Bikin 5 Menu Dessert Enak Ini Cuma Modal Rp 50 Ribu Lho!

3 menit

Seorang koki ternama, Edward Lee pernah berujar, “Menu dessert itu bagai alunan lagu yang ketika kita mendengarnya, hati terasa senang dan selalu ingin berdansa.”

Ya, apa yang dikatakan Lee mungkin agak berlebihan. Tapi bagi pencinta kuliner, menu dessert alias hidangan pencuci mulut emang harus selalu tersedia. Mungkin kurang afdol aja kalau udah makan besar terus gak makan dessert.

Menu pencuci mulut emang banyak banget. Mulai dari yang tradisional hingga yang kekinian.

Nah, berikut ini DuitPintar ngerangkum daftar menu dessert yang jamak disantap oleh orang Indonesia. Menu-menu ini juga bisa dibuat sendiri dengan bujet di bawah Rp 50.000.

Meski tergolong murah, tapi kalau pandai meraciknya pasti gak murahan dong. Yuk simak!

1. Rujak

Menu dessert
Gak bikin ngiler gimana coba kalau siang hari dikasih rujak kayak gini (asianfoodcorner)

Bahan:

– Pepaya 1/4 kg = Rp2.500
– Jambu air 1/4 kg = Rp 5.000
– Bengkuang 1/4 = Rp 5.000
– Timun 1/4 = Rp 4.000
– Kedongdong 1/4 = Rp 3.000
– Mangga 1/4 = Rp 5.500

Total = Rp 25.000

Bumbu:
– Cabe rawit secukupnya
– Garam secukupnya
– Gula merah secukupnya
– Asam secukupnya

Langkah pembuatan:
– Kupas buah-buahan, cuci lalu iris sesuai ukuran yang diinginkan
– Ulek bumbu dan kasih air secukupnya hingga merata
– Rujak siap untuk disantap

[Baca: 5 Cara Menghemat Uang Makan Saat Menikmati Liburan]

2. Pisang Nugget

Menu dessert
Kalau udah ada pencuci mulut kayak pisang nugget ini bisa makin nagih nih (thecookingmom)

Bahan-bahan:

– 6 buah pisang kepok = Rp 6.000
– 1 butir telur = Rp 1.000
– 1/4 kg tepung terigu = Rp 3.000
– 1/4 kg gula pasir (ambil secukupnya) = Rp 5.000
– 1/2 sendok teh garam = Rp 2.000
– Vanili secukupnya = Rp1.000
– Keju secukupnya = Rp 5.000
– Toping cokelat = Rp 10.000
– Minyak goreng 1/5 kg = Rp 8.000

Total = Rp 41.000

Langkah pembuatan:

– Kupas pisang kepok
– Siapkan wadah dan masukan adonan tepung terigu, telur, gula putih, garam, dan vanili. Aduk hingga kental dan rata
– Siapkan tepung panir di wadah terpisah, lalu celupkan pisang yang udah dibalut adonan tersebut
– Goreng pisang nugget dengan api sedang hingga kelihatan matang lalu hias dengan toping sesuai selera

3. Es Campur

menu dessert
Es campur emang cocok jadi hidangan pencuci mulut karena bikin seger tenggorokan (blogspot)

Bahan-bahan:

– Semangka 1/4 kg = Rp 5.000
– Kolang-kaling 1/4 kg = Rp 5.000
– Melon 1/4 kg = Rp 4.000
– Cincau 1/4 = Rp 2.000
– Kelapa muda 1 butir = Rp 10.000
– Susu kental manis = Rp 2.000
– Es Batu = Rp 2.000
– Sirup secukupnya = Rp 20.000

Total = Rp 50.000

Langkah pembuatan:

– Potong-potong buah-buahan lalu masukkan ke wadah
– Masukkan susu, air dan es batu dan aduk hingga rata
– Es campur siap disantap

[Baca: Menu Makan Enak Bareng 10 Orang dengan Bujet Rp 100 Ribu? Ada Kok!]

4. Kolak campur

menu dessert
Gak perlu nunggu bulan puasa kalau mau makan kolak campur (cookpad)

Bahan-bahan:

– Pisang nangka 1/4 kg = Rp 5.000
– Ubi 1/4 kg = Rp 4.000
– Kolang-kaling 1/4 kg = Rp 5.000
– Gula merah 200 gram = Rp 3.000
– Vanili secukupnya = Rp 1.000
– 100 ml santan = Rp 5.000
– Daun pandan = Rp 1.000
– Air secukupnya

Total = Rp 24.000

Langkah pembuatan:

– Masukan semua bahan dalam satu wadah dan aduk hingga rata
– Masak hingga matang sambil sesekali diaduk
– Kolak campur siap disajikan

5. Puding cokelat

menu dessert
Kalau udah makan berat terus santap puding cokelat, hmm… uenak tenan pokoe (healthyrecipesblogs)

Bahan-bahan:

– 3 sachet susu kental manis cokelat = Rp 4.500
– 1 sachet nutrijel cokelat = Rp 8.000
– 3 sendok teh cokelat bubuk = Rp 11.000
– 1 buah telur = Rp 1.000
– 1/4 kg gula pasir (ambil secukupnya) = Rp 5.000

Total = Rp 29.500

Langkah pembuatan:

– Aduk semua bahan-bahan di atas
– Masukkan ke dalam panci lalu masak hingga mendidih
– Tuangkan puding ke sebuah wadah dan tiriskan
– Simpan di lemari es agar puding lebih enak dimakan saat dingin

Nah, itulah beberapa menu dessert yang bisa dibikin sendiri dengan bujet di bawah Rp 50.000. Kamu masih bisa kok bikin menu lainnya yang lebih kreatif. Share sama DuitPintar yuk!

[Baca: Cuma Orang Kaya yang Bisa Beli Makanan Seharga Mobil Ini!]

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.