Mengintip 10 Iklan Televisi Termahal Sepanjang Masa, Mana yang Paling Keren?

3 menit
Seorang wanita tengah menonton televisi (Shutterstock).

Mereka yang kerja di divisi marketing tentu tahu seberapa mahalnya produksi dan biaya pasang iklan televisi di media. Dan jangan kaget kalau beberapa merek di dunia ini rela keluar duit jutaan Dolar Amerika Serikat hanya untuk sebuah “iklan.”

Di zaman now seperti sekarang ini, pasang iklan memang bisa murah selama bukan iklan televisi. Sudah ada iklan di medsos seperti Facebook atau Instagram, atau kamu juga bisa pasang di Google dan Youtube.

Tapi kalau zaman 1980, 1990, atau awal 2000an, televisi mungkin masih jadi sasaran tempat beriklan. Begitu pula dengan radio dan media cetak.

Penasaran dengan iklan-iklan di televisi yang produksinya mencapai jutaan Dolar alias miliaran hingga triliun Rupiah? Yuk cek di sini.

1. Go Daddy (2005)

Iklan televisi berdurasi 30 detik ini, mungkin jadi iklan terlucu yang pernah kamu lihat. Iklan ini menampilkan Candice Michelle seorang pegulat perempuan di WWE yang mengenakan tanktop putih sangat ketat.

Iklan ini kabarnya sempat dilarang untuk tayang karena satu dan lain hal. Namun, iklan yang saat itu diproduksi dengan bujet US$ 2,4 juta (Rp 35 miliar) ini, terbukti membuat Go Daddy jadi makin top setahun kemudian.

2. Ferrari/Shell (2007)

Iklan Ferrari tahun 2007 ini menampilkan aksi mobil sport mahal yang sedang keliling dunia dan mengisi bahan bakar di Shell.

Secara gak langsung, iklan ini mencoba untuk berpesan padamu bahwa mobil balap terbaik ya Ferrari. Sementara itu, bensin terbaik yang ada di mana-mana, apalagi kalau bukan Shell.

Kabarnya, produksi iklan ini mencapai US$ 4,5 juta atau Rp 65 miliar lho. Jelas lebih mahal daripada  mobil Ferrarinya.

3. Honda (2003)

Di tahun 2003, Honda meluncurkan produknya yaitu Honda Accord model wagon. Iklan ini durasinya cukup panjang yaitu 2 menit! Dan memang sengaja didesain untuk audiens di Inggris.

Iklan televisi ini dibuat secara animasi. Dan kabarnya, bujet produksinya mencapai US$ 6,3 juta atau setara dengan Rp 91 miliar.

4. Pepsi (2002)

Di tahun 2002, pesaing Coca Cola ini menggandeng Britney Spears untuk jadi bintang iklannya. Iklan ini merupakan iklan Pepsi satu-satunya yang berdurasi 1.32 menit yang pernah disiarkan di televisi.

Konsep iklannya mirip siaran televisi jadul. Britney Spears muncul bernyanyi dan joget dari tahun 1957 hingga tahun 2000. Secara gak langsung, tema iklan ini adalah mengenalkan masyarakat bahwa Pepsi tetaplah eksis di dunia.

Konon kabarnya, bujet produksi iklan ini mencapai US$ 8,1 juta atau Rp 118 miliar

5. Carlton Draught (2008)

Carlton Draught adalah bir ternama di Negeri Paman Sam yang pada saat iklan ini dibuat, penjualannya sedang meroket. Iklan ini cukup keren, pasalnya menampilkan atraksi terjun payung dari ratusan orang.

Bayangin kayak apa shootingnya? Pasti repot tuh ya harus sedia kamera di udara segala.

Sebenarnya konsep iklannya sih sederhana tapi produksinya itu yang luar biasa. Kabarnya, biayanya sampai US$ 9 juta atau Rp 131 miliar.

6. Chrysler (2011)

Banyak orang yang pada awalnya gak sadar kalau iklan berdurasi dua menit ini, biaya produksinya sampai US$ 12 juta atau Rp 175 miliar.

Tapi jika diperhatikan seksama, lama-lama kamu bakal dengar ada lagunya Eminem (Lose Yourself) yang diputar di video ini. Dan tiba-tiba, wajah Eminem pun kelihatan sedang mengendarai mobil ini.

Percaya ya kalau biaya produksinya sampai Rp 175 miliar?

7. Asuransi Aviva (2008)

Asuransi ini dulunya bernama Norwich Union. Karena ganti nama, mereka butuh materi promosi yang nendang, apalagi kalau bukan iklan televisi.

Iklan ini menampilkan cuplikan film Die Hard, video klip Alice Cooper, dan lainnya. Oleh karena itu, gak heran kalau bujet produksinya sampai US$ 13,4 juta atau Rp 195 miliar.

8. Iklan kampanye George W Bush (2004)

Bujet kampanye George W Bush mencapai US$ 2,6 miliar atau Rp 37 triliun. Dan bujet untuk iklannya, kabarnya sampai US$ 14,2 juta atau Rp 207 miliar.

Iklan tersebut menampilkan orang-orang yang anggota keluarganya jadi korban tragedi 9/11. Lantas apa hanya itu yang bikin iklan ini mahal?

Ternyata, mahalnya iklan kampanye ini disebabkan karena ditayangkan saat kampanye pilpres. Dan kabarnya, iklan ini juga disiarkan di banyak stasiun televisi! Wajar saja mahal.

9. Guinness (2007)

Di ulang tahunnya yang ke 80 tahun, Guinness merilis iklan dengan tema “Good things happen to those who wait,” (hal baik akan datang pada dia yang mau menunggu).

Shooting iklan ini dilakukan di Argentina, dan melibatkan orang sekampung. Belum lagi, temanya mirip dengan domino, akan tetapi obyek-obyek yang berbenturan di iklan ini adalah mobil, ban, dan perkakas-perkakas lainnya.

Kabarnya, bujet produksi iklan ini sampai US$ 16 juta atau Rp 233 miliar!

10. Chanel

Merek mewah, iklannya juga mahal. Dan bisa dibilang ini adalah iklan televisi termahal sepanjang masa!

Iklan ini menampilkan dua seleb yaitu Nicole Kidman dan Rodrigo Santoro. Bujetnya sampai US$ 33 juta atau Rp 481 miliar!

Apa yang bikin iklan ini mahal selain artisnya? Ternyata konsepnya memang mahal, belum lagi properti, teknik shooting, dan editingnya yang membuat iklan ini gak kayak iklan televisi, melainkan sudah sama seperti film layar lebar.

Itulah 10 iklan termahal di dunia yang harus kamu ketahui. Kira-kira bila kamu punya bujet gede, apakah rela untuk dihabiskan hanya untuk buat iklan seperti ini? (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.