Lagu “Lagi Syantik” Viral, Penghasilan Siti Badriah Melejit Sampai Segini

3 menit
Siti Badriah (instagram @sitibadriahh)
Siti Badriah (instagram @sitibadriahh)

Sekalipun gak suka dangdut, nama Siti Badriah pasti gak asing buat kamu. Biduan yang satu ini namanya makin meroket gara-gara banyak ABG yang memainkan lagunya, “Lagi Syantik” pada aplikasi Tik Tok. Walau sekarang Tik Tok udah diblokir, lagu “Lagi Syantik” udah kepalang tenar.

Lagu tersebut bahkan udah ditonton lebih dari 200 juta kali di YouTube. Jumlah penontonnya bahkan jauh lebih banyak dari video  “Sayang” Via Vallen.

Semakin tenar lagunya, makin tenar penyanyinya, makin melejit juga dong tarifnya. pengin tahu gak berapa penghasilan Siti Badriah saat ini? Yuk kita coba hitung bareng di bawah ini.

Pendapatan dari YouTube

Terimakasih Samarinda ❤️ Make up & hairdo : @kartikamakeupartist

A post shared by Siti Badriah (@sitibadriahh) on

Ketenaran video klip lagu “Lagi Syantik” Siti Badriah di YouTube bisa memberi keuntungan yang lumayan yahud.

Dilansir dari Anakkost, kita bisa mengira-ngira penghasilan dari YouTube menggunakan perhitungan RPM (Revenue per Thousand Impressions) atau pendapatan per seribu impresi. Besaran RPM tergantung dari wilayah, jenis konten iklan, jumlah subscribers, dan sejumlah faktor lainnya.

Contohnya kalau di Indonesia, rentang RPM sekitar $0,13 – 0,3. Artinya, dengan 200 juta views, Siti Badriah bisa mendapatkan uang sekitar $26-60 ribu. Jika dikonversi ke dalam rupiah pendapatannya menjadi sekitar Rp 290-681 juta. Angka yang fantastis ini didapatkan dalam waktu kurang dari enpat bulan.

Honor menyanyi meroket

Makeup by : @kartikamakeupartist #roadtokilaurayamnctv ❤️😘

A post shared by Siti Badriah (@sitibadriahh) on

Siti Badriah udah aktif bernyanyi dari kelas 2 SD. Maklum aja, dia emang terlahir dari keluarga pemusik. Ibunya seorang sinden jaipong dan ayahnya pemain kendang. Jadi, ia sering ikut manggung bareng orangtuanya sejak kecil.

Honornya dul sekali manggung u cuma Rp 25 ribu. Itu pun ia berikan langsung pada orangtuanya. Semakin dewasa honor Siti Badriah naik jadi Rp 70-150 ribu, itu udah termasuk saweran.

Sejak lagu “Berondong Tua” miliknya meroket pada 2012 lalu, honornya langsung meroket hingga kini mencapai Rp 60 juta. Sadis!

Jika dalam seminggu Siti Badriah manggung dua kali aja, honornya udah ratusan juta tuh.

Honor main di sinetron sama ngerinya

Selain nyanyi, Siti Badriah juga udah sering bermain FTV, sinetron, hingga film. Ia bermain di FTV Mimpi Manis Siti (2015), Janji Siti Untuk Ibu (2016), Kala Sinta Berburu Cinta (2017), Kuasa Ilahi (2017), sinetron Senandung (2016), Harapan Cinta (2017), dan masih banyak deh.

Honornya dari dunia seni peran jelas gak kecil. Dari sinetron aja kira-kira ia bisa mendapatkan Rp 15-20 juta per episode.

Jika kita coba menghitung, kira-kira pendapatan kalau Siti Badriah manggung dalam seminggu dua kali dan stripping sinetron empat kali adalah:

Nyanyi: 2 x 4 minggu x Rp 60 juta = Rp 480 juta

Sinetron: 4 x 4 minggu x Rp 20 juta =  Rp 320 juta

YouTube: Rp 680 di bagi 4 bulan = Rp 140 juta

Total = Rp 940 juta

Siti Badriah jalani bisnis juga

Lagi sibuk-sibuknya, Siti Badriah malah menjalani bisnis kuliner, Bebek Ireng Suroboyo “Cak Baz”. Bisnis ini udah ia geluti sejak Agustus 2017 lalu. Gak jarang, ia juga ikut menjaga restoran bebeknya tersebut.

Gak jelas berapa pendapatannya dari sini. Tapi meski gitu, sepertinya Rp 10 juta angkanya kecil banget buat bisnis seperti ini. Dia pasti dapat lebih banyak dari itu.

Pernah ditipu ratusan juta

Saat ini nasib Siti Badriah mujur banget. Tapi, buat berada di posisinya saat ini, dia udah jatuh bangun selama bertahun-tahun. Biduan asal Bekasi ini bahkan pernah tertipu ratusan juta demi debut sebagai penyanyi.

Saat remaja dulu, ia dijanjikan orang buat debut dengan membayar hingga total Rp 100 juta. Orangtuanya pun rela menjual sawah dan aset lainnya demi menyokong karier anaknya. Alih-alih debut, uang melayang karena orang tersebut malah menghilang.

Kejadian ini, ditambah ayahnya yang sakit-sakitan pada masa itu, bikin Siti Badriah kerja keras banget. Sekarang pengorbanannya udah terbayar lunas, tuntas.

Kisah Siti Badriah bikin kita ingat sama pepatah berakit-rakit dahulu berenang-renang kemudian. Gak apa makan nasi pakai garam dulu, tapi punya mobil dan rumah mewah kemudian.

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.