Selain Harley Davidson, Menkopolhukam Wiranto Simpan 7 Mobil Ini di Garasinya

4 menit
Menkopolhukam Wiranto
Menkopolhukam Wiranto mengoleksi kendaraan mobil dan motor di garasi rumahnya (Instagram/@wiranto.official)

Menkopolhukam Wiranto memang punya selera tinggi dalam urusan otomotif. Selain masih menyimpan motor gede alias moge, dia juga mengoleksi mobil mewah lainnya di garasi.

Berdasarkan informasi dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), total nilai harta bergerak (kendaraan) yang dimiliki Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI itu pada tahun 2016 adalah Rp 2,3 miliar.

Sebenarnya, masih banyak politisi yang punya kendaraan dengan nilai valuasi lebih mahal.

Tapi, di garasi Wiranto ada mobil mewah tahun lawas, alias 10 tahun lebih dan mobil sejuta umat. Sementara itu, mogenya merupakan Harley Davidson.

Mau tahu apa saja kuda besi di rumah Menkopolhukam Wiranto? Berikut, ulasannya:

1. Toyota Avanza

Menkopolhukam Wiranto
Menkopolhukam Wiranto memiliki koleksi mobil Toyota Avanza (Shutterstock)

Yang termurah di antara koleksinya dan paling umum terlihat di jalanan yaitu mobil sejuta umat Toyota Avanza.

Avanza milik Wiranto merupakan keluaran tahun 2004 yang ternyata barang hibah atau hadiah. Valuasinya dinilai Rp 20 juta.

Baca juga: 7 Merek Mobil Ini Mahal Banget, tapi Tetap Aja Laku di Indonesia

2. Suzuki APV

Menkopolhukam Wiranto
Menkopolhukam Wiranto memilih Suzuki APV sebagai salah satu koleksi mobilnya (Shutterstock)

MPV tujuh penumpang yang satu ini juga merupakan produk andalan Suzuki. Karena harganya terbilang terjangkau dan biaya perawatannya juga gak mahal-mahal banget.

Mobil ini harga barunya mulai Rp 180 juta hingga Rp 220 jutaan.

Menkopolhukam Wiranto memiliki APV keluaran tahun 2008 dan valuasinya sudah di Rp 98 juta. Maklum mobilnya sudah lebih dari 10 tahun.

Baca juga: Deddy Corbuzier Koleksi Mobil Cowok Sampai Mini Cooper, Harganya Capai Miliaran!

3. Kijang Kapsul 1997

Menkopolhukam Wiranto
Menkopolhukam Wiranto memiliki Kijang Kapsul sebagai salah satu koleksi mobilnya

Wah, ternyata ada mobil legendaris juga di garasinya Menkopolhukam Wiranto. Apalagi kalau bukan Toyota Kijang kapsul.

Mobil yang mungkin pernah dimiliki orangtuamu ini memiliki banyak varian. Untuk varian LX, LGX, dan LSX buat yang sasis panjang. Sementara itu, yang sasis pendek ada SX, SGX, dan SSX.

Valuasinya juga masih tinggi meski sudah uzur, yaitu Rp 90 juta.

4. Mitsubishi Triton

Menkopolhukam Wiranto
Menkopolhukam Wiranto memiliki Mitsubishi Triton dalam deretan koleksi mobilnya (Shutterstock)

Mobil ini merupakan mobil 4×4 terlaris di Indonesia. Mobil ini mesin 2,4 liter DOHC Common Rail DI-D Variable Geometry Turbo (VGT). Tenaga maksimum yang bisa dihasilkan Triton adalah 178 Hp. Sedangkan torsinya cukup besar, mencapai 400 Nm.

Sebagai double cabin, suspensi Triton juga terkenal asyik. Pengin berjalan di trek berbatu, yang di dalam mobil gak bakal berasa pegal. Sementara itu, handling-nya juga terasa mantap untuk dipakai bermanuver.

Triton milik Wiranto adalah yang keluaran tahun 2007. Valuasinya mencapai Rp 125 juta.

5. Honda Elysion

Menkopolhukam Wiranto
Honda Elysion termasuk koleksi mobil milik Menkopolhukam Wiranto

Nah, kalau yang ini adalah yang paling anti-mainstream. Mobil Honda ini adalah mobil CBU yang menjadi kompetitor Alphard dan Nissan Elgrand.

Berhubung ini adalah Elysion tahun 2005, dipastikan Ellysion milik Menkopolhukam Wiranto yang benar-benar produksi Jepang. Karena yang di tahun 2012-2015, produksinya berlangsung di Cina.

Pastinya, mobil ini menggendong 2,4 liter. Mirip-mirip Alphard deh!

6. Audi Quattro 2002

Menkopolhukam Wiranto
Audi Quattro termasuk koleksi mobil Menkopolhukam Wiranto (Shutterstock)

Ini juga keren lho! Audi Quatro merupakan sebuah sedan eksklusif mewah buatan Jerman. Bisa dibilang, ini jelas mobil mewah yang cukup terkenal pada masanya.

Dan,  penggemar Audi gak sebanyak Mercedes-Benz atau BMW. Mobil pribadi ini dibeli  Wiranto tahun 2002, dan valuasinya hingga kini masih di harga Rp 350 juta.

Asal kamu tahu, Audi Quattro juga sering dipakai relly. Quattro artinya empat, dan empat maksudnya ya penggerak rodanya ada empat. Kapasitas mesinnya 2,2 liter.

7. Dua Unit Toyota Alphard

Menkopolhukam Wiranto
Dua unit Toyota Alphard termasuk koleksi mobil Menkopolhukam Wiranto (Shutterstock)

Pak Wiranto ternyata punya Alphard juga. Dan Alphardnya ada dua pula!

Meski demikian, kedua Toyota Alphard ini tahun produksinya berbeda satu sama lain. Ada yang tahun 2003 seharga Rp 350 juta, dan yang satu lagi adalah buatan tahun 2015 yang dibanderol Rp 700 juta.

Intinya, Alphard menggendong mesin berkode 2AR-FE dengan 4 silinder 16 katup berteknologi DOHC Dual VVT-I. Kapasitasnya mencapai 2.494 cc.

Mesin itupun sanggup memberikan semburan tenaga hingga 180 tk per 6000 rpm dan mampu mencapai titik puncak torsi pada 23.9 nm per 4100 rpm.

8. Dua unit Harley Davidson

Menkopolhukam Wiranto
Dua motor Harley Davidson termasuk koleksi kendaraan milik Menkopolhukam Wiranto (Shutterstock)

Menkopolhukam Wiranto juga senang moge, lebih tepatnya Harley Davidson. Sayangnya, laporan LHKPN gak menyebutkan varian Harley Davidson milik Wiranto.

Yang jelas, salah satunya buatan tahun 1998 dengan valuasi Rp 175 juta. Sementara itu, satu lagi buatan 1999 dengan harga Rp 125 juta.

Itulah isi garasi Menkopolhukam Wiranto yang ternyata penuh dengan mobil berusia lebih dari 10 tahun. Meski sudah jadul, beberapa di antaranya memang gak anti-mainstream dan merupakan mobil mewah. (Editor: Chaerunnisa)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.