Mewah dan Berkelas! Ini Mobil Dinas Menteri Kabinet Jokowi-Ma’ruf Nantinya

3 menit
menteri jokowi
Mewah dan Berkelas! Ini Mobil Dinas Menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf Nantinya, (Ilustrasi/Shutterstock).

PT Astra International telah memenangkan tender pengadaan mobil dinas jajaran menteri Jokowi periode 2019-2024 nanti. Bujet yang dikeluarkan oleh negara buat pengadaan ini mencapai Rp 147 miliar lho, fantastis!

Pengadaan ini dilakukan lantaran mobil menteri yang saat ini usianya sudah lebih dari 10 tahun. Maklum aja, terakhir pengadaan sekitar tahun 2009 yang lalu. Waduh sudah tua banget kan, Jakarta saja mau membatasi umur kendaraan yang beroperasi hanya sampai 10 tahun, kalau aturan itu berlaku, bisa-bisa mobil menteri dilarang masuk Jakarta. 

Kendaraan jajaran menteri Jokowi dan Ma’ruf juga diklaim kondisinya udah memprihatinkan, kadang sering mengalami kerusakan dan membutuhkan biaya perawatan yang sangat mahal. Itu sebabnya mengapa pergantian mobil dinas ini penting dilakukan demi menunjang peforma kerja para menteri baru nantinya. 

Buat pemilihan mobil udah jelas jatuh ke Toyota Crown yang emang terlihat berkelas dan super mewah. Berbeda dengan Presiden Filipina yang memilih Toyota Avanza buat mobil dinas para menteri dan kabinetnya, gimana Pak Jokowi?

Soal jenisnya, seperti yang telah diketahui, PT Astra International merupakan salah satu distributor mobil Toyota di Indonesia, dan kebetulan mobil-mobil menteri selama ini menggunakan Toyota. Sehingga diputuskan kalau mobil VVIP berikutnya juga pabrikan Toyota. 

Yang dipilih adalah Toyota Crown 2.5 HV G-Executive. Uang senilai Rp 147 miliaran itu digunakan buat membeli 101 mobil Toyota Crown teranyar ini. Nantinya gak cuma difungsikan untuk menteri, tapi juga untuk pejabat negara setingkat menteri, pimpinan lembaga negara, sampai wakil menteri. 

Kira-kira seperti apa kecanggihan mobil menteri Jokowi 2019-2024 nanti? Yuk simak ulasannya berikut ini. 

Baca juga: Wiih, Ini Dia 5 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

Mobil hybrid ramah lingkungan 

Menteri Jokowi
Begini nih wujud depan sedan mewah yang bakal digunakan oleh jajaran menteri Pak Jokowi, (motor1.com).

Mobil yang satu ini masuk ke dalam varian Crown, yaitu sedan mewah nan canggih. Kemudian, bahan penggeraknya, seperti namanya HV alias Hybrid Vehicle, berarti menggunakan dua daya layaknya mobil-mobil hybrid lainnya, yaitu dengan bensin dan baterai. 

Keunggulan dari mobil hybrid adalah bisa berkontribusi terhadap pengurangan pencemaran lingkungan. Seperti yang diketahui, asap kendaraan adalah termasuk penyumbang terbesar polusi udara. 

Tapi dengan mobil hybrid, gas yang dikeluarkan tidak sebanyak mobil-mobil pada umumnya. Mobil baru mereka juga menggunakan baterai yang sama sekali gak mengeluarkan gas emisi. 

Jadi lumayan juga deh, buat mendukung program pemerintah yang katanya mau beralih ke kendaraan listrik sepenuhnya. 

Baca juga: Bukan BMW atau Audi, Toyota Avanza Jadi Mobil Para Menteri Filipina Lho!

Tenaganya besar 

menteri jokowi
Toyota Crown terbaru ini memiliki tenaga yang cukup besar lho, (motor1.com).

Toyota Crown generasi ke-15 ini dibekali dengan mesin gahar. Khusus yang pilihan buat menteri Jokowi nantinya dibekali dengan mesin 2.5L Dynamic Force Engine Hybrid System. Artinya memiliki mesin 2.500 cc dengan 4 silinder. 

Tenaganya setara dengan 223 tenaga kuda dengan torsi 221 Nm. Sementara baterainya sudah menggunakan Nickel-metal hydride Lithium-ion. 

Baca juga: Bebas Ganjil Genap dan Harganya Rp 1,5 M, Inikah Mobil Listrik yang Bakal Dibeli Raffi?

Eksteriornya mewah dan sporty!

menteri jokowi
Begini nih desain ekteriornya yang super mewah dan elegan!, (motor1.com).

Lebih keren lagi adalah bentuknya yang gak cuma mewah, tapi juga sporty. Lekukan-lekukan tegas yang mampu menambah ketegasan terlihat di bodi bagian samping, depan, dan belakang. 

Kalau kamu melihat bentuk depannya saja, bentuk mobil ini terlihat tajam banget dengan desain lampu yang sipit dan grill melebar. Lampunya menggunakan LED lho, jadi sudah dipastikan awet tahan lama. 

Yang bikin makin gahar juga knalpotnya, gak tanggung-tanggung, Toyota menyematkan 4 lubang knalpot buat calon mobil menteri Jokowi ini.

Dalamannya didominasi oleh material kulit dengan fitur-fitur canggih 

menteri jokowi
kabin penumpannya sengaja di desain mewah dengan material kulit dan kayu pilihan, (motor1.com).

Soal dalamannya gak perlu diragukan lagi mewahnya. Untuk yang seri G, memang dirancang khusus untuk pengguna VVIP khususnya pejabat hingga pengusaha. Jadi, interiornya semuanya serba mewah, dengan dominasi material kayu dan kulit. 

Ruang kaki pengemudi dan juga penumpang dibuat selebar mungkin buat meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Dijamin menteri Jokowi nantinya gak bakal pegel deh meski di jalanan berjam-jam. 

Fiturnya-fitur canggih juga bisa dilihat di dalamnya. Ada layar sentuh 7 inchi di depan yang posisinya dekat dengan pengemudi. Di situ terdapat banyak  fitur canggih, seperti misalnya GPS dan penunjuk rambu-rambu lalu lintas. 

Selain itu, ada tombol pengaturan radio di setir pengemudi layaknya mobil-mobil masa kini. 

Itu tadi mobil yang bakal digunakan menteri Jokowi di periode 2019-2024 nanti. Soal harga, sayangnya mobil ini belum dijual secara bebas di Indonesia, tapi harga di Jepangnya untuk yang tipe 2.5 HV G-Executive sekitar 5.837.000 Yen atau Rp 760 jutaan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.