

Beberapa penelitian sih mengungkapkan kalau olahraga gak cuma baik untuk kebugaran fisik, tapi juga mampu melepas hormon-hormon stres. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.